Fakta Dibalik Tongtoll Alat Transaksi di GTO yang Populer
Kamis, 14 September 2017
ok nusantara
Bagikan

Fakta Dibalik Tongtoll Alat Transaksi di GTO yang Populer

Sudah tahu belum soal tongtoll yang sedang jadi bahan perbincangan? Kamu yang biasa kemana-mana mengendarai mobil sendiri pasti tahu dong kalau dalam tahun semua toll akan menggunakan pembacaran elektronik. Makanya muncul alat ajaib yang bernama tongtoll.

Tongtoll ini diharapkan akan mempermudah pengemudi ketika harus membayar toll. Beberapa pengendara mengaku kesulitan ketika harus membayar dengan kartu elektronik. Banyak yang nggak sampai apalagi pengemudi model sedan. Inilah fakta-fakta soal tongtoll yang perlu kamu ketahui

Tongtoll dibuat untuk mempermudah pengemudi

tonggtoll

Menurut pengelola jalan toll, banyak pengemudi yang kesulitan ketika harus membayar toll di Gerbang Toll Otomatis. Pasalnya tinggi GTO ini kadang sulit untuk dijangkau. Tak jarang harus pengemudi yang harus keluar dari mobil terlebih dahulu. Hal inilah yang akhirnya membuat tongtoll tercipta.

Bentuk Tongtoll yang mirip dengan tepokan lalat

desain tongtoll yang mirip tepokan nyamuk

Kalau diperhatikan bentuk dari tongtoll ini akan mengingatkanmu pada tepokan lalat. Kalau kamu sering makan di warteg pasti pernah nih melihat tepokan lalat. Tongtoll memang didesain dengan gagang yang panjang karena tujuannya mempermudah pengemudi saat membayar.

Harga Tongtoll ada yang murah dan mahal

tongtoll yang harganya nggak murah

Nah kalau kamu berpikir Tongtoll itu aneh dan nggak guna kamu salah besar. Alasannya Tongtoll ini dijual dengan harga yang nggak murah lho. Ada Tongtoll yang harganya mencapai Rp 50 ribu, mahal kan? Tapi tenang masih ada kok Tongtoll yang murah harganya nggak lebih dari Rp 10 ribu.

Desain Tongtoll ada yang mirip dengan tongsis

tongtoll mirip dengan tongsis

Nah, coba sekarang perhatikan desain Tongtoll ini mirip sama tongsis kan? Memang iya sih apalagi Tongtoll yang harganya mahal. Tongtoll ini juga terbuat dari gagang besi yang bentuknya mirip sama tongsis.

Selain Tongtoll ada juga alat lain yang disebut dengan OBU

tongtoll obu

Sebelum kemunculan Tongtoll sebenarnya ada alat yang diberi nama On Board Unit atau OBU. Alat ini dikeluarkan oleh Bank Mandiri, bentuknya mirip dengan mesin EDC dan fungsinya pun untuk pembayaran. Sayangnya OBU ini harganya masih sangat mahal, makanya Tongtoll hadir untuk menjadi solusi.

Nah, buat kamu yang memang selalu menggunakan kendaraan pribadi mungkin juga haru membeli Tongtoll. Apalagi kamu yang sering kesulitan bertransaksi karena di bulan Oktober ini semua transaksi toll wajib menggunakan uang elektronik. Kalau sebelumnya hanya E-money atau E-toll dari Bank Mandiri, saat ini uang elektronik dari bank lain sudah bisa digunakan.

Jadi nggak ada lagi alasan untuk tidak menggunakan uang elektronik saat bayar toll. Proses pemabayaran menggunakan uang elektronik ini bisa menghemat waktu lho. Menurut pihak jalan toll satu kali transaksi menggunakan uang elektronik hanya membutuhkan waktu 3-4 menit saja. Jadi jelas kamu nggak perlu lagi mengantri sampai mengular.

Oh ya tapi tetap pastikan saldo di uang elektronikmu cukup untuk transaksi ya. Jangan sampai sudah masuk jalur GTO deh ternyata saldonya kurang atau bahkan ternyata tidak punya uang elektronik. Buat yang suka susah melakukan transaksi di GTO jangan lupa juga beli Tongtoll agar tak menghambat mobil yang ada dibelakangmu.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar