Game Horor Paling Menyeramkan Sepanjang Masa
Jum'at, 12 Mei 2017
ok nusantara
Bagikan

Game Horor Paling Menyeramkan Sepanjang Masa

10. Dead Space (PC, PS3, Xbox 360)

Dead Space

Dirilis pada 2008 silam oleh Electronic Arts, Dead Space menjadi salah satu game horror paling menyeramkan yang pernah ada. Berbeda dengan game horror lainnya, Dead Space justru mengusung storyline survival horror yang mengambil setting di luar angkasa. 

Nuansa `science-horror` yang begitu kental sangat terasa ketika pemainnya harus menjelajahi sebuah spacecraft (pesawat luar angkasa) raksasa yang tidak berpenghuni. Selain itu, hadirnya Necromorphs (sebutan monster alien yang ada di game ini) menjadi sosok provokatif yang mampu membuat pemainnya ketar-ketir.

9. Silent Hills (PS4)

Silent Hills - P.T.

Meski hanya memiliki embel-embel `P.T.` atau Playable Trailer, popularitas Silent Hills menyaingi seri orisinilnya sendiri. Sayangnya, proyek pengembangan game yang dibesut oleh Hideo Kojima (director Metal Gear Solid) dan sutradara horror kondang Guillermo Del Toro ini kandas di tengah jalan.

Silent Hills merupakan seri game terbaru Konami yang menampilkan gameplay survival horror dan juga memadukan cara pandang karakter first person. Playable teaser-nya bisa dibilang sangat mengerikan dan sudah mampu memberikan pandangan kepada gamer bahwa Silent Hills bisa menjadi salah satu game yang (seharusnya) sangat menjanjikan untuk dirilis. 

Durasi game ini terbilang sangat pendek (ya, karena mungkin hanya demo). Anda sebagai pemain akan `dikurung` di sebuah rumah dan mengitari koridor secara terus menerus untuk menguak misteri apa yang sedang terjadi di rumah tersebut. Bayangkan, Anda harus menelusuri koridor yang tadinya terang benderang, perlahan-lahan lampu yang ada di koridor tersebut mati satu persatu dan Anda tahu bahwa Anda tidak sendiri di rumah tersebut.

8. Siren: Blood Curse (PS3)

Siren: Blood Curse

Siren juga menjadi salah satu game horror yang berbeda karena mengusung storyline dengan latar mitos masyarakat tradisional Jepang. Uniknya, di game ini terdapat beberapa karakter yang bisa dimainkan dengan latar cerita yang berbeda-beda. 

Game ini juga menitikberatkan ke titik paling lemah yang dialami karakternya, sehingga mampu menciptakan atmosfer kepanikan tersendiri bagi para pemainnya. Yang artinya, Anda tidak akan bisa melawan makhluk halus yang ada di game ini. Melainkan, Anda hanya bisa bersembunyi atau kabur.

7. Silent Hill 4: The Room (PS2)

Silent Hill 4: The Room

Seri keempat dari Silent Hill ini masuk ke peringkat ketujuh jajaran game paling mengerikan sepanjang masa. Meski memang tidak mendulang sukses seperti sekuel pendahulunya, aura `horror` yang begitu orisinil sangatlah bisa dirasa lewat gameplay yang ditawarkan. Selain itu, environment (lingkungan) serta hadirnya para makhluk menyeramkan nan surreal menambah bumbu keabsurdan Silent Hill 4 menjadi lebih gurih.

Silent Hill 4 bercerita tentang seorang pria yang bernama Henry Townshend yang mana mendapati dirinya terkurung di sebuah kamar apartmennya. Anehnya, ia malah menemukan jalan keluar lewat kamar mandi yang mana dapat menggiringnya ke sebuah dunia mengerikan yang tak akan pernah ia duga.

6. Resident Evil (PS1, Gamecube, Xbox One, PS4)

Resident Evil

Seri Resident Evil (RE) ini merupakan awal mula dari semua seri game RE lainnya. Dirilis pada tahun 1996 untuk konsol PS 1. Dengan grafik yang cukup baik dan storyline yang cukup menjanjikan pada masanya, RE menjadi game survival horror pertama yang menyajikan gameplay yang begitu menarik. 

Lucunya, game ini memiliki voice acting yang cukup buruk. Namun, banyak fans RE yang masih memperbincangkan hal ini sampai sekarang dan menjadi salah satu ciri khas dari game ini.

RE telah di-remake ke konsol Nintendo Gamecube pada tahun 2002, dan pada tahun ini RE versi remake tersebut telah di-remaster secara ekslusif untuk PC, PS 4 dan Xbox One.

5. Clock Tower (PC, Nintendo)

Clock Tower

Seri pertama Clock Tower tentunya menjadi `mimpi buruk` para gamer di era 1990-an silam. Meski berbalut tampilan grafis 2D yang sangat sederhana, game ini mampu menciptakan atmosfer horror yang super mencekam, semua itu berkat apiknya storyline yang dikemas oleh developer game ini. 

Clock Tower mengusung gameplay point and click, dimana para pemain bisa mengontrol Jennifer (karakter utama Clock Tower) untuk menelusuri mansion tua yang dihuni oleh monster yang disebut Scissor Man.

4. Alone In The Dark (PC)

Seri klasik Alone in The Dark dirilis pada tahun 1992 oleh Infogrames untuk PC. Seri pertama Alone in The Dark ini menjadi yang perdana menggunakan latar karakter polygonal dengan environment 2D pre-rendered, sehingga menciptakan tampilan grafis 2D yang dinilai canggih pada masanya. 

Di game ini, terdapat dua karakter; Edward Carnby dan emily Hartwood yang terjebak di dalam sebuah mansion tua Derceto, mereka harus melawan kekuatan supernatural mengerikan mengisi rumah tersebut yang dapat mengancam kehidupan mereka.

Alone in The Dark

Alone in The Dark sendiri mendulang popularitas yang cukup besar di era awal 1990-an, bisa dibilang, game ini termasuk pionir game horror yang mampu `memperketat` eksistensi genre horror di ranah video game.

3. Amnesia: The Dark Descent (PC)

Amnesia: The Dark Descent

Menduduki peringkat ketiga, Amnesia: The Dark Descent menjadi salah satu game horror first person yang mampu mengguncang kancah game horror dunia. Meski tergolong baru dan dirilis pada September 2010 silam, game ini telah dimainkan jutaan gamer PC dari seluruh dunia dan digadang-gadang menjadi salah satu game yang tidak boleh dimainkan oleh pemain yang memiliki keadaan lemah jantung.

Amnesia mengambil setting lokasi di London, 1839, dimana karakter utamanya -- Daniel, terbangun di sebuah ruangan gelap di kastil Prussian Brennenburg dengan keadaan amnesia. Ia pun harus menjelajahi seisi kastil agar dapat mengetahui apa yang membuatnya lupa ingatan dan siapakah dirinya yang sebenarnya.

Kengerian Amnesia terletak di mana karakternya `terancam` oleh para makhluk halus dan tidak dapat berkutik. Disitulah para pemain harus memutar otak apa memang harus melawan, kabur, diam, atau dibunuh.

2. Fatal Frame 2: Crimson Butterfly (PS2)

Fatal Frame 2

Tak mungkin bila rasanya seri kedua dari Fatal Frame ini tidak masuk ke deretan game horror paling mengerikan di sepanjang masa. Meski seri pertama juga cukup `mengacak-acak` jantung pemainnya, seri kedua dinilai paling mengerikan dari semua seri yang pernah ada.

Dirilis oleh Tecmo pada 2003 silam, Fatal Frame bercerita tentang saudara kembar Mio dan Mayu yang tersesat di sebuah desa yang tidak berpenghuni. Di sana, mereka menemukan banyak kejanggalan dan diancam oleh para makhluk halus yang ternyata mengisi desa tersebut. Berbekal kamera obscura, mereka harus menghabisi makhluk gaib tersebut dengan memotretnya demi bisa bertahan hidup.

Unsur horror Jepang begitu terasa nyata di game ini. Fatal Frame bisa dibilang merupakan gabungan dari film Ju-On, Kairo, The Ring, yang mana menghadirkan elemen terror yang begitu nyata bagi para pemainnya. Latar suara dan tempat pun menjadi bumbu utama di game ini sehingga membuat Fatal Frame 2 menjadi game horror yang tidak mudah untuk dilupakan.

1. Silent Hill (PS1)

Silent Hill

Silent Hill menduduki posisi jawara game horror paling mengerikan sepanjang masa. Tanpa berpanjang lebar, bagi Anda gamer yang maniak main game horror atau gamer yang tidak biasa memainkan game horor, pasti semua dari Anda pernah memainkan (atau mencoba) game besutan Konami ini.

Silent Hill menceritakan kisah seorang pria -- Harry, yang harus mencari anaknya tersesat di sebuah kota yang tidak berada di peta yang disebut Silent Hill. Disitulah Harry menemukan banyak makhluk menyeramkan dan ia harus mengupas tuntas apa kaitan Silent Hill dengan kehilangan anaknya tersebut.

Game ini tak sekadar menghadirkan ragam monster yang mengerikan, atau storyline apik yang begitu kompleks ala film horror Hollywood, namun Konami mampu mengemas Silent Hill menjadi game yang mampu mengusung unsur `cult` yang begitu kental.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar