Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga
Senin, 22 Oktober 2018
ok nusantara
Bagikan

Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

10 Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

1. Membuka Warung Kecil-kecilan


Menjalani usaha dengan membuka warung kecil-kecilan di rumah adalah salah satu ide bisnis yang menguntungkan. Dengan modal yang tidak terlalu besar kita bisa mulai merintis usaha ini tanpa perlu meninggalkan si buah hati. Menjual camilan atau jajanan anak-anak, atau menjual kopi dan mie instan matang yang siap santap.

Selain itu, banyaknya tetangga yang datang untuk sekedar membeli jajanan anak-anak atau ‘nongkrong’ membeli kopi dan mie instan, bisa juga mengobati kejenuhan kita karena rumah selalu ramai.

2. Membuka Jasa Make Up

Membuka jasa make up


Berhias diri adalah salah satu hobi wanita, tentunya para Ibu juga. Jika Ibu mengerti dan mempunyai keahlian tentang make up, cobalah untuk membuka jasa make up. Awali dengan make up untuk acara penting, seperti wisuda, kondangan, tunangan, sampai akhirnya Ibu mempunyai salon rias pengantin dan jasa wedding.

3. Menjual Camilan atau Makanan Berat


Bagi Ibu yang hobinya memasak, tentu ini bukan lah hal yang sulit. Sebaliknya, justru ini sangat menyenangkan. Membuat camilan atau makanan berat untuk dijual bisa mengatasi kejenuhan Ibu dan juga sekaligus momentbersama sang anak di rumah. Mengajarkannya cara memasak, dan bergembira menghabiskan waktu bersama juga menghasilkan uang.

4. Membuka Jasa Jahit Pakaian

Membuka jasa jahit pakaian


Sama halnya dengan memasak, menjahit pakaian juga bisa menjadi hobi Ibu yang menghasilkan pundi-pundi uang. Walaupun lebih memakan waktu dibandingkan dengan memasak dan ide-ide bisnis lainnya yang sudah dibahas, namun membuka jasa jahit pakaian juga bukan ide yang buruk untuk Ibu jalankan di rumah.

5. Menulis Buku

Menulis buku


Menulis memang bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan semua orang, tapi bukan juga sesuatu yang tidak bisa dilatih. Jika Ibu suka membaca, mestinya Ibu juga bisa menulis, kan?

Bahkan penulis sekelas J.K.Rowling yang sudah sukses menulis sekuel Harry Potter dan Fantastic Beast juga dulunya adalah seorang Ibu Rumah Tangga. Tulislah apa yang Ibu suka, baik itu novel, cerpen, atau bahkan beberapa panduan memasak dan lain sebagainya yang Ibu kuasai.

6. Menjadi Penulis Lepas

Menjadi penulis freelance


Sama halnya dengan poin di atas, bakat menulis pada dasarnya sudah ada pada setiap orang, hanya tinggal diasah dan dilatih, juga seringlah membaca. Menjadi penulis freelance juga bisa dilakukan oleh Ibu rumah tangga.

Sekarang ini banyak sekali yang membutuhkan jasa penulis freelance untuk menulis artikel-artikel yang sedang dibutuhkan. Ibu tinggal mencari lowongan kerjanya di Google dan kerjakan semuanya saat anak sedang tertidur. Dan satu hal lagi, menjadi seorang penulis tidak butuh modal.

7. Jualan Pulsa Elektrik

Jualan pulsa elektrik


Tidak perlu keahlian khusus, jika Ibu bisa menggunakan gadget, Ibu dengan mudah bisa berjualan pulsa elektrik. Sekarang ini banyak aplikasi gratis yang membantu Ibu mencari penghasilan tambahan. Menjual pulsa elektrik salah satu idenya.

Selain pulsa, ada juga token listrik, bayar BPJS, tiket bioskop, dan masih banyak lagi. Selain Ibu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari sini, Ibu juga tidak perlu repot lagi membeli kebutuhan token listrik dan lainnya.

8. Menjadi Dropshiper Online Shop


Belanja online saat ini sangat digemari berbagai kalangan. Selain praktis, belanja online juga tidak memakan waktu dan tenaga untuk berjalan ke toko offline. Ini kesempatan Ibu untuk berjualan online, baik itu makanan ataupun pakaian.

Namun, jika Ibu tidak mau ‘ribet’ dan tidak mempunyai modal, Ibu bisa menjadi Dropshiper. Tugasnya hanya sebagai ‘penyampai’ pesanan, menerima orderan, dan menghubungi penjual, lalu mengirimkan barang yang dibeli ke konsumen.

9. Jasa Mengasuh Anak

Jasa mengasuh anak


Saat Ibu menjadi wanita karir, tentunya Ibu membutuhkan jasa pengasuh anak Ibu dirumah, kan? Nah, begitupun sekarang saat Ibu menjadi Ibu rumah tangga yang diam mengasuh anak di rumah, Ibu bisa membuka jasa untuk mengasuh anak orang lain di rumah.

Selain bisa mendapatkan bayaran dari orang tua yang anaknya dititipkan ke Ibu, anak Ibu pun tidak akan kesepian karena mempunyai teman dan bisa bermain bersama. Kuncinya hanya satu, Ibu harus Amanah.

10. Mengajar Di rumah


Membuka jasa les d irumah juga ide yang sangat baik. Gunakan keahlian Ibu yang biasanya hanya Ibu gunakan untuk pekerjaan kantor. Ajarkan ilmu-ilmu yang Ibu dapat di bangku sekolah/kuliah untuk anak-anak yang membutuhkan pelajaran ekstra yang tidak hanya mengandalkan ilmu dari sekolah mereka.

Sebenarnya, semua pekerjaan yang dilakukan seorang Ibu rumah tangga sudah sangat mulia, apalagi jika Ibu berpikiran untuk membantu suami mengenai masalah keuangan keluarga. Karena, menjadi Ibu rumah tangga juga adalah pekerjaan yang tak bisa diremehkan, sama halnya dengan pekerjaan dikantor.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar