Cara Menghemat Baterai Saat Main Game di Ponsel Android dan iOS
Selasa, 02 Oktober 2018
ok nusantara
Bagikan

Cara Menghemat Baterai Saat Main Game di Ponsel Android dan iOS

6 Cara Menghemat Baterai Saat Main Game di Ponsel Android dan iOS

1. Menurunkan Tingkat Kecerahan Layar

Cara Menghemat Baterai

Kondisi ataupun spesifikasi dari layar ponsel tentu membuat performa baterai terbebani. Jika kamu menggunakan tingkat kecerahan layar yang cukup tinggi sebaiknya kurangi secara bertahap. Gunakan tingkat kecerahan layar cukup rendah untuk menghemat baterai. Tidak hanya itu saja, mengurangi contrast dan brightness pada layar bisa menurunkan tingkat radiasi layar.

2. Nonaktifkan Volume Game

Cara Menghemat Baterai

Selanjutnya dari tingkat volume game juga wajib dikurangi atau sebisa mungkin dinonaktifkan. Rata-rata pengguna smartphone tidak menyadari akan hal ini dimana suara bisa membebani performa baterai cukup signifikan, maka dari itu matikan volume game untuk menghemat konsumsi daya baterai.

3. Gunakan Mode Hemat Daya

Cara Menghemat Baterai

Pada produk smartphone Android dan iOS sudah dibekali fitur penghemat daya atau biasa disebut mode power saving.  Dari mode tersebut bisa memberi keuntungan dalam proses bermain game karena fitur power saving akan menurunkan beban baterai saat bermain game, sehingga kamu bisa memainkannya lebih lama.

4. Nonaktifkan Bluetooth dan WiFi

Cara Menghemat Baterai

Jika kamu bermain game offline jangan sekali-kali menyalakan fitur Bluetooth ataupun WiFi karena dampaknya kurang baik terhadap performa baterai. Dari dua fitur tersebut memang dikenal menyedot daya baterai lebih besar bahkan dari durasi pengurangan daya bisa lebih cepat. Jadi jangan menyakan fitur Bluetooth dan WiFi saat bermain game, kecuali kamu bermain game online yang membutuhkan koneksi WiFi maka harus tetap diaktifkan dengan resiko daya baterai akan cepat habis.

5. Gunakan Mode Pesawat Terbang

Cara Menghemat Baterai

Cara menghemat baterai saat main game lainnya yang bisa kamu lakukan yakni mengaktifkan mode pesawat terbang. Mode air plane sendiri memang digunakan untuk keperluan bermain game, tetapi ada konsekuensi yang akan kamu terima yakni dari jaringan internet ataupun data akan terputus sehingga semua aplikasi media sosial hingga aktivitas telepon dan SMS tak bisa dilakukan.

6. Pakai Power Bank Sebagai Penambah Daya

Perangkat tambahan berupa power bank sudah banyak digunakan untuk keperluan gaming. Namun, perlu diperhatikan dalam memakai penambah daya eksternal berupa power bank karena dari sisi kapasitasnya bisa memberi pengisian daya berbeda. Pilih perangkat power bank berkapasitas 2 atau 3 kali lebih besar dari kapasitas baterai smartphone kamu, sehingga bisa digunakan untuk mengisi baterai lebih dari 2 kali pengisian.

Cara Menghemat Baterai

Bermain game secara offline maupun online sudah pasti menguras kapasitas daya baterai. Sebagai pengguna smartphone Android dan iOS diharapkan kamu memilih game berkapasitas cukup kecil untuk memperingan kinerja baterai. Banyak cara bisa digunakan untuk mengurangi potensi kerusakan baterai ponsel. Seperti kita tahu harga dari produk baterai ponsel asli terbilang cukup mahal, oleh karena itu kamu wajib menggunakan cara-cara di atas agar kondisi baterai tetap awet.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar