Destinasi Wisata Belitung Yang Menarik
Jum'at, 13 Oktober 2017
ok nusantara
Bagikan

Destinasi Wisata Belitung Yang Menarik

Pantai Tanjung Tinggi

Destinasi Wisata di Belitung

Pantai yang satu ini ialah pantai terkenal di Belitung yang dipakai untuk syuting film Laskar Pelangi. Letaknya di sebelah utara Belitung, persisnya 37 kilometer dari kota Tanjung Pandan. Pasir putih, air laut jernih, batu granit super besar adalah hal yang akan kamu temui kala kakimu menjejak di pantai ini. Kalau kamu ingin bermain air pun sangat dipersilahkan. Sebab, ombak di Pantai Tanjung Tinggi relatif tenang dan kamu bisa berenang tanpa kekhawatiran berlebih akan terbawa ombak.

Pulau Lengkuas

Pulau lengkuas di Belitung

Hal paling khas yang akan kamu temui di Pulau Lengkuas ini ialah adanya mercusuar yang menjulang setinggi 50 meter. Menariknya, mercusuar tadi bukanlah bangunan baru yang memang sengaja dibuat demi pariwisata. Tapi, mercusuar ini telah berusia ratusan tahun, karena dibangun oleh Belanda saat tahun 1882 silam. Pulau Lengkuas memiliki luas area sekitar 1 hektar, dengan hamparan pasir putih  yang landai serta air laut yang tenang dan jernih, sangat cocok sebagai spot snorkeling.

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang Belitung

Kalau kamu jatuh hati dengan bebatuan granit raksasa yang ada di film Laskar Pelangi, kamu harus pergi ke pantai Tanjung Kelayang ini. Letaknya di Kecamatan Sijuk, dijamin pesonanya akan membuatmu tak ingin pulang. Luangkan waktumu hingga sore hari, sebab matahari terbenam nampak begitu indah dan memukau dan eksotis dari Tanjung Kelayang. Tak hanya dikenal di dalam negeri saja, pantai yang berjarak 37 kilometer dari pusat kota Tanjungpandan ini juga populer di dunia. Sebab, event Internasional Sail Wakatobi Belitong pernah dihelat di sini.

Batu Garuda

Batu Garuda di Belitung

Spot ini bisa sekaligus kamu dapatkan kalau kamu berkunjung ke Pantai Tanjung Kelayang. Sebuah batu granit raksasa berbentuk mirip burung garuda. Dan karena bentuknya itulah, kemudian si bantu disebut Batu Garuda. Karena keunikannya, batu ini bisa dikatakan sebagai ikon dari Belitung. Wisatawa yang datang ke Pulau ini, hampir pasti selalu mengambil foto dengan latar belakang Batu Garuda. Kapan mau ke sana?


Bukit Berahu

Pantai Bukit Berahu

Tempat yang satu ini ialah perpaduan antara bungalow dan resto yang terletak di sebuah pantai di Belitung. Kalau kamu traveling ke pantai Tanjung Tinggi, jangan sia-siakan waktumu dan mampirlah kemari. Dari ketinggian Bukit Berahu, kamu bisa menikmati betapa memukaunya Belitung. Untuk mencapai pantai di bukit ini, kamu harus menuruni 97 anak tangga bungalow. Karena letak pantai yang cukup tersembunyi, jangan kaget kalau kamu seolah berada di pantai pribadi.

Danau Kaolin

Danau Kaolin di Belitung

Danau Kaolin ada di wilayah Tanjungpandan, tepatnya di Desa Perawas. Setibanya di sini, pasti kamu ingin mengabadikan pemandangan menakjubkan yang kamu temui. Dengan air jernih berwarna biru tosca, nampak kontras dan epic dengan warna kaolin yang putih bersih. Danau Kaolin sendiri ialah kekayaan tambang kaolin di Belitung. Meski tidak sebagai tempat wisata umum, tapi kalau kamu memang berminat, kamu bisa menggunakan jasa agen wisata yang memang menyediakan paketnya.

Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata

Inilah museum literatur pertama di Indonesia. Di sini, kamu bisa melihat koleksi film Laskar Pelangi dan juga beragam karya Andrea Hirata lainnya. Museum Kata tak hanya nyaman, tapi juga instagramable dan berfoto di sini sangat disarankan untuk mempercantik feed Instagram kamu. Ada banyak pajangan figura dengan kata-kata karya Andrea Hirata yang akan menyentuh hati. Kalau kamu mengaku pecinta sastra, kamu wajib kemari!

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar