Hewan yang Dimanfaatkan Untuk Perang
Jum'at, 07 April 2017
ok nusantara
Bagikan

Hewan yang Dimanfaatkan Untuk Perang

10 Hewan yang Dimanfaatkan Untuk Perang

1. Kelelawar

Kelelawar

Kemarahan negara AS atas serangan Jepang ke Pearl Harbor manjadikan suatu ide tersendiri untuk memasang bom dengan bantuan kelelawar. Percikan api diperkirakan bisa dipicu untuk aksi pembakaran kota-kota yang ada Jepang ketika kelelawar ini sedang bertengger di atap bangunan.

Akan tetapi rencana ini sempat batal, karena pada saat uji coba banyak kelelawar yang tidak kooperatif dan melarikan diri. Sampai sekarang para ilmuwan Pentagon masih terus mempelajari cara mekanisme terbang kelelawar ini untuk dijadikan suatu alat yang digunakan sebagai mata-mata.

2. Unta

Unta

Pernah terjadi di masa lampau, unta ini banyak dimanfaatkan di kompleks panas dan kering seperti di Timur Tengah dan Afrika Utara. Sebab hewan ini mempunyai kelebihan bertahan dalam kondisi ekstrem dan juga seringkali hidup tanpa air, oleh karena itu banyak negara-negara yang memanfaatkan unta sebagai salah satu alternatif dalam berperang.

3. Lebah

img-1491532897.jpg

Sengat pada lebah dapat dimanfaatkan sebagai senjata mematikan. Pada zaman dulu, pernah tentara Yunani dan Roma menggunakan lebah untuk menghalangi para musuhnya. Penggunaan lebah berlanjut hingga abad pertengahan, Perang Dunia I, dan juga Perang Vietnam. Ilmuwan asal Amerika beberapa waktu lalu juga pernah meneliti bahwa lebah juga mampu mendeteksi ranjau darat.

4.Singa Laut

Singa laut

Mamalia yang satu ini dapat melihat dalam kondisi minim penerangan dan juga mendengar di bawah permukaan air. Selain itu, singa laut juga mampu berenang mencapai 40 km/jam sekaligus menyelam hingga 300 meter dalamnya. Dengan kemampuan yang di miliki singa laut ini akhirnya angkatan laut Amerika melatihnya untuk menandai sebuah ranjau.

5. Merpati

Merpati

Hewan yang satu ini juga mempunyai kemampuan navigasi sehingga dapat kembali pada sarangnya walaupun sudah menempuh perjalanan jarak ratusan kilometer. Puncak paling terkenal pada penggunaan merpati ini terjadi ketika Perang Dunia I, yakni pada saar tentara sekutu memanfaatkan 200.000 merpati untuk dijadikan keperluan komunikasi. Salah seekor burung merpati yang bernama Cher Ami ini pernah mendapat penghargaan pasca mengirim sebanyak 12 pesan untuk benteng di Verdun, Prancis. Seiring berkembangnya teknologi, akhirnya penggunaan merpati ini semakin berkurang dan akhirnya punah.

6. Lumba-Lumba

Lumba-Lumba

Lumba-lumba tentu saja mempunyai sonar biologis yang mampu mendeteksi ranjau berdasarkan konsep gema. Ketika masa Perang Teluk dan Perang Irak berlangsung, hewan ini milik angkatan laut ikut serta berpartisipasi membersihkan pelabuhan Umm Qasr dari ranjau.

7. Gajah

Gajah

Siapa sangka hewan bertubuh besar ini tidak memiliki kemampuan. Gajah ini dapat menginjak para musuhnya, menusukkan gading, serta melempar orang menggunakan belalainya. Pernah terjadi pada kerajaan kuno di India yang menjinakkan gajah. Namun, kemampuan ini kemudian menyebar luas ke Persia dan juga Timur Tengah. Alexander Agung yang pernah menjumpai para pasukan gajah ketika mencoba menaklukan suatu daerah. Kuda yang mereka tunggangu seringkali takut karena bau dari gajah.

8. Keledai

Keledai

Memang tidak sehebat hewan perang lainnya, namun jika tidak ada keledai maka ribuan pasukan akan banyak yang menderita. Pasalnya, keledai didaulat untuk membawa perabotan makanan, bahkan ada juga alat persenjataan serta barang-barang militer yang diangkut oleh hewan ini.

9. Anjing

img-1491532774.jpg

Penduduk di Spanyol memanfaatkan anjing yang dibekali alat persenjataan ketika sedang menaklukan Amerika pada abad ke-16. Hewan ini juga berperan besar selama konflik yang terjadi pada abad pertengahan di Eropa. Di masa modern anjing memiliki tugas untuk mendeteksi bom dengan indera penciuman mereka yang sangat tajam. Berbeda dengan di Irak dan Afghanistan, para pasukan anjing militer ini difasilitasi rompi antipeluru demi menjamin keamanan selama bertugas.

10 Kuda

img-1491532765.jpg

Kalau yang ini sudah jelas. Kuda di masanya pernah dijadikan alat untuk perang dalam melawan musuhnya. Biasanya kuda ini dibekali pelindung dibagian kepala dan badannya supaya ketika ada serangan yang mengancam, bagian tubuh tersebut dapat terlindungi.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar