Festival Kebudayaan Batam
Selasa, 13 Februari 2018
ok nusantara
Bagikan

Festival Kebudayaan Batam

Mengenal Batam Lebih Dekat Lewat 3 Festival Kebudayaan Ini

1. Festival Kenduri Seni Melayu

kenduri


Bagi kamu yang ingin mendalami seni dan budaya Melayu, wajib hadir di acara yang satu ini. Festival yang digelar setiap bulan November-Desember tersebut menghadirkan Mak Yong; sebuah seni teater khas Melayu yang kini jarang ditampilkan di tengah masyarakat umum.

Selain Mak Yong, kamu juga akan menikmati beragam pertunjukan kreatif seperti pembacaan puisi, lagu Zapin, Dondang Sayang Mambo, Rampak Madani, dan joget Lambak. Tak hanya itu, Festival Kenduri juga akan disemarakkan oleh pawai budaya dari suku-suku lain yang ada di Indonesia. Wah, benar-benar menggambarkan wajah 'Bhinneka Tunggal Ika' Indonesia, ya.

Uniknya lagi, acara ini tak hanya milik warga Melayu Batam dan Riau, tetapi juga menjadi hajatan bersama masyarakat Melayu secara umum, termasuk juga yang ada di negera tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Bahkan, negara tetangga lain seperti Singapura, Thailand, dan Vietnam juga tak ketinggalan berpartisipasi.

2. Festival Kampung Terih

kampung-terih


Kampung Terih merupakan sebuah Kampung Melayu Pesisir yang berada di Kecamatan Nongsa, tak jauh dari Batam Centre. Dulunya, kawasan tersebut hanya sebatas kampung tua dengan corak kehidupan masyarakatnya yang berprofesi sebagai nelayan. Namun, sejak beberapa tahun yang lalu, berkat inisiatif dari Penjelajah Alam Kepri (PARI) dan masyarakat setempat, lokasi ini dikembangkan menjadi kampung ekowisata. Sebuah kampung yang telah memiliki pesona wisata pantai, mangrove, budaya dan sejarah, dan wisata edukasi.

Kini, setiap tahunnya selalu digelar Festival Kampung Terih yang kerap dibanjiri wisatawan. Festival ini tergolong cukup unik, karena kamu akan diajak berinteraksi langsung dengan alam dan budaya setempat. Kamu bisa ikut menari atau bermain gasing, atau memilih menikmati pesona wisata pantai dan hutan mangrove di sekitarnya. Satu hal lagi, jangan lupa untuk mencicipi sajian kuliner khasnya yang dijamin lezat dan menggugah selera.

3. Festival Batam International Culture Carnival

BICC


Menjelang hari ulang tahun Kota Batam, terdapat gelaran festival yang juga tak boleh kamu lewatkan. Festival berskala internasional ini akan menampilkan peragaan kostum budaya hasil karya seniman nusantara dan seniman mancanegara. Tercatat, sebanyak 127 kostum akan diperagakan, termasuk peserta dari Jember Fashion Carnival dan Solo Batik Carnival.

Tak hanya itu, parade ini juga akan disemarakkan oleh adanya Mak Yong, Sangsapurba, Regalia atau Cogan, Seafood Paradies, dan parade kesenian nusantara. Beragam tarian tradisional, seperti Rentak Melayu, Gending Sriwijaya, Ogoh-Ogoh Bali, Tari Dayak, Reog Ponorogo, Barong, Kereta Kencana, dan Tari Piring juga bisa kamu nikmati di acara ini.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar