Fakta Menarik Dibalik Keganasan Bom Nagasaki Dan Hiroshima
Minggu, 05 November 2017
ok nusantara
Bagikan

Fakta Menarik Dibalik Keganasan Bom Nagasaki Dan Hiroshima

1. Bunga oleander

bunga oleander

Tahukah kamu tentang bunga oleander? Bunga ini merupakan bunga resmi kota Hiroshima. Alasan bunga tersebut menjadi ikon atau bunga resmi kota Hiroshima disebabkan karena bungan oleander merupakan tanaman yang yang pertama kali tumbuh dan mekar setelah dahsyatnya ledakan bom atom. Dalam bahasa Indonesia, bunga ini dikenal dengan nama Bunga Jepun dan ternyata mengandung racun yang sangat mematikan. Beberapa penyakit yang muncul akibat racun bunga olenader diantaranya muntah, diare, masalah sistem saraf pusat, bahkan juga penyakit jantung.

2. 12 Butir pil sianida

pil sianida

Menurut sumber terpercaya, saat misi pengeboman kota Hiroshima dan Nagasaki ternyata terdapat 12 pil sianida yang disimpan pada kokpit pesawat yang membawa bom atom tersebut. Konon, pilot yang membawa pesawat diperintahkan untuk mengambil pil tersebut andai saja misi yang diperintahkan gagal. Sianida sendiri merupakan racun mematikan dan bisa menghilangkan nyawa seseorang dalam hitungan detik saja. Bahkan, pil sianida ini banyak digunakan untuk membunuh para nazi Jerman yang terbukti bersalah. Wow, seram juga, ya!

3. Pohon ginkgo biloba

pohon ginkgo biloba

Ginkgo Biloba atau biasa disebut dengan pohon meidenhair merupakan malaikat pelindung bagi sebagian masyarakat Jepang saat bom atom meluluhlantakkan kota Hiroshima dan Nagasaki. Karena ada beberapa orang yang selamat dari bom tersebut berkat berlindung dibalik pohon tersebut. Pohon ginkgo biloba memang dikenal sebagai pohon yang memiliki kekuatan dan daya tahan yang luar biasa. Oh iya, pohon yang satu ini juga termasuk sebagai salah satu pohon tertua di dunia, lho!

4. Nasib korban yang selamat

korban bom hiroshima nagasaki

Korban selamat dari ledakan bom atom di kota Hiroshima diketahui berlindung dan mengungsi di dekat ruang bawah tanah dengan kedalaman sekitar 170 meter. Keadaan tersebut sangat menyedihkan dengan bekal dan fasilitas yang seadanya.


5. 49 Kali bom percobaan

bom di Jepang

Sebelum Amerika Serikat meluluhlantakkan kota Hiroshima dan Nagasaki, mereka sebelumnya telah melakukan percobaan dengan menjatuhkan 49 bom praktek yang disebut bom labu. Bahkan percobaan tersebut efeknya tak main-main, karna akibat bom labu tersebut menewaskan korban luka sebanyak 1.200 orang dan menewaskan sekitar 400 orang.

6. Hanya brankas bank yang berhasil selamat

fakta dibalik bom hiroshima nagasaki

Saat bom atom menghancurkan kota Hiroshima, salah satu benda yang selamat dari ledakan dasyat tersebut adalah brankas bank. Setelah proses evakuasi berlangsung, manajer bank tersebut mengirim surat ucapan selamat dan terimakasih kepada produsen brankas tersebut.

7. Sebagian awak pesawat tak mengetahui bahwa mereka akan menjalankan misi di Hiroshima

fakta dibalik bom hiroshima nagasaki

Diketahui bahwa saat itu hanya 3 orang dari 12 orang yang berada di pesawat yang mengetahui bahwa mereka akan menjalankan sebuah misi besar di kota Hiroshima. Sedangkan 8 orang lainnya yang berada dalam pesawat tidak mengetahui secara rinci tentang misi yang akan dijalaninya.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar