Fenomena Unik Crown Shyness
Senin, 19 Februari 2018
ok nusantara
Bagikan

Fenomena Unik Crown Shyness

Crown shyness, fenomena ganjil di mana pepohonan enggan bersentuhan

Ketika pepohonan ditanam berdekatan, dahan-dahannya akan tumbuh saling berhimpitan dan jika sudah cukup rimbun akan menyatu seolah membentuk kanopi dedaunan. Ini adalah hal yang biasa terjadi. Namun dalam beberapa kesempatan ada kalanya ranting pepohonan saling menjauh. Inilah yang disebut fenomena crown shyness.

Dilansir Amusing Planet, crown shyness hanya terjadi pada beberapa spesies tumbuhan saja. Satu dari beberapa tempat di mana kita bisa menyaksikan fenomena alam adalah Forest Research Institute of Malaysia, Kuala Lumpur.

20180219103520-1-fenomena-crown-shyness-di-forest-research-institute-of-malaysia-kuala-lumpur-006-tantri-setyorini.jpg


Crown shyness terjadi sekelompok pohon dengan tinggi yang sama terpisah oleh celah. Celah di antara satu dahan dengan yang lainnya tampak begitu kentara. Fenomena ini biasanya terjadi pada pohon-pohon dari spesies yang sama. Namun dalam beberapa kesempatan juga terjadi pada pohon yang berbeda jenis.

20180219103521-2-fenomena-crown-shyness-di-forest-research-institute-of-malaysia-kuala-lumpur-005-tantri-setyorini.jpg


Keganjilan crown shyness telah dibahas dalam berbagai literatur ilmiah sejak tahun 1920-an. Namun hingga saat ini masih belum bisa dipastikan penyebabnya.

20180219103521-3-fenomena-crown-shyness-di-forest-research-institute-of-malaysia-kuala-lumpur-006-tantri-setyorini.jpg


Ada beberapa teori mengenai penyebab crown shyness yang dikemukakan oleh para peneliti. Salah satu menyebutkan celah di sekitar dahan berdaun disebabkan karena kerusakanranting dan cabang yang terjadi saat badai dan angin kencang. Seorang ilmuwan Malaysia yang mempelajari spesies Dryobalanops aromatica mengatakan bahwa dahan yang tumbuh sangat peka terhadap tingkat cahaya dan berhenti berkembang saat mendekati dedaunan dari ranting yang berdekatan dengannya.

20180219103521-4-fenomena-crown-shyness-di-forest-research-institute-of-malaysia-kuala-lumpur-006-tantri-setyorini.jpg


Ada juga hasil penelitian yang mengindikasikan bahwa dahan-dahan pohon yang mengalami fenomena crown shyness sebenarnya tengah menjalankan mekanisme pertahanan diri dengan tumbuh menjauhi dahan pohon lain. Tujuannya adalah mencegah penyebaran larva serangga pemakan daun dari pohon lain.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar