Inilah Taman Bunga di Indonesia yang Cocok Menjadi Destinasi Liburanmu
Jum'at, 26 Oktober 2018
ok nusantara
Bagikan

Inilah Taman Bunga di Indonesia yang Cocok Menjadi Destinasi Liburanmu

Taman bunga yang bisa menjadi referensi liburanmu jika bosan ke gunung ataupun pantai. Kamu dapat berfoto sepuasnya asal jaga ketertiban.


Liburan memang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Yang penting selama berlibur, Kamu terlepas dari penatnya tugas-tugas kantor yang membuatmu stres. Zaman sekarang, gunung dan pantai menjadi destinasi favorit orang-orang melakukan liburan.

Padahal tak harus ke gunung ataupun pantai untuk menjernihkan pikiran, salah satu destinasi lainnya yang bisa menjadi favorit untuk melepaskan penat dan stres adalah taman bunga.

Jika Kamu seorang photo hunter, Kamu akan menjadikan taman bunga sebagai salah satu destinasi liburanmu. Karena di sana Kamu akan melihat banyak jenis-jenis bunga yang bisa Kamu jadikan sebagai latar berfoto untuk mendapatkan hasil yang bagus dan instagrammable. Bunga-bunga yang ada di taman bunga tersebut juga tak kalah dengan bunga-bunga yang ada di negara-negara Eropa.

Berikut ini adalah taman bunga yang ada di Indonesia yang bisa Kamu kunjungi sebagai destinasi berlibur.

1. Taman Bunga Setya Aji, Semarang

kebun bunga

Foto berasal dari akun instagram wisata Semarang

Berada di kaki gunung Ungaran, Taman Bunga Setya Aji atau yang lebih dikenal sebagai Setya Aji Flower Farm mulai ramai didatangi wisatawan. Wisatawan-wsiatawan mulai mendatangi Setya Aji karena keindahan taman bunga tersebut mulai tersebar di instagram.

kebun bunga setiya aji bandungan

Foto oleh Shabara.w/Phinemo.com

Warna-warna bunga di Taman Bunga Setya Aji begitu cantik. Sangat cocok untuk digunakan sebagai latar belakang foto kamu. Apalagi kamu berfoto menggunakan kostum yang kontras dengan warna bunga, terlihat lebih menarik untuk dipandang. Kamu juga bisa membeli bunga yang dijual oleh penjual-penjual bunga di pintu masuk untuk lengkapi gayamu.

kebun bunga

Dokumentasi pribadi penulis. Foto oleh Muhammad S’Amien

Meski sudah diberi pembatas agar Kamu tidak menginjak-injak bunga tersebut, Kamu tetap harus hati-hati dalam melangkah. Di sana sudah ada beberapa bagian taman yang rusak karena pengunjung tidak berhati-hat dalam melangkah.

Lokasi: Dusun Ngasem, Desa Jetis, Kec. Bandungan, Semarang.

Jam operasional: Senin-Minggu pukul 07.00-18.00

Harga tiket: Rp 7.500,-

2. Taman Bunga Selecta, Malang

taman bunga

Nikmati keindahan bunga-bunga di sini. Foto oleh nahdya.

Taman bunga yang sudah berusia sangat tua. Dibangun sejak tahun 1930-an sampai sekarang masih sering dikunjungi oleh masyarakat yang ingin mencari kesejukan dan ketenangan. 

Pemandangan hijau nampak cantik dengan warna-warni bunga yang tumbuh dengan subur di Selecta. Jangan berharap untuk bisa menyentuh bunga-bunga tersebut. Karena ada larangan khusus untuk menjaga selalu menjaga bunga-bunga tersebut.

Menikmati bekal makanan dengan menggelar di area taman dengan menggelar tikar, ini akan menjadi pertimbangan pengunjung yang akan ke sini. Jika di Jepang hanya sekali dapat menikmati piknik dengan pemandangan bunga sakura setahun sekali, di Selecta menawarkan itu sepanjang tahun.

liburan keluarga

Janga lupa berfoto di simbol ‘love’. Foto oleh andrys_family.

Terdapat banyak spot yang bisa Kamu gunakan sebagai latar berfotomu. Salah satu yang terfavorit adalah simbol ‘love’ yang terdapat di bagian depan.

Menikmati taman bunga dari bagian atas. Foto dari selecta wisata.

Kamu juga tidak perlu capai-capai untuk berkeliling taman dengan berjalan kaki. Karena sudah disediakan semacam kereta yang akan mengantarmu berkeliling di atas kebun. Namun, Kamu harus mengayuh kereta ini agar dapat berjalan. Kamu juga menjadikan kereta ini sebagai salah satu spot foto dengan latar yang menampilkan keindahan bunga-bunga di bawahnya.

Lokasi: Jl. Raya Selecta 1 Kota Wisata Batu Malang, Jawa Timur

Jam operasional: Senin-Minggu

Harga tiket: Rp 25.000,-

3. Taman Bunga Nusantara, Bogor

taman bunga

Bogor tak hanya Puncak saja. Sumber foto.

Bogor tidak hanya terkenal dengan Puncaknya saja, masih banyak tempat wisata lain yang bisa Kamu kunjungi selama di Bogor. Berada di dataran tinggi akan membuatmu bernafas dengan sangat nyaman karena udaranya yang masih alami. Bunga-bunga yang ada di sana pun tak kalah cantiknya dengan yang ada di taman-taman bunga di Eropa.

taman bunga

Taman Labirin. Sumber foto.

Di sana, selain berfoto Kamu juga dapat melakukan banyak hal lainnya. Salah satunya adalah bermain di taman labirin. Kamu akan ditantang menemukan pusat dari labirin dan jalan keluar pada sebuah ruangan yang terbuat dari dinding tanaman yang berliku-liku. Jangan khawatir, Kamu akan diawasi oleh pengawas sehingga tak akan tersesat.

taman bunga

Abadikan momenmu ketika di Taman Prancis. Foto oleh rianrianah10.

Selain taman labirin, terdapat juga taman jam dan taman Prancis. Di taman jam Kam akan melihat sebuah jam raksasa yang dikelilingi bunga berwarna-warni dan akan berbunyi setiap jamnya.

Salah satu spot favorit untuk berfoto ketika berkunjung ke Taman Nusantara adalah Taman Prancis. Di sana Kamu akan menemukan sebuah taman yang sudah disusun sedemikan rupa sehingga membentuk garis geometris yang keren dan cantik. Jangan lupa untuk mengabadikannya dengan berfoto di sana.

Lokasi: Jalan Mariwati KM.7, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kawungluwuk, Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Jam operasional: 08.00 – 17.30 WIB

4. Taman Bunga Sakura, Cibodas

taman bunga

Mirip di Jepang, kan? Sumber foto.

Jika Kamu ingin melihat bunga sakura, Kamu tak perlu jauh-jauh ke Jepang. Di Indonesia pun ada taman bunga yang menyediakan pemandangan bunga sakura yang indah. Taman Bunga Sakura yang berada di Cibodas mampu memanjakan matamu untuk melihat bunga-bunga sakura tanpa harus pergi jauh-jauh.

Tapi sayangnya bunga sakura tersebut hanya akan mekar setahun dua kali pada bulan Januari-Februari dan Agustus-September. Jadi pastikan Kamu berkunjung pada bulan-bulan tersebut agar tidak menyesal karena tidak bisa melihat bunga sakuranya.

taman bunga

Suasanya sejuk. Sumber foto.

Di taman bunga sakura ini juga terdapat sebuah kolam yang bisa Kamu gunakan untuk bersantai setelah lelah berkeliling. Dengan rerumputan yang hijau dan nampak menyegarkan, suasana santaimu akan tambah nikmat.

Semua sudut taman bunga ini bisa Kamu gunakan sebagai spot berfoto. Jangan lupa untuk unggah ke akun sosial mediamu untuk mendapatkan banyak likes.

Lokasi: Kebun Raya Cibodas, Kab. Cianjur

Jam operasional: Senin-Minggu pukul 08.00-18.00 WIB.

5. Taman Bunga Matahari, Kediri

taman bunga

Bunga matahari jadi saksinya. Foto oleh badroolronny_

Salah satu wisata baru yang ada di Kota Kediri, Jawa Timur. Menawarkan hamparan bunga matahari yang sudah mekar membuat banyak wisatawan berdatangan ke sana.

Awalnya lokasi taman bunga ini adalah lahan kosong, yang kemudian dimanfaatkan oleh Pemkot Kediri ditanami bibit bunga matahari. Ternyata ketika sudah mekar, menjadi daya tarik tersendiri dan kemudian dijadikan sebagai taman wisata. 

taman bunga

Dikelilingi ratusan bunga matahari. Foto oleh ekayuliapresti.

Kamu tentu bisa mengabadikan keceriaanmu berada di tengah-tengah ratusan bunga matahari yang indah ini. Taman bunga matahari ini juga tak kalah bila dibandingkan dengan taman bunga matahari lainnya yang berada di Saraburi, Thailand, dan Tuscany.

Kamu dapat menemukan beberapa jenis bunga matahari di sana. Antara lain Big Smile, Early Russian, Sunspot.

Lokasi: Jl. Selomangleng, Kota Kediri, Jawa Timur

6. Oro-Oro Ombo Gunung Semeru, Jawa Timur

taman bunga

Latar bunga Verbena yang indah. Sumber foto annisatiani.

Daerah pegunungan memang memiliki udara yang sejuk dan dingin, sangat cocok untuk keberlangsungan hidup tanaman maupun bunga-bunga. Begitu pulsa di Oro-Oro Ombo, Gunung Semeru. Di sana terdapat sebuah hamparan luas bunga yang berwarna ungu.

Jika Kamu melihatnya secara kasat mata, Kamu akan mengira bahwa bunga itu adalah tanaman lavender. Padahal tanaman tersebut adalah Verbena Brasiliensis Vell yang merupakan tumbuhan dengan umur yang pendek.

taman bunga

Oro-oro Ombo Semeru. Foto oleh fazlina_rahman.

Kamu dapat menjadikan tanaman tersebut sebagai objek berfotomu, atau sebagai latar. Tanaman tersebut juga boleh dipetik karena dengan memetiknya, berarti Kamu menyelamatkan ekosistem tanaman lain karena tanaman ini berbahaya bagi tanaman disekitarnya.

Verbena Brasiliensis Vell menyerap kadar air lebih banyak sehingga menyebabkan tanah dan tanaman yang ada di sekitarnya kekeringan dan mati. Oleh karena itu, jika Kamu ingin berfoto di sana, sangat disarankan untuk memetiknya sekalian, asal tidak membuangnya sembarangan.

7. Kebun Bunga Gumitir, Bali

taman bunga

Bali juga punya kebun bunga yang indah. Foto oleh rinerehaii.

Bali tak hanya terkenal dengan pantainya saja. Selain pantai, di Bali juga terdapat sebuah kebun bunga yang tak kalah keren. Bunga bagi warga Bali yang mayoritas beragama Hindu merupakan sebuah kelengkapan upacara yang tidak dapat dipisahkan. Kebun Bunga Gumitir terletak di Desa Belok.

taman bunga

Menawarkan lanskap yang keren. Sumber foto.

Ladang luas ini ditumbuhi oleh bunga marigold yang berwarna kuning keemasan. Kombinasi kuning emas dan hijaunya dedaunan menjadi daya tarik tersendiri untuk menjadi objek maupun latar berfoto.

Petani di daerah ini lebih menyukai menanam bunga marigold karna harga jualnya yang tinggi. Meskipun dijual, tetapi kebun bunga ini takpernah kehabisan bunga karena proses tumbuh bunga marigold ini juga cepat.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar