Es Tawon, Kuliner Es Legendaris Kota Malang
Kamis, 26 Juli 2018
ok nusantara
Bagikan

Es Tawon, Kuliner Es Legendaris Kota Malang

Buat kalian yang berkunjung ke Kota Malang, kurang lengkap kalau belum mencoba kuliner legendaris khas Kota Malang. Salah satunya adalah Es Tawon Kidul Dalem. Walaupun Kota Malang memang terkenal dengan hawa sejuk atau dinginnya, tapi jangan salah kalau lagi panas-panasnya, bawaannya jadi pengen nyemplung ke kolam Alun-alun Tugu aja, sumvah!


Es Tawon ini lokasinya ada di Jalan Zainul Arifin No. 11, Kota Malang. Lebih gampangnya berada di sekitar kompleks Pasar Besar Malang. Nah, saat itu Malang lagi panas-panasnya. Dan saya memang lagi pengen banget nelesin*tenggorokan saya ini dengan minuman yang seger-seger. Dan karena saya penasaran sama Es Tawon yang katanya legendaris ini, akhirnya saya langsung budhal* ke lokasi.


Es-Tawon-photo-by-feryarifian.com.JPG
Es Kacang Ijo Alpukat (depan) dan Es Campur (belakang)

Saya memesan Es Campur dan Es Kacang Ijo Alpukat yang harganya cuman 7 ribu-an aja gengs! Murah banget kan? Es Campur ini isinya ada cincau, dawet, kacang hijau, alpukat dan tambahan sirup atau gula merah. Kita juga bisa ngeliat proses penyerutan es-nya langsung ke gelas yang bakal kita minum, lho!


Es-Tawon-Kidul-Dalem-Kuliner-Malang-photo-by-feryarifian.com.JPG
Es Campur


Di sela-sela saya minum Es saya sempat bertanya ke Bu Sri Utami yang merupakan penerus generasi kedua dan sekarang menjadi pemilik Es Tawon Kidul Dalem ini. Kata Bu Sri, Es Tawon ini kenapa dianggap legendaris karena udah ada sejak tahun 1950-an sampai sekarang. Wih udah dari lama banget ya ternyata.


Es-Tawon-Kuliner-Legendaris-Malang-Photo-by-feryarifian.com.jpg
Sederhana namun nikmat

Dan alasan kenapa dinamakan Es Tawon, karena dulunya sempet ada sarang tawon (lebah) di dekat lokasi Es ini dijajakan. Dan banyak tawon yang mengerubungi sirup gula yang jadi bahan membuat es ini. Dari situ katanya kita bisa tahu kalau gula yang digunakan di tempat ini murni gula tebu asli, karena dikerumuni tawon (lebah).
Walaupun tempatnya sederhana, tapi tempat ini juga nggak pernah sepi pelanggan. Dan bahkan pas saya ke sini banyak pelanggan yang minum di tempat sekaligus membungkus untuk dibawa pulang ke rumah. Selain Es Campur, di sini juga menyediakan gorengan sebagai hidangan pelengkap.


Daftar-Menu-Es-Tawon-photo-by-feryarifian.com.jpg
Menu Es Tawon Kidul Dalem


Tempat ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore aja. Tapi saya saranin sih buat ke sini antara jam 12an, kan cocok tuh pas matahari lagi panas-panasnya trus minum es yang bikin tenggorokan lega.

Sebenarnya masih ada lagi kuliner es legendaris Kota Malang yang ingin saya explore lagi. Kira-kira ke mana lagi ya?

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar