Garuda Wisnu Kencana Bali
Senin, 20 Februari 2017
ok nusantara
Bagikan

Garuda Wisnu Kencana Bali

Tentang Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park

img-1487562256.jpg

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah sebuah kompleks taman budaya seluas ± 60 ha dengan patung Garuda dan Wisnu sebagai objek utamanya yang memiliki tinggi jika sudah jadi sekitar 120 meter dengan bentang sayap Garuda sekitar 60 meter serta akan menjadikannya sebagai patung terbesar di dunia. Walaupun tidak 100% rampung namun kompleks taman budaya ini telah menyajikan wisata terpadu yang sangat lengkap yang mempresentasikan Bali secara menyeluruh. Mulai dibangun pada tahun 1997 dan beroprasi pada 2003, taman budaya Garuda Wisnu Kencana di kelola oleh PT Alam Sutera Realty, salah satu perusahaan properti terkemuka di Indonesia.

Garuda Wisnu Kencana sendiri digagas pembangunannya oleh Bapak I Nyoman Nuarta, beliau adalah salah satu seniman patung ternama di Indonesia. ide tentang patung GWK diambil dari kisah Pengorbanan, Keberanian, dan Kehormatan sang Garuda. atas tindakannya itu ia lalu diberi kehormatan oleh Dewa Wisnu sebagai kendaraannya, diangkat derajatnya menjadi Dewa, Hidup Abadi dan diangkat menjadi raja dari semua burung di muka bumi.

Setelah membahas asal usul dan sejarah GWK mari kita melihat lebih jauh tentang kompleks taman budaya ini lebih detail. Karena dibangun dengan perencanaan yang baik, begitu anda memasuki kawasan GWK, kemegahan akan anda rasakan seperti taman dan berbagai jenis struktur bangunan yang bernilai seni tinggi. Memasuki area wisata GWK baru anda akan menemukan banyak hal luar biasa lainnya dimana taman budaya ini dijadikan sebagai tempat yang tepat untuk taman budaya terpadu khususnya tentang Bali.

img-1487562411.jpg

Karena Kawasan wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) ini sangat luas anda tidak perlu terburu-buru untuk melihat langsung patung GWK nya karena masih banyak hal yang bisa anda lihat disini. Berjalan-jalanlah keliling kompleks dari sudut ke sudut, Setelah puas maka langkahkan kaki anda ke objek utama wisata ini yaitu patung Garuda dan Wisnu yang terdapat di bagian atas. Dengan melihat patung-patung setengah jadi itupun anda akan berdecak kagum dan tidak bisa membayangkan bagaimana megahnya nanti jika patung-patung tersebut tersusun secara sempurna, nikmatilah setiap lekuk detail pada patung tersebut, anda akan langsung tahu jika seniman yang membuat patung ini adalah seniman berkelas dunia.

Di kawasan itu terdapat juga Patung Garuda yang tepat di belakang Plaza Wisnu adalah Garuda Plaza di mana patung setinggi 18 meter Garuda ditempatkan sementara. Pada saat ini, Garuda Plaza menjadi titik fokus dari sebuah lorong besar pilar berukir batu kapur yang mencakup lebih dari 4000 meter persegi luas ruang terbuka yaitu Lotus Pond. Pilar-pilar batu kapur kolosal dan monumental patung Lotus Pond Garuda membuat ruang yang sangat eksotis. Dengan kapasitas ruangan yang mampu menampung hingga 7000 orang, Lotus Pond telah mendapatkan reputasi yang baik sebagai tempat sempurna untuk mengadakan acara besar dan internasional.

Terdapat juga patung tangan Wisnu yang merupakan bagian dari patung Dewa Wisnu. Ini merupakan salah satu langkah lebih dekat untuk menyelesaikan patung Garuda Wisnu Kencana lengkap. Karya ini ditempatkan sementara di daerah tirta agung.

img-1487562470.jpg

img-1487562500.jpg

img-1487562541.gif

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar