Fakta Soal Rusuh Puncak Yang Beredar Di Sosial Media
Jum'at, 13 Oktober 2017
ok nusantara
Bagikan

Fakta Soal Rusuh Puncak Yang Beredar Di Sosial Media

Rusuh Puncak terjadi di daerah Cianjur

rusuh puncak

Banyak yang menyangka kejadian rusuh Puncak terjadi di daerah Bogor. Ternyata setelah diselidiki kerusuhan ini terjadi di daerah Cianjur. Seperti yang dilansir dari Tribun Jabar, menurut Kasubag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspitalena kerusuhan yang terjadi bukan berada di wilayah Kabupaten Bogor. Lokasi kejadian ini berada di daerah Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur yang masih masuk jalur Puncak.

Alasan terjadinya kerusuhan adalah pedagang yang sedang protes

rusuh puncak

Berdasarkan informasi yang beredar kerusahan yang terjadi di daerah Ciloto, Cianjur ini terjadi karena pedagang yang protes. Sejumlah pemilik warung di daerah Ciloto ini meluapkan kekesalannya karena adanya penertiban. Pemilik warung-warung yang berada di daerah Ciloto protes karena ada penertiban yang dilakukan petugas Satpol PP.

Pembakaran di tengah jalan

rusuh puncak

Beberapa video yang beredar menunjukkan betapa menyeramkannya kejadian kerusahan ini. Tapi nyatanya kerusahan ini tidak sebesar yang beredar di sosial media. Pembakaran di tengah jalan ini memang dilakukan oleh pedagang yang warung-warungnya ditertibkan Satpol PP. Pedagang ini melakukan pembakaran kayu-kayu di tengah jalan.

Ratusan kios di pinggir jalan dibongkar

rusuh puncak

Kios atau warung di sepanjang jalan daerah Ciloto dibongkar paksa oleh Satpol PP. Kios yang sudah puluhan tahun berdiri ini memang ditertibkan karena sudah menyalahi aturan. Kebijakan penertiban yang dilakukan Pembkab Cianjut terhadap ratusan kios ini membuat banyak pedagang yang kecewa.


Bukan hanya pembakaran sempat terjadi pemblokiran jalan

rusuh puncak

Selain melakukan pembakaran di tengah jalan, pedangan yang kecewa juga sempat memblokir jalan. Hal ini lah yang menyebabkan lalu lintas terganggu. Bahkan sempat ada antrean panjang di sepanjang Jalur Puncak.

 

 

Kerusuhan tidak berkembang

rusuh puncak

Masyarakat sempat resah karena kerusuhan ini dikabarkan berkembang dan sampai ke wilayah yang lebih jauh. Tapi ternyata kerusuhan ini bisa sangat cepat ditangani oleh pihak berwajib. Jadi kabar yang beredar di sosial media ini tidak benar. Rusuh Puncak ini cepat ditangi oleh pihak berwajib.

Rusuh Puncak bisa diredam

rusuh puncak

Seperti yang dilansir dari Tempo.co pedagang-pedagang yang kecewa ini akhirnya diberikan waktu berdialog dengan petugas atau pejabat setempat. Petugas penegak peraturan daerah ini diberikan tenggang waktu hingga Selasa, yang bertepatan dengan dikeluarkannya surat peringatan ketiga.

Pembokaran kios dan warung di daerah Ciloto ini memang sempat membuah heboh sosial media. Tapi nyatanya kerusuhan ini tidak sebesar apa yang terlihat di sosial media kok. Pemkab Cianjur sendiri memilih untuk membongkar kios-kios ini karena kehadirannya bisa merusak salauran air dan jalan.

Sampai saat ini seperti yang telah diberitakan oleh Tempo.co, Pemkab Cianjur belum memiliki kebijakan lebih lanjut tekait dengan nasib para pedagang. Para pedagang ini memang mencari nafkah lewat berdagang di sepanjang jalur Puncak selama 8 tahun lebih.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar