Ini Dia Enam Makanan Khas Tegal yang Lezat di Lidah
Sabtu, 26 Agustus 2017
ok nusantara
Bagikan

Ini Dia Enam Makanan Khas Tegal yang Lezat di Lidah

Hasil gambar untuk makanan khas tegal

Mungkin bagi orang luar Tegal, kota ini lebih dikenaldengan warteg dan makanannya yang relatif murah. Wajar saja, di beberapa kota-kota besar di Indonesia memang persebaran warteg cukup signifikan, terutama di Jakarta, yang merupakan ibu kota dari negara tercinta kita ini. Para perantau Tegal yang ke Jakarta kebanyakan memang lebih terkenal di warteg daripada di bidang kuliner lainnya. Padahal, banyak juga para perantau asal Tegal yang menggeluti bidang kuliner non warteg, contohnya jualan martabak manis dan martabak telor, banyak juga dari mereka, para perantau yang memiliki warung nasi goreng baik yang mangkal atau pun yang keliling. Sedangkan untuk bidang usaha lainnya yang dipegang perantau asal Tegal jarang sekali terekspos ke media nasional.

Beda cerita kalau kamu pergi ke Tegal yang notabennya memiliki banyak makanan khas yang asli bisa memanjakan lidah. Rasanya yang memang enak dan hanya ada di Tegal saja. Sebut saja, Soto Tauco yang memiliki rasa khas dan berbeda dengan soto-soto di daerah lain. Berikut ini beberapamakanan khas tegalyang perlu kamu tahu dan wajib kamu coba ketika kamu berkunjung ke Tegal.

1. Sate Kambing Muda Balibul dan Batibul

makanan khas Tegal - sate kambing muda


makanan khas Tegal sate kambing muda

Salah satu makanan khas tegalyang menjadi primadona kuliner di Tegal adalah sate kambing muda. Daging kambing identik dengan teksturnya yang kenyal, namun tekstur ini sangat tergantung pada usia kambing. Semakin muda usianya maka semakin empuk teksturya. Karena itu sate kambing Tegal banyak memakai daging kambing atau domba muda. Penggunaan daging kambing muda ini telah menjadi ciri khas sate Tegal. SebutanBalibulitu didapat dari singkatan bawah lima bulan. SedangkanBatibulitu merupakan singkatan dari bawah tiga bulan. Kebanyakan warung sate kambing di Tegal yang menjadi favorit masyarakat Tegal pastinya menyediakan sate kambing Balibul atau sate kambing Batibul.

makanan khas Tegal - sate kambing muda balibul


makanan khas Tegal sate kambing muda balibul

Jika kamu ingin merasakan empuknya sate kambing Balibul di Tegal kamu harus tahu dimana saja sih lokasinya. Salah satu pusat warung sate kambing yang ada di Tegal berada di daerah yang terkenal dengan nama Tirus, bahkan masyarakat setempat lebih mengenal dengan sebutan sate Tirus Tegal. Di sini ada salah satu rumah makan yang terkenal dengan sate balibulnya yaitu Warung Sate Sari Mendo. Lokasi tepatnya ada di pertemuan Jalan Kapten Sudibyo dan Jalan KS. Tubun, sepanjang daerah ini lebih dikenal dengan daerah Tirus. Di sini kamu bisa menemukan komplek warung makan yang menyajikan menu sate balibul sebagai menu utamanya.

sate kambing muda batibul sari mendo


sate kambing muda batibul sari mendo

Beda lagi dengan sate kambing balibul, sate kambing Batibul ada di tempat yang berbeda. Lokasinya juga lumayan jauh dari blok sate Tirus. Jika kamu ingin mencoba sate kambing Batibul di Tegal Kota, kamu bisa mencobanya di warung sate kambing batibul yang paling terkenal yaitu warung Sate WendysTegal. Di sini kamu akan menemukan menu sate kambing batibul yang sangat digemari masyarakat Tegal. Jangan heran kalau kamu ke sini, kamu susah cari tempat duduk terutama saat waktu makan siang karena di warung ini bakal penuh sekali.

2. Soto Tauco Khas Tegal

makanan khas tegal berikutnya adalah soto tauco. Soto tauco yang paling terkenal di Tegal adalah Soto Sedap Malam yang berada di sepanjang jalan Raya Utama yang menghubungkan Tegal dan Cilacap, tepatnya berada di jalan Raya Talang. Oleh karena itu, Soto Tauco ini juga dikenal masyarakat dengan Soto Talang karena memang lokasinya yang berada di wilayah Talang.

makanan khas Tegal - soto sedap malam campur


makanan khas Tegal soto sedap malam campur

Dari sekian banyak Warung Sedap Malam, ternyata yang asli hanya ada dua warung saja. Yang satu memakai nama Warung Sedap Malam Daan Jenggot dan Warung Sedap Malam Kiman, dimana keduanya di sisi jalan yang sama dan hampir sebelah-menyebelah. Sedangkan pemilik warung-warung lainnya merupakan para mantan staf dapur Daan Jenggot yang kemudian membuka warungnya sendiri.

makanab khas Tegal - soto tauco sedap malan Daan Jenggot


Makanan khas Tegal soto tauco sedap malan Daan Jenggot

Berdasarkan informasi yang kami terima, pada awalnya usaha ini dirintis oleh Pak Daan Jenggot dengan berjualan soto di Comal (kota kecil antara Tegal-Pekalongan). Kemudian usahanya ini mulai mencapai kesuksesan setelah Beliau berpindah ke Alun-Alun Tegal hingga akhirnya mendirikan sebuah warung di Jl. Talang, pinggiran Kota Tegal hingga sekarang ini. Biasanya warung Pak Daan Jenggot ini yang paling ramai disinggahi para pelanggan.

makanan khas tegal yang satu ini memang berbeda dari yang lainnya. Isian sotonya ada beberapa macam, ada soto ayam, daging, babat atau campur. Tergantung dari selera kamu, mau nyoba yang mana. Penyajiannya juga cukup menggelitik karena menggunakan mangkuk kecil. Hal inimembuat kita bingung antara pesan satu porsi atau dua porsi.Tapi tak jarang para pelanggannya memesan satu setengah mangkuk, tapi jangan kaget kalau porsi setengah yang diminta pada aktualnya tidak jauh berbeda dengan porsi penuh.

3. Tahu Aci

Makanan khas Tegal - Tahu Aci


Makanan khas Tegal Tahu Aci

Rasanya belum lengkap kalau kamu ke Tegal tapi belum mencicipi makanan khas tegal yang satu ini. Namanya Tahu Aci, bentuknya segitiga dan acinya nempel di bagian alasnya.Hampir di setiap pinggir jalan banyak penjual yang menjajakannya. Bahkan hingga pedagang asongan pun ikut menjajakan makanan ini di dalam bus. Orang luar atau yang bukan berasal dari Tegal biasa menyebutnya dengan Tahu Tegal atau Tahu Kuping.

Proses pembuatan tahu aci, salah satu makanan khas Tegal


Proses pembuatan tahu aci, salah satumakanan khas Tegal

Tahu Aci terbuat dari tahu kuning yang berbentuk persegi empat yang kemudian nantinya dibelah dua secara melintang. kemudian dari bekas belahannya tersebut di beri adonan yang terbuat dari tepung kanji atau aci, potongan daun kucai, dan beberapa bumbu lainnya. Mungkin kita terheran-heran mengapa Tahu Aci tersebut banyak diminati oleh penggemarnya. Apa rahasianya yang membuat Tahu Aci tersebut enak? Ada beberapa elemen yang membuat Tahu Aci ini berasa nikmat, yaitu yang pertama adalah tahu Kuningnya. Tahu kuning ini ternyata hanya banyak diproduksi di daerah kabupaten Tegal saja. Tahu kuning yang di Tegal memang tidah lah sama dengan tahu-tahu pada umumnya yang diproduksi di daerah lainnya. Oelh karena itu, Tahu Aci hanyalah bisa kita temukan di Tegal saja.

Kios tahu murni, Jl. Raya Adiwerna, Banjaran, Kab. Tegal


Kios tahu murni, Jl. Raya Adiwerna, Banjaran, Kab. Tegal

Tahu Aci yang paling enak dan terkenal dijual di pusat oleh-oleh khas Tegal Tahu Murni yang ada di jalan Raya Adiwerna, Banjaran dan di daaerah kota Tegal, Tahu Murni Putra. Memang harganya jauh lebih mahal, tapi soal rasa tahu aci yang dijual di sini memang gak ada duanya. Jauh di atas rata-rata. Jika kamu sedang berkunjung ke Tegal tidak ada salahnya kalau kamu mencobamakanan khas tegal yang satu ini. Biar gak penasaran..hehe

4. Kupat Glabed dan Sate Blengong

kupat glabed dan sate blengong


kupat glabed dan sate blengong tegalstreetfood.tumblr.com

Makanan khas tegal berikutnya adalah kupat glabed. Seperti namanyaGlabeddiambil dari kentalnya kuah makanan ini yangngglabed.kuliner tegalyang satu ini biasanya dipasangkan dengan sate Blengong. Sate yang terbuat dari daging Blengong (peranakan dari mentok dan bebek).

Kuliner khas Tegal ini bisa kita temui di beberapa tempat di antaranya di deket stasiun Kota Tegal, di komplek warung deket stasiun. Namun, daerah yang terkenal dengan kupat glabed dan sate blengongnya adalah Tegalsari. Di daerah ini banyak yang menjual kuliner khas ini. Adapun pilihan tempat yang lainnya yang juga tak kalah enak dengan beberapa tempat di atas, ada salah satu penjual Kupat Glabed yang menjadi favorit beberapa warga Tegal yaitudi jl. Kapten Sudibyo, Kupat Glabed Mba Bila tepatnya ada didepan SMP 7 Tegal. Mungkin bagi kamu yang ingin mencobanya bisa dateng ke salah satu tempat-tempat yang disebutkan tadi.

Beberapa makanan khas tegaldi atas memang sudah menjadi makanan favorit orang Tegal sendiri. Jadi tidak lah mengherankan kalau kamu berkunjung ke Tegal pastinya bakal lebih lengkap kalau kamu juga mencicipi beberapa kuliner khas Tegal di atas.Mungkin setelah kamu membacainformasi kuliner ini kamu ingin mencobanya dan bakal ketagihan.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar