Curug Ganden
Sabtu, 15 April 2017
ok nusantara
Bagikan

Curug Ganden

Curug Ganden, Curug Indah di Titik Tertinggi Kebumen

Curug Ganden merupakan curug indah di bagian titik tertinggi kebumen,Jawa Tengah. Kabupaten Kebumen adalah wilayah yang memang kaya dengan berbagai keindahan alamnya.

Saat berkunjung di kabupaten yang terkenal dengan ngapaknya ini kita akan menemui berbagai keindahan alam. Mulai dari wisata pantai, wisata goa, wisata waduk atau bendungan, berbagai telaga, air terjun atau curug, aneka perbukitan hingga ke alam wisata yang bernuansa pegunungan. Salah satu keunggulan wisata dari Kebumen adalah terletakj pada perbukitan yang berada di utara Kebumen.

Di area perbukitan ini, kita akan menemui sebuah air terjun yang masih belum banyak diketahui masyarakat umum. Nama air terjun tersebut adalah Curug Ganden. Curug ini berada Desa Pujotirto, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen.

img-1492261024.jpg

Curug Ganden berjarak sekitar 20 KM. Atau lebih tepatnya berada di arah timur laut Kota Kebumen. Rute yang harus kita dilalui yaitu dengan melewati Desa Krakal yang ada di Kecamatan Alian. Desa Pujotirto yang berada di dataran tinggi ini akan membuat akses jalan yang ditempuh banyak ditemui tanjakan tajam. Namun tenang saja, pemandangan alam yang akan kita nikmati  sepanjang jalan tak akan mengecewakan.

Keindahan Wisata Alam Curug Ganden

Keindahan alam yang terdapat disekitarnya tak usah diragukan lagi. Karena berada di ketinggian sekitar 380 diatas permukaan air laut. Hal ini tentunya akan membuat pemandangan di sekitar Curug Ganden masih sangat asri, sejuk dan alami. Tenang walaupun lokasinya yang berada tak jauh dari pemukiman warga.

img-1492261031.jpg

Namun pepohonan yang ada di sekitar wisata ini serta hutan disekitarnya masih terjaga baik. Karena rasa kepedulian warga sekitar akan lingkungan. Namun hal itu juga yang membuat berbagai sampah rumah tangga terlihat terbawa air sungai. Dari tempat wisata ini, kita dapat dilihat keindahan dari perbukitan Tlogowulung – Kebapangan yang memanjang. Dengan membatasi kecamatan Alian dengan Poncowarno.

Rute Wisata Alam Curug Ganden

img-1492261039.jpg

Desa Pujotirto adalah desa yang menjadi salah satu desa tertinggi di Kebumen. Berada di kecamatan Karangsambung bagian Timur ini memiliki ketinggian rata rata sekitar 433 mdpl. Desa ini berbatasan dengan berbagai wilayah lain disekitar Kebumen. Yaitu kabupaten Wonosobo di bagian timurnya. Di desa Pujotirto terdapat juga indah yang bernama Bukit Indrakila dengan ketinggian sekitar 548 mdpl. Sehingga sangat cocok untuk kita jadikan sebagai spot untuk tempat melihat Waduk Wadasintang. Selain Curug Ganden di desa ini juga memiliki curug lainnya yang tak kalah indah.

img-1492261047.jpg

Untuk rute menuju Curug Ganden. Kita bisa memulainya dari Pasar Krakal lurus ke utara hingga kita menemui Masjid Jerotengah. Kemudian kita akan menemui pertigaan. Yang mana jika ke kiri, kita akan menuju ke Wadasmalang/ Plumbon/ Curug Silancur. Dan jika ke kanan ke Pujotirto. Ambil jalur kanan, kemudian kita ikuti jalan raya yang tersedia hingga berada di Desa Pujotirto.

Alamat Lokasi Wisata Alam Curug Ganden

Curug Ganden adalah curug yang berada di Dusun Kalipuru. Curug Ganden ini berada di aliran Sungai Kalipuru. Yang berhulu di Bukit Indrakila dengan ketinggian sekitar 548 mdpl Bukit dan Kedungbarung dengan ketinggian sekitar 505 mdpl.

img-1492261055.jpg

Curug ini memiliki keistimewaan yang tidak seperti curug pada umumnya.Karena pasalnya Curug Ganden ini tidak memiliki kemiringan yang curam. Sehingga air hanya mengalir atau dikenal dengan flow mengalir diatas batuan yang berada di dilereng bukit. Namun hal demikian secara keseluruhan fisik curug ini cukup panjang, tinggi dan lebar dengan aliran yang dera. apalagi jika daerah wisata ini sedang musim penghujan.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar