Inovasi Bill Gates yang Akan Merubah Dunia
Sabtu, 13 Januari 2018
ok nusantara
Bagikan

Inovasi Bill Gates yang Akan Merubah Dunia

6 Inovasi Versi Bill Gates yang Akan Merubah Dunia

1. Tempat Penyimpan Vaksin yang Lebih Baik

inovasi-merubah-dunia-versi-bill-gates

Vaksin adalah bukti kekuatan manusia dalam melawan penyakit di dunia ini. Namun, vaksin sendiri sangatlah rentan dan mudah rusak jika tidak disimpan dengan baik. Ada baiknya, vaksin disimpan di tempat yang dingin.

Peniliti dari Global Good in Seattle baru saja menciptakan sebuah kulkas bernama MetaFridge yang dapat mempertahankan suhu walaupun mati lampu cukup lama.

Kulkas ini dipercaya dapat menyimpan vaksin tetap aman dan dapat bertahan lebih lama. Belum lagi mereka sekarang sedang berusaha menciptakan versi kecil dari kulkas tersebut agar mudah dibawa ke daerah terpencil.

2. Alat Peng-edit Gen

inovasi-merubah-dunia-versi-bill-gates-1

Alat peng-edit gen yang dimiliki sekarang, CRISPR diakui Gates masih dalam tahap awal pengembangan. Menurutnya, alat ini telah menciptakan banyak terobosan di dunia biomedis dan nantinya juga akan menyembuhkan banyak penyakit.

Pendiri Microsoft ini juga menyebutkan jika alat ini diharapkan bisa menghilangkan malaria dari dunia ini. Bill Gates menaruh harapan sangat besar pada alat CRISPR yang satu ini.

3. Pemanfaatan Energi Matahari

inovasi-merubah-dunia-versi-bill-gates-2

Dikutip dari Times, setelah mengunjungi laboratorium California Institute of Technology, Bill Gates semakin yakin jika penggunaan energi matahari sebagai alternatif akan segera terjadi.

Apa lagi manusia diharuskan untuk mulai menyadari ancaman dari peubahan iklim di bumi ini. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil yang tertanam di bumi ini.

4. Vaksin mRNA

inovasi-merubah-dunia-versi-bill-gates-4

Sekarang ini harga vaksin sangatlah mahal, karena dibuat dari virus yang lemah atau tidak aktif. Bill Gates mengatakan jika sekarang para ilmuwan sedang ramai mengubah bahan utama vaksin dengan materi genetis.

Disebutkan jika vaksin dengan materi baru ini akan membuat harga vaksin jadi jauh lebih murah. Selain itu, Gates berharap pendekatan ini dapat mengajari tubuh untuk menciptakan perlindungan alami dan mencegah penyakit.

5. Teknologi Pemberian Obat

inovasi-merubah-dunia-versi-bill-gates-3

Ternyata ada sebuah inovasi dimana manusia dapat ditanamkan sebuah alat dimana alat tersebut akan melepaskan pengobatan perlahan-lahan. Gates menyebutkan jika inovasi buatan Intarcia ini dapat diaplikasikan ke banyak penyakit.

Salah satu yang paling menarik adalah HIV prophylatic. Dengan satu implan, alat ini dapat melindungi manusia dari resiko serangan virus HIV selama setahun.

6. Kecerdasan Buatan

inovasi-merubah-dunia-versi-bill-gates-5

Dari semua inovasi yang disebutkan di atas, Bill Gates paling tertarik dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence(AI) Menurut dia, inovisi ini adalah hal yang paling mengubah dunia nantinya.

Dia juga bilang jika AI dapat menimbulkan tantangan-tanganan baru bagi manusia. Tapi di satu sisi juga dapat membuat manusia lebih produktif, efisien, dan lebih mudah.-

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar