Fakta Bahaya Mie Instan
Sabtu, 20 Mei 2017
ok nusantara
Bagikan

Fakta Bahaya Mie Instan

10 Fakta Mengerikan Seputar Mie Instan

1. Mengganggu metabolisme tubuh

1. Mengganggu metabolisme tubuh

Dampak makan mie instan jika dikonsumsi jangka panjang adalah metabolisme tubuh akan dapat terganggu. Sebab didalamnya terdapat seperti pengawet dan pewarna makanan yang tidak mampu dicerna oleh tubuh, sehingga terakumulasi menjadi racun berbahaya bagi konsumennya.

2. Penyebab obesitas

2. Penyebab obesitas

Kegemukan ini disebabkan oleh menumpuknya lemak dan sodium yang berasal dari mie instan yang masuk ke dalam tubuh namun tidak bisa diserap dengan baik. Penumpukan inilah yang menjadikan berat badan terus naik dengan cepat jika tidak diimbangi dengan olahraga dan memakan makanan yang bergizi.

3. Mengandung MSG Sodium

3. Mengandung MSG Sodium

Perlu diketahui bahwa Monosodium Glutamat (MSG) yang ada dalam satu kemasan mie instan ini cukup tinggi. Jika sering dikonsumsi akan menyebabkan alergi dengan berbagai gejala seperti sakit kepala, dada terasa panas terbakar, nafas sesak, sering haus, dan wajah memerah.

4. Propyleneglycol yang berbahaya

4. Propyleneglycol yang berbahaya

Propyleneglycolini merupakan bahan anti beku yang digunakan untuk menjaga mie instan supaya tidak kering. Mengkonsumsi mie instan secara berlebih berarti ikut membantu penumpukan zat ini di area ginjal, hati, dan liver. Akibatnya ketiga organ ini nantinya akan terganggu dan melemahnya imun tubuh.

5. Tidak baik untuk pencernaan

5. Tidak baik untuk pencernaan

Potensi pencernaan yang terganggu akan terasa jika mie instan sering dikonsumsi. Hal yang dirasakan biasanya lambung akan terasa nyeri, perut terasa begah, dan juga susah buang air besar.

6. Makanan junk food

6. Makanan junk food

Dinamakan junk food sebab makanan yang satu ini bersifat mengenyangkan juga kaya karbohidrat tanpa tambahan nutrisi lain seperti vitamin, serat, dan mineral. Bahkan junk food juga mengandung lemak jenuh dan tinggi kalori sehinggaakan berdampak buruk bagi kesehatan.

7. Penyebab kanker

7. Penyebab kanker

Pernahkah anda memakan mie instan dengan kemasan styrofoam? Ketahuilah bahwa styrofoam tersebut menjadi sarana penyebab kanker. Mengapa? Saat mie instan direndam dengan air panas kemudian zat kimia pada kemasan akan bereaksi ikut termakan bersama mie instant.

8. Penyerapan nutrisi terhambat

8. Penyerapan nutrisi terhambat

Memakan mie instan akan membuat tubuh membatasi proses penyerapan nutrisi makanan. Jika mie instant banyak di konsumsi oleh anak-anak maka, dampaknya akan sangat berbahaya, sebab anak-anak ini masih menjalani masa perkembangan dini.

9. Kandungan sodium

9. Kandungan sodium

Zat sodium yang ada di dalam mie instan juga  bisa menyebabkan beberapa penyakit kronis seperti darah tinggi, stroke, jantung, kerusakan dan fungsi ginjal. Semakin sering dikonsumsi maka tingkat penyakit ini juga akan semakin parah.

10. Penyebab keguguran

10. Penyebab keguguran

Selain itu, mie instan juga menjadi salah satu penyebab keguguran pada ibu hamil yang suka mengkonsumsinya. Janin dalam perut faktanya tidak mendapat asupan gizi yang tepat sehingga perkembangannya pun ikut terganggu. Meski tidak terjadi keguguran, nantinya jika telah lahir bayi akan terasa kurang sehat, atau bahkan lebih buruknya terkahir dalam kondisi cacat.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar