Danau Tolire Maluku Utara
Senin, 10 April 2017
ok nusantara
Bagikan

Danau Tolire Maluku Utara

Menguak Misteri Kedalaman Danau Tolire di Maluku Utara

Salah satu danau yang sangat populer di Ternate adalah Danau Tolire yang terletak di kaki Gunung Gamalama. Gunung Gamalama merupakan gunung api tertinggi di Maluku Utara. Danau Tolire terdiri dari dua buah danau yaitu Tolire Besar di sebelah atas dan Tolire Kecil sedikit dibawah Danau Tolire Besar. Jarak kedua danau ini hanya sekitar 200 meter.

Bentuknya yang menyerupai loyang raksasa adalah keunikan yang dimiliki Danau Tolire Besar. Luasnya sekitar 5 hektar dan jika dihitung dari pinggir atas sampai ke permukaan air danaunya, kedalamannya sekitar 50 meter. Sementara kedalaman airnya sampai saat ini tidak diketahui.

img-1491818331.jpg

Tetapi menurut cerita leluhur dari masyarakat lokal, kedalaman airnya berkilo-kilometer dan berhubungan langsung ke laut. Ketika musim panas, air di Danau Tolire Besar berwana hijau dan ketika musim hujan warnanya berubah coklat.

Menurut cerita dari masyarakat setempat, pada zaman dahulu sebuah desa bernama Desa Soela Takomi tenggelam akibat erupsi Gunung Gamalama. Oleh karenanya Danau Tolire ini disebut juga dengan Lubang Kampung Tenggelam atau dalam bahasa Ternate disebut Tolire Gam Jaha.

img-1491818287.jpg

Mengunjungi Tolire Besar ini kamu akan disuguhkan panorama alam yang indah dan asri karena disekitar danau tumbuh berbagai macam jenis pohon yang membuat udara disekitar danau menjadi sangat sejuk. Burung-burung yang saling bersautan, menambah suasana semakin tentram dan menyenangkan. Hal ini membuat para wisatawan semakin merasakan ketenangan.

Danau Tolire

Selain memiliki panorama keindahan alam yang memukau, Tolire Besar juga menyimpan cerita mistis. Masyarakat lokal meyakini bahwa danau yang airnya berwarna coklat sedikit kekuningan tersebut, dihuni oleh buayasiluman berwarna putih. Meski tentunya kebenaran terkait keberadaan siluman buaya putih itu masih menjadi kontroversi tersendiri bagi masyarakat di sekitar Tolire.

Danau Tolire

Keunikan lain dari danau cantik ini adalah jika melempar sesuatu ke danau, bagaimanapun kuatnya lemparan itu tidak akan pernah menyentuh air danau. Padahal ketika pengunjung melempar sesuatu dari pinggir atas danau itu, air danau terlihat jelas berada di bawah kaki si pelempar. Sangat aneh dan misterius bukan?

Bagi mereka yang pertama kali berkunjung ke danau itu, mungkin tidak akan percaya dengan fakta ini. Namun, mereka boleh mencoba melemparnya dengan batu. Untuk membuktikannya tidak perlu susah mencari batu-batu kecil karena di pinggir danau banyak yang menjualnya seharga Rp. 1.000 per lima biji batu.

Sejauh ini tidak seorang pun yang mampu melemparkan batu-batu itu hingga dapat menyentuh permukaan air Tolire Besar ini. Wallahualam.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar