Es Dawet Hitam Purworejo
Senin, 13 Maret 2017
ok nusantara
Bagikan

Es Dawet Hitam Purworejo

Es Dawet merupakan minuman yang terbuat dari tepung beras, yang diolah menjadi bentuk kecil memancang pada umumnya berwarna hijau kemudian di campur dengan air santan dan disajikan dengan gula merah cair dan es. Namun ternyata Es Dawet tidak hanya berwarna hijau, kini ada juga Es Dawet berwarna hitam.

img-1489403048.jpg

Es Dawet berwarna hitam ini disebutEs Dawet Irengkarena Es Dawet Ireng berasal dariKota Purworejo Kabupaten Jawa Tengahsehingga namanya juga memakai bahasa jawa yaitu Ireng yang artinya hitam.Dawet irengakan banyak kita jumpai di daerah pinggiran jalan daerah ButuhPurworejo. Namun sekarang sudah banyak yang menjual dawet ini khususnya di pinggiran jalan rayaPurworejo.

Rasanya yang sangat manis dan mengenyangkan merupakan ciri khas dariDawet Irengini. Uniknya EsDawet Irengini terbuat bukan hanya dari tepung beras namun juga ada bahan merangnya. Tetapi kita tidak perlu khawatir, karena meskipun ada bahan merangnya minuman ini tetap aman dan sehat dikonsumsi. Merang atau daun padi yang dibakar sampai gosong hanya diambil sarinya saja yang diperas bersama air , dari situlah diperoleh warna hitam yang pekat sebagai pewarnaDawet Irengini.

Dalam penyajiannya, campurannya cukup sederhana, yakni menggunakan santan, gula jawa dan dawet sebagai bahan utamanya. Meski demikian, kesederhanaan yang ada tidak menyebabkan rasaDawet Ireng ini kehilangan rasa lezat. Rasanya pas, tidak terlalu manis. Begitu pula dengan santan yang tidak terlalu kental terasa segar di mulut.Dawet Irengini akan lebih nikmat jika diminum dalam keadaan dingin. EsDawet Irengsangat cocok dinikmati saat siang hari dan sore hari untuk melepas rasa dahaga dan lelah kita.

img-1489403166.jpg

Selain itu EsDawet Irengjuga cocok sebagai menu pembuka berbuka, serta sajian istimewa diberbagai acara seperti khitanan, pernikahan, arisan keluarga, dll. Keunggulannya lainnya adalah dawet ini berkasiat sebagai pereda panas dalam serta memperlancar pencernaan.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar