Ide Bisnis Ramadhan Ini Bisa Jadi Peluang Usaha yang Menguntungkan
Senin, 07 Mei 2018
ok nusantara
Bagikan

Ide Bisnis Ramadhan Ini Bisa Jadi Peluang Usaha yang Menguntungkan

15 Ide Bisnis Ramadhan Ini Bisa Jadi Peluang Usaha yang Menguntungkan

1. Bisnis kue lebaran

ide bisnis ramadhan

Apa lagi yang identik dengan Lebaran kalau bukan kue? Nah, menjelang lebaran kali ini, kamu bisa memanfaatkan ide bisnis yang pasti bisa meraih banyak keuntungan dengan berjualan kue. Biasanya, setiap umat Muslim yang merayakan Lebaran akan menyiapkan hidangan kue kering di meja tamunya. Untuk kamu yang hobi masak atau bikin kue, jangan lupa nih untuk coba membisniskan hobimu tersebut.

2. Kreasi ucapan lebaran

bisnis di bulan ramadhan

Kue lebaran biasanya nggak cuma hidangan untuk hiasan di rumah aja, tapi juga untuk diberikan ke sanak keluarga. Tentunya, pasti diiringi dengan memberikan kartu ucapan lebaran, dong? Nah, biar anti mainstream, terutama diberikan dari pasangan-pasangan muda, kamu bisa kreasiin idemu untuk membuat ucapan Lebaran. Biasanya, kartu ucapan lebaran yang tersedia di toko buku atau supermarket berdesain sederhana. Dengan bantuan sedikit desain dari Adobe Photoshop, kamu pasti bisa membuat desain yang lebih unik dan keren lagi.

3. Bisnis Parcel

bisnis di bulan ramadhan

Selain berkirim kue lebaran, biasanya banyak juga yang mengirimkan Parcel ke sanak saudara atau rekan kerja. Tanpa keahlian khusus, kamu bisa bisnis parcel dengan nge-mix and match makanan yang ada di minimarket atau supermarket nih. Kalau kamu punya kenalan yang berbisnis kue lebaran juga bisa diajak kerja sama.

4. Bunga

peluang usaha di bulan ramadhan

Menjelang lebaran, florist atau tukang bunga juga pasti akan kecipratan keuntungan dari bisnis tersebut. Biasanya, bunga dikirimkan bersama dengan parcel atau kue lebaran untuk mempercantik dekorasi ruangan keluarga. Bukan cuma untuk wisuda atau hari spesial untuk kekasih aja, sah-sah juga lho memberikan bunga untuk keluarga atau teman dekat saat lebaran nanti.

5. Dokumentasi acara

ide bisnis ramadhan

Sudah menjadi tradisi bahwa Lebaran merupakan momen untuk bersilaturahmi keluarga. Untuk kamu yang lagi merantau atau jauh dari keluarga, atau bahkan nggak merayakan Lebaran, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk mendokumentasikan acara keluarga dengan kemampuan fotografimu. Daripada kamu Lebaran sendirian di kosan, mendingan kamu berbisnis, kan?

6. Dekorasi lebaran

ide bisnis dan peluang usaha ramadhan

Selain dokumentasi, dekorasi Lebaran juga menjadi bisnis yang akan membludak menjelang Lebaran nanti, apalagi untuk keluarga jauh yang hanya berkesempatan untuk berkelumpul di bulan Ramadhan atau saat Lebaran. Sekedar backdrop atau dekorasi meja makan pasti jadi incaran deh!

7. Jasa penitipan hewan peliharaan

bisnis di bulan ramadhan

Rasanya nggak mungkin kan membawa hewan peliharaan untuk pulang kampung? Mulai dari nggak memungkinkan untuk transportasinya, plus, kamu harus siap sedia kandang dan berbagai perlengkapan lainnya. Makanya, menjelang Lebaran, pasti bisnis jasa penitipan hewan peliharaan bakalan membludak. Buat kamu pecinta hewan dan kebetulan nggak mudik, kamu bisa manfaatin kesempatan yang satu ini nih!

8. Jasa sewa mobil

peluang usaha di bulan ramadhan

Kamu mau mudik naik transportasi umum? Daripada mobilmu ditinggal di rumah, lebih baik kamu manfaatkan untuk jasa sewa mobil. Saat Lebaran, selain banyak yang pulang ke kampung halaman pasti banyak pula yang berkunjung ke kota besar untuk berlibur. Jadi, kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk membisniskan kendaraanmu deh.

9. Jasa titip oleh-oleh

ide usaha lebaran

Zaman sekarang ini sudah mulai banyak jasa titip atau yang biasa disebut dengan jastip. Nah menjelang bulan Ramadhan ini nggak ada salahnya kalau kamu membuka jasa titip oleh-oleh. Apalagi kalau kamu hobi traveling atau sering tugas ke luar kota. Bulan Ramdhan ini pasti banyak banget orang yang kangen sama kampung halaman nih jadi ide bisnis ini bisa dicoba.

10. Katering khusus untuk sahur

bisnis saat lebaran

Banyak orang yang malas untuk masak sahur hal ini bisa kamu manfaatkan jadi peluang usaha nih. Usaha dadakan katering khusus untuk sahur ini pasti banyak peminatnya. Apalagi kalau kamu tinggal di kosan pasti ada saja nih orang-orang yang malas untuk beli makanan ke luar. Kalau kamu jago masak nggak ada salahnya untuk mencoba membuka usaha katering untuk sahur. Nggak perlu yang ribet kamu cukup membuat masakan yang sederhana tapi lengkap.

11. Jasa bersih-bersih rumah

ide usaha saat ramadhan

Walaupun lebih banyak punya waktu luang orang-orang lebih cenderung malas untuk bersih-bersih rumah. Kamu bisa saja nih membuka jasa bersih-bersih rumah bareng sama teman atau bisa juga kamu mengkoordinir. Caranya gampang banget kamu tinggal tanya siapa saja yang bisa ikutan usaha yang satu ini. Ide usaha ini juga modalnya kecil, kamu hanya perlu membayar orang saja.

12. Jasa tukar uang receh

peluang usaha ramadhan

Lebaran identik dengan THR atau ampolop untuk ponakan, sepupu, atau saudara lainnya. Nah biasanya di hari-hari menjelang Ramadhan banyak orang yang mulai mencari uang baru atau receh. Bank pun biasanya penuh makanya banyak yang malas, kesulitan ini bisa kamu manfaatkan nih lumayan banget kan kamu hanya perlu waktu saja untuk antri.

13. Jasa suster dan ART infal

jasa infal

Kalau kamu punya banyak kenalan suster atau ART bisa nih kamu koordinir untuk bisnis jasa infal. Ya seperti yang kamu tahu bulan Ramadhan ini pasti banyak banget keluarga yang ditinggal si mbak pulang kampung. Makanya tenaga infal ini jadi ladang bisnis yang subur banget.

14. Katering hidangan khas Lebaran

makanan sahur

Menu favorit lebaran seperti rendang, opor, dan ketupat memang nggak pernah absen dari meja makan. Sekarang ini banyak loh yang malas masak saat Lebaran. Misalnya saja rendang yang butuh proses panjang, nggak ada salahnya kalau kamu mencoba bisnis katering hidangan khas Lebaran. Kalau kamu nggak jago masak kamu bisa tanya-tanya nih ke ibu atau tante siapa tahu mereka bisa masak. Kamu tinggal memasarkan dan memberikan modal saja deh.

15. Supir untuk mudik

supir untuk mudik

Mungkin kamu nggak terpikirkan nih dengan ide usaha yang satu ini. Jadi supir pas mudik memang agak aneh tapi ternyata banyak juga loh yang nyari. Hitung-hitung kamu bisa irit biaya pulang kampung kan, tinggal cari saja orang yang punya kampung searah. Cara ini juga bisa bikin mudik makin seru loh!

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar