Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online
Sabtu, 25 November 2017
ok nusantara
Bagikan

Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online

Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online Anda

Tidak ada yang bisa menolak bahwa kita sekarang sudah hidup di era serba digital, media dan berita digital pun sudah bertebaran, bahkan hingga toko pun sudah berbentuk online yang secara perlahan akan menggiling usaha toko ritel.

Penjualan online diyakini akan terus berkembang di era serba digital ini, dibanding dengan penjualan toko ritel yang dilihat penjualannya semakin turun dari tahun ke tahun. Namun, penjualan online juga harus dibekingi dengan kepercayaan masyarakat sebagai customer.

Memperoleh kepercayaan masyarakat untuk membentuk suatu citra yang bagus dan meningkatkan penjualan produk memang tidaklah gampang. Banyak diantara para pebisnis toko online yang gagal dalam mengambil simpati serta menerima kepercayaan dari masyarakat sehingga produk yang dijual di pasar online tak laku terjual, meskipun mereka tak semuanya mempunyai niat yang buruk.

Untuk meningkatkan penjualan bisnis toko online sobat dan menarik kepercayaan para masyarakat yeng merupakan sebagai konsumen, ada sebagian hal yang mesti di amat. Berikut adalah 8 cara meningkatkan penjualan toko online :

1. Merencanakan Strategi

Langkah awal dan mula-mula yang harus dilakukan dan penting sebelum action ialah membuat list rencana strategi untuk meningkatkan konversi penjualan. Para pemilik toko online perlu mengaplikasikan tips yang paling utama ini, seumpamanya seperti penentuan terget penjualan, penentuan list daftar strategi dan langkah apa saja yang akan dikerjakan untuk meningkatkan penjualan, siapa saja yang akan melaksanakannya strateginya, dan lain-lain.

2. Maksimalkan Penggunaan Database

Jangan anggap sepele apapun tentang database, sebab kini database telah menjadi metode ampuh untuk memperbesar penjualan di masa yang akan datang, database contohnya yakni seperti list daftar nama pembeli, nomor HP pembeli, PIN BB pembeli, atau alamat/domisili pembeli, atau alamat e-mail mereka.
Bahkan untuk beriklan, database pun menjadi alat tempur marketing yang cukup ampuh terutama untuk menargetkan konsumen. Intinya, database jangan dibuang, alangkah baiknya disimpan supaya suatu saat dapat digunakan dalam hal-hal pemasaran produk Anda.

3. Eksekusi Strategi

Banyak pebisnis yang telah mengetahui strategi di atas, tetapi persoalannya biasanya senantiasa sama, tak konsisten, belum optimal, belum menghasilkan profit, masih sampingan, belum fokus mengeksekusi strategi-strategi marketing yang ada.

Kiat yang bisa sobat lakukan adalah melaksanakan strategi di atas dengan konsisten. Hanya fokus untuk monitor dan kejar sasaran pemasaran. Usahakan ada regu/tim atau orang khusus yang menangani marketing, sehingga strategi toko online sobat dapat berjalan optimal. Ingat, perbesar follower, fans, dan database untuk memperbanyak calon pembeli.

4. Memperbanyak Pilihan Produk

Pada dasarnya salah satu metode dan cara untuk meningkatkan penjualan ialah dengan memperbanyak pilihan alternatif produk yang terkait. Misalnya, jenis produk yang berbeda ataupun produk pelengkap. Strategi/Taktik ini juga salah satu metode atau cara supaya pelanggan tak beralih ke produk pesaing sobat.

5. Membentuk Tim Penjualan

Regu/Tim penjualan merupakan ujung tombak bagi penjualan kita. Usahakan supaya kita tak menjalani bisnis sendirian, melainkan dapat membangun regu/tim yang solid. Fungsi regu/tim penjualan antara lain untuk melayani calon pembeli, menentukan dan memastikan sasaran penjualan tercapai dan juga menjalankan strategi sales dan promosi yang tepat sasaran.

6. Meningkatkan Pelayanan yang Responsif

Salah satu hal penting yang perlu dikerjakan oleh pemilik toko online yakni mempunyai pelayanan yang responsif. Artinya, pelayanan jangan lambat dan molor, sehingga dikala ada konsumen yang berkeinginan order produk, maka Anda patut cepat melayani mereka. Sekiranya sobat lambat, konsumen bisa saja langsung pindah ke pesaing.

7. Membangun Jaringan Reseller

Salah satu ciri toko online yang berhasil, ialah mempunyai tim reseller. Salah satu manfaat membangun tim reseller ialah untuk memperbesar penjualan. Reseller yakni orang yang menjualkan kembali produk kita dan ada ketetapan pembagian profit untuk tiap-tiap produk yang dipasarkannya. Hal penting untuk strategi ini, usahakan supaya reseller diberi pelatihan, sehingga penjualannya pun dapat optimal karena pelatihan atau training yang diberikan.

8. Berjualan Di Berbagai Marketplace

Selain toko online, kita juga harus memakai berbagai situs marketplace e-commerce yang terkenal dan cukup besar, contoh seperti tokobagus, bukalapak, ataupun sobat menjualnya di kaskus. Intinya, ini sebagai poin tambah, channel tambahan untuk mempromosikan produk kita.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar