Endes Tenan! Seruput Nikmatnya 5 Minuman Tradisional Khas Jawa Timur
Rabu, 31 Oktober 2018
ok nusantara
Bagikan

Endes Tenan! Seruput Nikmatnya 5 Minuman Tradisional Khas Jawa Timur

Melimpahnya rempah-rempah di negeri ini merupakan cikal bakal terciptanya minuman-minuman tradisional yang menjadi ciri khas setiap daerah di Indonesia. Sudah banyak sekali minuman yang dibuat dari berbagai rempah-rempah yang kegunaanya sangat beragam bagi kesehatan tubuh.

Rupanya banyak sekali minuman-minuman tradisional yang berkembang di daerah Jawa, salah satunya Jawa Timur. Banyak daerah-daerah yang menjadikan minuman sebagai ciri khasnya. Kira-kira minuman apa saja sih yang menjadi ciri khas berbagai daerah di Jawa Timur? Yuk, lihat ulasannya!

1. Es Sinom

Endes Tenan! Seruput Nikmatnya 5 Minuman Tradisional Khas Jawa Timurmangcook.com

ADVERTISEMENT


Biasanya minuman berkhasiat selalu identik dengan rasanya yang pahit. Tapi tidak untuk minuman ini yang justru memiliki cita rasa asam serta manis. Sebenarnya minuman ini merupakan jamu yang biasanya banyak dijual di toko-toko obat tradisional. Nah, buat kamu yang pengen minum jamu tapi takut pahit, bisa coba jamu yang satu ini. Karena rasanya yang enak, banyak orang yang menjadikan jamu ini sebagai minuman dingin yang segar. Jarang sekali kan ada jamu yang disajikan dengan es batu?

Es sinom ini merupakan minuman khas Surabaya yang berbahan dasar kunyit dan gula aren, maka tak heran jika minuman ini memiliki ragam khasiat yang baik untuk tubuh seperti, mencegah rambut rontok, meredakan nyeri haid, memperlancar peradaran darah, dan juga dapat melancarkan pencernaan.

2. Wedang Angsle

Endes Tenan! Seruput Nikmatnya 5 Minuman Tradisional Khas Jawa Timurmerahputih.com

Wedang yang menjadi primadona kota Malang ini dibuat dengan rebusan air yang dicampur dengan rempah-rempah seperti jahe, serai, gula jawa, dan santan kelapa. Mirip dengan sekoteng, isian wedang ini terdiri dari kacang tanah yang disangrai, potongan roti tawar, kacang hijau, tape singkong, ketan putih kukus, dan putu mayanh. Wedang angsle ini sangat cocok bila diminum saat udara dingin.

3. Jamu Kebonagung

Endes Tenan! Seruput Nikmatnya 5 Minuman Tradisional Khas Jawa Timurminumankhaspasuruan.blogspot.com

Awalnya jamu khas Pasuruan, Jawa Timur ini dinamai jamu belik. Jamu ini terbuat dari beragam jenis rempah seperti lada, kapulaga, cabe jamu, cengkeh, bunga pala, serai dan gula jawa. Banyaknya rempah yang dijadikan bahan baku untuk membuatnya, menjadikan jamu ini kaya akan khasiat yang bisa mengatasi perut kembung, batuk berdahak, serta dapat juga menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

4. Wedang Pokak

Endes Tenan! Seruput Nikmatnya 5 Minuman Tradisional Khas Jawa Timurvemale.com

Tak mau kalah dengan kota-kota lainnya, Probolinggo juga menghidangkan minuman khas yang sangat berkhasiat untuk meredakan sakit kepala, mengurangi nyeri saat datang bulan, mengobati sariawan, serta dapat memberi efek hangat bagi tubuh. Terbuat dari aneka ragam rempah seperti serai, cengkeh, kayu manis, jeruk purut, jahe, daun pandan yang kemudian diberi sedikit gula. Wedang ini merupakan minuman wajib warga Probolinggo saat lebaran.

Endes Tenan! Seruput Nikmatnya 5 Minuman Tradisional Khas Jawa Timurmasfikr.com

Sama dengan wedang angsle, minuman yang satu ini juga sangat populer di kota Malang. Rempah yang dipakai untuk membuat wedang ini berupa jahe, merica, kayu manis, secang, dan kapulaga. Yang unik dari wedang ini adalah menggunakan alang-alang sebagai salah satu bahan dasarnya. Wedang jaselang ini berguna untuk menghangatkan serta dapat menjaga stamina tubuhmu.

Dari lima minuman di atas, mana nih yang paling kamu suka?

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar