Danau Paling Biru Di Indonesia
Kamis, 31 Agustus 2017
ok nusantara
Bagikan

Danau Paling Biru Di Indonesia

telaga-rambut-monte-jawa-timur-rev1.jpg
1. Telaga Rambut Monte, Jawa Timur

 Tak perlu jauh-jauh ke Jepang kalau ingin menikmati keindahan Kaminoko Ike, kolam biru para dewa. Sebab Blitar, Jawa Timur juga memiliki objek wisata yang mirip. Namanya Telaga Rambut Monte.

Rambut Monte terletak di Desa Krisik, Gandusari. Menurut legenda, telaga ini tercipta berkat kesaktian Mbah Monte. Kalau Kaminoko Ike disebut kolam dewa, maka Rambut Monte dipenuhi ikan-ikan dewa. Ikan sangkring berwarna hitam yang tak boleh ditangkap ini konon adalah jelmaan dewa yang dikutuk oleh Mbah Monte.

Sembari menikmati keindahan Telaga Rambut Monte, wisatawan juga bisa melihat-lihat struktur candi yang adadi dekatnya.telaga-biru-semin-yogyakarta-rev1.jpg

2. Telaga Biru Semin, Yogyakarta

Gara-gara Instagram, danau di daerah Semin, Gunungkidul ini akhirnya jadi viral. Telaga biru Semin yang disebut-sebut sebagai Kelimutu-nya Yogya. Berlokasi di Dusun Ngentak, Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Danau ini sebenarnya tidak terbentuk secara alami. Telaga biru Semin merupakan ceruk bekas pertambangan batu putih yang kemudian digenangi air. Pemandangan dari atas danau memang tampak luar biasa dengan air biru cerah dan pulau-pulau mini yang berwarna kontras. Kamu juga bisa berenang di sana, karena ada beberapa warga yang menyewakan pelampung. Tetapi hati-hati, karena airnya cukup dalamdanau-tebing-makariki-maluku-rev1.jpg

3. Danau Tebing Makariki, Maluku

 Ada satu destinasi wisata lagi yang wajib masuk kantong jika kamu berniat mengunjungi Maluku Tengah. Danau tebing makariki yang ada di Pulau Seram. Termasuk bagian dari Desa Laimu, Kecamatan Tehoru, Maluku Tengah.

danau ini masih tergolong perawan karena masih belum terlalu banyak traveller yang mengunjunginya. Selain itu, lokasi yang lumayan sulit dijangkau memang menjadikan danau ini masih terjaga keasliannya.

Danau tebing makariki terletak di kaki Gunung Binaia. Butuh trekking dengan medan terjal selama 2 jam untuk mencapai danau dengan pemandangan keren ini. Jadi siapkan stamina agar kamu tidak kecapaian di tempat tujuan. Karena berada di kaki gunung, air danau ini juga sangat dingin.danau-kaolin-belitung-rev1.jpg

4. Danau Kaolin, Belitung

 - Berwisata ke Belitung mungkin belum afdhol jika belum mengunjungi lokasi pengambilan gambar Laskar Pelangi. Tetapi Belitung bukan cuma punya pantai yang indah. Ada satu lagi wisata air yang perlu didatangi, yaitu Danau Kaolin.

Sama seperti Telaga Semin, Danau Kaolin juga terbentuk di ceruk bekas galian tambang. Alamnya indah dengan tebing seputih salju yang tampak kontras dengan air danau berwarna biru muda.

Jangan sampai tertukar dengan saudaranya, Danau  Kaolin yang ada di Bangka. Danau Kaolin yang ini berada di Jalan Murai, bukan Air Bara. Tetapi keduanya sama-sama jadi incaran traveller dan anak muda kekinian.danau-labuan-cermin-kalimantan-timur-rev1.jpg

5. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

  Kalau beberapa tahun lalu belum banyak orang yang mengenal Danau Labuan Cermin, sekarang harta alam tersebut sudah jadi salah satu objek wisata andalan Kalimantan Timur. Lokasinya berada di Desa Labuan Kelambu, Biduk-Biduk, Kabupaten Berau.

Labuan Cermin memiliki keunikan tersendiri. Air yang berada di dasar danaumemiliki rasa asin seperti ari laut. Sementara air di permukaannya terasa tawar. Namun yang menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan adalah warna birunya yang begitu indah.

Saking jernihnya air di sini, perahu yang berlayar di atasnya tampak seperti mengambang di udara.danau-biru-walasiho-sulawesi-tenggara.jpg

6. Danau  Biru Walasiho, Sulawesi Tenggara

Danau Biru Walasiho, satu dari sekian banyak objek wisata menakjubkan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara. Terletak di Desa Walasiho, Kabupaten Wawo, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Wlasiho tak hanya memiliki danau yang indah. Pepohonan hijau, air sungai yang sejuk, dan udara yang bersih menambah pesona danau ini. Bejalan beberapa puluh meter saja, pengunjung sudah bisa menemukan pantai berpasir putih yang cantik. Danau Walasiho juga menjadi rumah bagi beberapa jenis ikan, antara lain kerapu dan ikan kelinci. Namun ikan-ikan di sini terlarang untuk dipancing.telaga-samares-papua.jpg

7. Telaga Samares, Papua

Namanya mungkin masih belum setenar Danau Labuan Cermin yang ada di Kalimantan. Tetapi Telaga Samares sama sekali tak kalah dari segi keindahan. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai danau paling biru di Indonesia.

Telaga Samares terletak di Desa Samares, Biat Timur, Biak Numfor, Papua. Airnya benar-benar jernih dan berwarna biru terang. Wisatawan yang berkunjung ke sana tidak hanya bisa menikmati keindahannnya dari tepian. Danau ini boleh digunakan untuk berenang, kok.

Saat ini, pemerintah Biak tengah berupaya untuk mengembangkan Telaga Samares sebagai daerah pariwisata.situ-cilembang-jawa-barat.jpg

8. Situ Cilembang, Jawa Barat

 Danau yang satu ini punya banyak nama, antara lain Sirah Cilembang, Situ Cilembang, Danau Biru Hariang Cilembang. Karena warna airnya yang sangat biru, tak sedikit pula yang menyamakan danau ini dengan Labuan Cermin Derawan.

Sebenarnya Situ Cilembang cuma sebuah danau kecil yang menjadi sumber air bagi warga Dusun Curug dan sekitarnya. Letaknya di Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Sumedang, Jawa Barat. Danau ini jadi incaran para pecinta travelling beberapa tahun belakangan karena keindahannya yang luar biasa.

Sebenarnya danau ini terlarang untuk mandi dan berenang. Jadi hormati peringatan warga setempat. Jika ingin menikmati kesegaran airnya, cukup cuci tangan atau membasuh muka.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar