Jembatan Terindah di Dunia
Senin, 24 April 2017
ok nusantara
Bagikan

Jembatan Terindah di Dunia

10 Jembatan Terindah di Dunia

1. Khaju Bridge, Isfahan, Iran

img-1493031012.jpg

Jembatan Khaju yang berada di Isfahan dibangun sejak abad ke-17 oleh Sultan Shah Abbas II. Jembatan ini memiliki berfungsi ganda yaitu sebagai bendungan untuk mengairi taman di sepanjang aliran sungai Zayandeh. Jembatan Khaju mempunyai lorong yang beratap dimana pada lorong tersebut telah dihiasi dengan keramik berwarna-warni. Di tengah-tengah jembatan terdapat paviliun besar yang pada saat itu digunakan oleh sang raja untuk menikmati keindahan sungai di tengah kota Isfahan ini.

2. Rialto Bridge, Venesia, Italia

img-1493031018.jpg

Jembatan ini merupakan salah satu jembatan paling tua di Venesia dan terletak di Grand Canal, jalan air terbesar di Venesia. Jembatan Rialto ini berfungsi sebagai penghubung Distrik San Marco dan San Polo. Meski terkenal akan salah satu jembatan paling romantis di dunia, sayangnya di balik sejarah tidak ada kata romantis. Jembatan ini dibangun pada 1591 untuk menggantikan jembatan serupa yang dulunya terbuat dari kayu.

3. The Wind and Rain Bridge, Chengyang, Cina

img-1493031025.jpg

Jembatan unik ini bernama Angin dan Air sebab dibangun untuk melindungi siapapun yang lewat di atasnya dari dua elemen tersebut. Umur jembatan sudah mencapai satu abad. Selain itu, jembatan ini ketika dibangun tanpa menggunakan paku.

4. Brooklyn Bridge, New York, Amerika Serikat

img-1493031036.jpg

Jembatan bergaya gotik ini mulai dibangun pada 1855 oleh John Roebling. Meskipun sekarang jembatan ini menjadi salah satu jembatan terpadat di dunia, diperlukan sekitar 15 tahun bagi arsiteknya untuk meyakinkan pemerintah kota supaya menyetujui pembangunan jembatan ini.

5. London Bridge, London, Inggris

img-1493031047.jpg

Pembangunan jembatan yang juga pernah menjadi judul lagu Fergie ini dibangun sejak tahun 1886. London Bridge ini sengaja dibangun menggunakan gaya Victorian Gothic agar menyesuaikan dengan Menara London yang ada di dekatnya. Pada bagian tengah jembatan ini bisa dibuka untuk pengguna lalu lintas kapal yang melewati Sungai Thames. Kini jembatan ini menjadi salah satu landmark kota London.

6. Forth Bridge, Skotlandia

img-1493031058.jpg

Forth Bridge yang terbuat dari ini mulai dibuka sejak tahun 1890 dimana jembatan berfungsi untuk menghubungkan kota Edinburg dengan Fife. Saking bangganya, masyarakat Skotlandia mendaftarkan jembatan ini sebagai Situs Warisan Dunia.

7. Chain Bridge, Budapest, Hungaria

img-1493031081.jpg

Chain Bridge atau Jembatan Rantai adalah salah satu landmark Kota Budapest, ibu kota Hungaria. Jembatan yang dibangun tahun 1849 ini melintasi Sungai Danube serta sebagai penghubung wilayah Buda dan Pest. Pada tiap sisi jembatan dihiasi dengan patung singa yang gagah berani. Jembatan ini juga pernah tayang di video klip Katy Perry “Fireworks”.

8. Hangzhou Bay Bridge, Cina

img-1493031093.jpg

Hangzhou Bay Bridge adalah jembatan terpanjang di dunia. Bagaimana tidak, jembatan ini memiliki panjang sejauh 36 kilometer. Membentang di atas Teluk Hangzhou, jembatan ini menghubungkan kota Shanghai dengan kota Ningbo.

9. Millau Viaduct, Millau, Prancis

img-1493031100.jpg

Jika jembatan lain dalam daftar ini dibuat untuk menyebrangi sungai, maka jembatan yang satu ini dibuat untuk menyeberangi lembah. Millau Viaduct adalah jembatan yang melintasi lembah Tam, dekat Kota Millau, Prancis.

Jembatan ini sengaja dibuat khusus untuk memecahkan masalah kemacetan pada rute yang menghubungkan Prancis dan Spanyol, sebab kedua negara tersebut adalah wisata yang paling top di Eropa. Jembatan ini bisa dikatakan sebagai jembatan tertinggi di dunia, bahkan lebih tinggi daripada menara Eiffel. Tak heran jika kita melewati jembatan ini akan disuguhi pemandangan yang fantastis.

10. Golden Gate, San Fransisco, Amerika Serikat

img-1493031113.jpg

Jembatan ini adalah jembatan paling terkenal di dunia. Arsiteknya adalah Joseph Strauss dimana ia memerlukan 2 dekade untuk meyakinkan pemerintah kota San Fransisco supaya bisa membangun jembatan ini, sebab pada saat itu pembangunan suatu jembatan yang melewati laut dianggap sangat sulit, bahkan mustahil.

Jembatan ini sengaja dicat merah supaya tampak jelas ketika kabut sedang menyelimuti teluk San Fransisco. Pembangunan jembatan ini memakan waktu hingga 4 tahun dan total biaya US$ 27 juta.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar