Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan dengan Bahan Alami
Selasa, 13 November 2018
ok nusantara
Bagikan

Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan dengan Bahan Alami

1. Madu 

cara mengobati sakit tenggorokan

Madu adalah salah satu ramuan yang tepat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain karena madu adalah produk alami, bahan ini juga memiliki rasa yang manis sehingga tidak sulit menelannya seperti obat-obatan lain. Sebagai salah satu cara menyembuhkan sakit tenggorokan, madu dapat dicampur dengan teh hangat. Studi yang dilakukan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health menunjukkan bahwa madu memiliki khasiat untuk menjinakkan batu pada malam hari. Selain itu, madu juga dipercaya cepat menyembuhkan luka, artinya madu efektif digunakan sebagai penyembuh sakit, bahkan radang tenggorokan.

2. Air garam 

cara mengobati sakit tenggorokan

Bahan ini memang terlihat sederhana, namun khasiatnya dalam bidang kesehatan tidak lagi diragukan. Berkumur-kumur dengan air garam dapat membantu membunuh bakteri dan meredakan rasa sakit di tenggorokan. Cara penggunaanya juga sangat sederhana. Kamu hanya perlu mencampurkan setengah sendok air garam dengan segelas air hangat, lalu berkumur-kumurlah dengan air garam tersebut untuk membersihkan tenggorokanmu. Lakukan hal yang sama setiap tiga jam sekali sampai sakit tenggorokanmu reda.

3. Baking soda 

mengobati sakit tenggorokan dengan bahan alami

Wah, ternyata baking soda tidak hanya berguna dalam proses membuat kue, lho! Dalam bidang kesehatan, baking soda dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan, termasuk sakit tenggorokan. Kamu dapat mencampur air garam dengan baking soda sebagai obat kumur. Campuran ini dipercaya dapat membunuh bakteri dan mencegah perkembangan jamur di dalam mulut. Ini tentu akan membantumu meredakan sakit tenggorokan.

Cara penggunaannya juga sederhana dan hampir sama seperti cara kedua (menyembuhkan sakit tenggorokan dengan air garam). Kamu hanya perlu mencampur satu gelas air hangat, ¼ sendok baking soda, dan 1/8 sendok garam. National Cancer Insitute menyarankan untuk berkumur-kumur dengan campuran tersebut setiap tiga kali satu jam bila diperlukan.

4. Cuka apel 

cara mengobati sakit tenggorokan

Mungkin kamu sudah tahu kalau cuka apel dapat membantu dalam proses diet. Tapi, apakah kamu tahu kalau cuka apel juga ampuh dalam mengobati sakit tenggorokan? Bahan ini sangat tepat digunakan untuk membunuh bakteri yang menyerang tubuh, terutama bagian mulut hingga tenggorokan. Berbagai penelitian menunjukkan fungsi dan efek antimikroba dari cuka apel dalam mencegah dan melawan infeksi.

5. Bawang putih 

cara mengobati sakit tenggorokan

Kandungan antibakteri dalam bawang putih membuatnya memiliki khasiat besar untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang berfungsi melawan bakteri penyebab infeksi. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengupas bawang putih, lalu menghisap atau mengunyahnya. Hal ini akan membantu menghilangkan bakteri di dalam mulut.. Meskipun awalnya cukup sulit, namun jika kamu semakin terbiasa, mengunyah bawang putih bukanlah menjadi masalah yang besar. Ini demi kesehatan tenggorokanmu, lho!

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar