Hal Menarik yang Ada di Kota Manado
Kamis, 08 Maret 2018
ok nusantara
Bagikan

Hal Menarik yang Ada di Kota Manado

Hal Menarik yang Ada di Kota Manado

1. Bahasa daerah

hal menarik di Manado

Indonesia terkenal akan keanekaragaman budaya yang dimiliki di setiap daerah. Tentu hal ini sangat menguntungkan bagi masyarakat berbeda pemahaman untuk saling melengkapi satu sama lain. Kita dapat saling belajar untuk melestarikan budaya dengan mempelajari budaya tersebut dan menjaga sisi moral maupun etiket baik bagi negara sendiri di mata dunia.

Sebagai salah satu kotamadya di Sulawesi Utara, Manado memiliki kekhasan pada bahasanya. Bahasa Manado memiliki kata serapan dari Bahasa Portugis. Pada zaman dahulu, orang Portugis berada di Tondano untuk menjajah daerah tersebut dan mendapat penerimaan budaya dari masyarakat. Bahasa Manado juga memiliki kemiripan dengan Bahasa Maluku maupun daerah lain yang ada di Timur Indonesia.

2. Semboyan daerah

Hal menarik di Manado

Semboyan kota Manado adalah Si Tou Timou Tumou Tou yang berarti cara hidup seorang manusia yang harus sesuai dengan aturan dan perilaku yang baik. Jika menelisik semboyan masyarakat Manado yaitu Torang Samua Basudara yang berarti sama seperti Bhinneka Tunggal Ika milik negara kita. Hal ini dapat dilihat dari warga Manado yang saling menyapa jika berpapasan dan akrab satu sama lain.

Jika kita tinggal di sana dan memiliki banyak tetangga, maka mereka akan bercengkrama dengan kita dan saling bersosialisasi untuk mendekatkan hubungan ke arah yang lebih baik. Maka rasa sebagai makhluk sosial akan lebih hidup dan tidak ada sikap individualisme.

3. Wanita berparas cantik

Hal menarik di Manado

Wanita Indonesia tak kalah cantik dengan wanita luar negeri. Hal ini dapat dilihat dari akulturasi budaya dari percampuran ras asing dengan pribumi di Indonesia. Wanita di daerah ini dahulunya ada pernikahan dengan bangsawan Belanda sehingga terjadi gen yang menyebabkan keturunan berwajah paras dan cantik tumbuh semakin banyak.

Mungkin itulah satu-satunya kenapa daerah ini bersaing ketat dengan Kota Bandung dan Padang dalam urusan kecantikan para wanitanya. Para pria mungkin akan sangat takjub dan ingin mencari wanita dari daerah tersebut.

4. Makanan khas

makanan khas Manado

Makanan khas Manado terkenal dengan pedasnya dan variasi yang aneh untuk dicoba. Seperti halnya paniki, makanan ini berasal dari kelelawar dan dibakar ataupun digoreng. Lalu ada juga ikan cakalang asap atau fufu yang menjadi makanan wajib bagi orang Manado. Mereka sangat suka sekali dengan makanan tersebut dan jadi salah satu makanan pokok bagi masyarakat di sana.

5. Pulau Bunaken

Pulau Bunaken Manado

Pulau Bunaken menjadi salah satu primadona yang dimiliki Indonesia. Banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Tak lain karena keindahan dan keanekaragaman biota laut yang sedap untuk dipandang. Jika kita ingin ke pulau ini maka harus menyeberang terlebih dahulu dengan kapal sambil memandang ke bawah melalui kaca transparan untuk memandang pesona laut.

6. Gaya hidup yang mewah

gaya hidup di Manado

Gaya hidup di kota ini sangatlah berbeda dari daerah lain. Jika kita ke mall di kota ini, maka akan terlihat beberapa penampakan aneh. Kakek maupun nenek terlihat fashionable, mereka memakai perhiasan hingga baju anak muda yang terlihat modis untuk dipandang. Gengsi yang ada pada orang lansia tersebut tentu sangat tinggi dan tidak baik untuk diikuti seluruhnya.

Begitu juga dengan anak muda di sini. Mereka terlihat lebih gaul dan sangat mudah bersosialisasi. Mereka tak sungkan untuk mengajak kenalan orang asing maupun orang yang langsung berpapasan. Berbeda dengan di Jakarta yang masih malu-malu jika berkenalan dengan orang yang baru dikenal.

7. Angkutan kota yang trendi

angkot di Manado

Angkutan kota di setiap negara pasti memiliki ciri khas masing-masing. Di Indonesia, angkutan kota yang paling banyak dijumpai adalah mikrolet. Setiap daerah di Pulau Jawa hingga Sulawesi pasti terdapat mikrolet. Di Manado, mikrolet ini sungguh berbeda dari Jakarta misalnya. Posisi tempat duduk yang ada di dalam mikrolet berada dalam beberapa baris dan seperti mobil pribadi pada umumnya. Sedangkan di Jakarta, tempat duduk mobil menempel atau berada di pinggir.

Hal lain yang patut dilihat adalah suasana mikrolet yang terlihat sangat trendy. Para sopir biasanya memasang music player di dalamnya dan beberapa lampu hias untuk dijadikan gaya kekinian. Musik yang terdapat dalam mikrolet juga bermacam-macam dari lagu daerah hingga luar negeri. Tarif yang ditawarkan mikrolet ini juga tergantung jarak dengan trayek yang panjang, tidak seperti di Kota Jakarta.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar