Indonesia Surganya Kopi
Selasa, 09 Januari 2018
ok nusantara
Bagikan

Indonesia Surganya Kopi

Surga kopi Indonesia, dari yang khas sampai yang termahal juga ada

Bicara tentang kopi, tak dipungkiri, Indonesia boleh dibilang surganya kopi dunia. Bukan hanya satu, bahkan dari yang khas di setiap daerah, hingga kopi termahal bisa ditemukan di negara kepulauan terbesar di dunia ini. Hanya saja, tak semua orang memahami jika Indonesia telah lama menjadi surga kopi. Sekalipun bukan pecinta berat kopi, beberapa referensi seputar jenis kopi di Indonesia ini menarik diketahui.

Kopi Lintong
Pertama ada kopi Lintong. Berasal dari Sumetera Utara, kopi ini merupakan varian khas Mandailing. Ciri-ciri khas dari kopi Lintong adalah kadar asamnya yang tak terlalu kuat, alias dalam taraf sedang. Selain itu, kopi ini masuk dalam varietas kopi Arabika. Di Sumatera Utara, kopi Lintong bisa dikategorikan kopi termahal, terutama yang dibudidayakan secara khusus dan disajikan sebagai kopi hitam.

Kopi Toraja
Kalau kopi satu ini bisa jadi namanya sudah cukup tersohor, terutama di kalangan pecinta kopi. Nama ‘Toraja’ diambil dari nama daerah tempat kopi ini dibudidayakan, yaitu Toraja, Sulewasi Selatan. Selain dikenal sebagai kopi termahal terutama di pasar Amerika Serikat dan Inggris, kopi ini juga memiliki ciri khas kandungan asam yang rendah. Uniknya, kopi Toraja memiliki bobot yang berat dibandingkan jenis kopi Arabika pada umumnya.

Kopi Gayo
Aceh bukan saja terkenal dengan budaya minum kopinya, tetapi provinsi di ujung barat Indonesia juga terkenal dengan salah satu varian kopi termahal di dunia. Apalagi kalau bukan kopi Gayo. Kopi Gayo umumnya berjenis Arabika yang ditanam di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah, dengan pengolahan super teliti. Aromanya begitu khas, dengan rasa pahit yang kuat, tetapi punya citarasa gurih dengan tingkat keasaman yang cukup rendah.

Kopi Kintamani
Tak hanya dikenal sebagai surga wisata, Bali juga dikenal sebagai salah satu surga kopi termahal di dunia. Tepatnya di Kintamani, terdapat kopi dengan nama serupa. Kopi yang dibudidayakan secara organik dengan sistem pengairan Subak khas Bali ini memiliki tekstur halus, hingga menimbulkan sensasi lembut di lidah. Keunikan lainnya, biji kopi Kintamani punya keunikan rasa seperti Jeruk, tetapi tidak berat. Ini pula yang membuat kopi dari varian Arabika ini cocok dengan lidah orang Jepang.

Kopi Luwak
Nama kopi luwak pernah dinobatkan sebagai salah satu kopi termahal di dunia. Paling menggembirakan, tentunya kopi ini merupakan varian asli Indonesia. Keunikan kopi luwak terletak pada proses pengolahannya. Luwak akan terlebih dulu memakan buah kopi, kemudian bijinya yang tak tercerna sempurna akan dikeluarkan bersama feses. Kopi luwak juga dianggap berkualitas, lantaran mamalia bernama Paradoxurus hermaphrodites ini hanya memilih 1-2 kopi yang telah benar-benar masak di setiap pohonnya. Jenis kopinya, bisa Arabica maupun Robusta. Akan tetapi secara umum, kopi luwak diolah menjadi kopi hitam.

Beruntungnya, keseluruhan kopi termahal nan khas tersebut berasal dari Indonesia, sehingga untuk menikmatinya tak perlu sampai pergi berkelana dulu ke belahan dunia lainnya.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar