Curug Cipanundaan
Senin, 08 Mei 2017
ok nusantara
Bagikan

Curug Cipanundaan

Curug Cipanundaan, Curug Alami dengan Pesona Menajubkan

Curug Cipanundaan adalah salah satu curug yang berada di kaki Gunung Sanggabuana. Curug Cipanundaan memiliki saudara kembar lainnya yang berada menjadi satu dalam area. Saat berkunjung kita akan dihadapi berbagai rintangan seperti tangga, dimana curahan air tersebut berasal dari atas lalu masuk ke kolam, kemudian turun lagi di kolam kedua dan selanjutnya baru masuk kekolam yang ketiga atau yang terakhir.

Kondisi curug ini masih alami, karena keberadaannya yang cukup sulit dijangkau oleh wisatawan. Namun Curug Cipanundaan memiliki pemandangan alam yang cukup mengesankan dan suasana mistis yang masih menyelimuti mitos di kawasan curug tersebut.

Informasi Wisata Seputar Curug Cipanundaan Karawang

img-1494243632.jpg

Curug Cipanundaan memiliki dua curug lagi yang tak kalah indahnya dari curug ini, yaitu Curug Cikarapyak dan Curug Cikoleangkak. Namun sangtat disayangkan, untuk rute ke Curug Cipanundaan, kita harus dihadang oleh berbagai medan yang berat dan menantang.

Salah satu syarat utama untuk berkunjung ke curug paling indah di Karawang adalah membutuhkan stamina yang prima, karena selain melewati area lokasinya yang cukup jauh karena kita akan melewati berbagai jalan setapak menelusuri sungai berbatu. Selain itu, kita harus meniti tebing yang kontraksnya naik turun, menerabas semak dan hutan belukar yang tajam dan berbahaya.

Namun kelelahan kita selama perjalanan menuju tempat wisata terindah di Jawa Barat ini akan terbayarkan dengan beragai keindahan alam di Curug Cipanundaan. Suasana dengan berbagai tumbuhan yang ada disekelilingnya, serta berbagai fauna yang siap menyambut kedatangan manis kita saat sampai di Curug Cipanundaan.

Lokasi Curug Cipanundaan Karawang

img-1494243639.jpg

Curug Cipanundaan adalah curug alami yang berada di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Propinsi Jawa Barat. Curug ini juga berada di Kaki Gunung Sanggabuana yang populer tersebut. Sehingga selain kita bisa meliat keindahan dari Curug penuh pesona ini, kita juga akan disuguhi berbagai pemandangan Gunung Singgabuana yang begitu rindang, hijau dan mempesona .

Jarak dan Kondisi Rute Menuju Curug Cipanundaan Karawang

img-1494243647.jpg

Curug alami ini berada di sekitar kurang lebih 42 km dari pusat pemerintahan Kota Karawang. Untuk akses menuju curug ini cukup menantang dan berbahaya, namun menyajikan berbagai keindahan alam di sepanjang perjalanan. Salah satunya adalah Jalan menuju ke curug Cipanundaan yaitu jalan yang berupa jalan setapak yang cukup berliku dan licin.

Dengan kondisi medan yang naik dan turun, tak jarang kita pun akan menyeberangi berbagai sungai berbatu besar yang membelah kaki Gunung Singgabuana. Kondisi sungai yang cukup licin dengan aliran cukup deras, cukup menyulitkan kita menuju curug tersebut.

Tak hanya itu, kita akan melewati berbagai medan yang berbahaya seperti disisi kanan, kita akan memanjat berbagai tebing yang terjal dan licin. Serta di kirinya akan kita temui berbagai jurang dalam lengkap dengan aliran sungainya yang deras

img-1494243655.jpg

Tips Berwisata di Curug Cipanundaan Karawang Jawa Barat

  1. Sebelum berwisata di Curug Cipanundaan, alangkah baiknya jika kita memantau setiap cuaca yang ada di sekitar Curug tersebut. Sangatlah berbahaya jika kita masih dalam perjalanan, namun cuaca yang sudah tak mendukung.
  2. Untuk bekal makanan kita bisa membawa bekal makanan sendiri demi menghemat berbagai pengeluaran selama sedang berwisata di Curug ini
  3. Bawalah barang-barang seminimal mungkin. Jangan sampai saat perjalanan anda merasa terganggu oleh berbagai barang bawaan anda.
  4. Pilih moment berwisata yang pas. Misalkan saja, untuk hari libur, Curug Cipanundaan sangatlah ramai, sehingga akan meminimalkan ruang gerak kita. Alangkah baiknya jika berwisata di curug ini dihari-hari biasa saja. Karena akan lebih terasa puas untuk menikmati segala sudut keindahan yang dimiliki oleh wisata terbaik di Jawa Barat ini.
  5. Jangan berwisata di Curug Pengaduan seorang diri, sangatlah berbahaya jika terjadi apa-apa dengan anda. Kalaupun sendiri tak masalah, asalkan saja anda harus hati-hati dan bersama orang yang berasal dari desa dimana curug ini berada.’
  6. Jangan lupa berdoa kepada Tuhan sebelum kita berangkat berwisata di Curug ini.
  7. Yang terpenting, selalu jagalah kebersihan dan jangan merusak alam di kawasan curug ini. Karena kita hanya berwisata dan masih banyak orang setelah kita yang ingin menikmati keindahan tersebut.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar