Jenis Ikan yang Enak Dibakar
Minggu, 01 Juli 2018
ok nusantara
Bagikan

Jenis Ikan yang Enak Dibakar

10 Jenis Ikan yang Enak Dibakar

1. Gurami

Gurami Ikan yang Enak Dibakar


Sudah menjadi rahasia umum jika gurami merupakan ikan yang enak dibakar. Ikan air tawar yang satu ini memang paling umum dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Anda bisa menemukan ikan gurami dengan mudah. Bahkan, di restoran yang menyediakan kolam pancing, ikan jenis ini pasti tersedia di kolam pancingnya.

Tekstur daging ikan gurami padat, tapi tetap lembut jika dimakan. Duri ikan gurami juga besar sehingga risiko menelan durinya sangat kecil karena kita bisa memilih durinya sembari makan. Gurami bisa dibakar dengan kecap atau bumbu-bumbu lainnya.

2. Bawal

Bawal

Bawal atau yang dikenal dengan nama ikan dorang juga merupakan ikan air tawar yang bisa diolah dengan berbagai cara, termasuk dibakar. Ikan ini memang terkenal banyak durinya, tetapi tekstur dagingnya lembut dan gurih sehingga cocok dibakar dengan berbagai bumbu. Meskipun bawal berukuran lebih kecil dibanding gurami, tapi harga ikan bawal ini cukup mahal, lho.

Jenis bawal yang biasa diolah dengan cara dibakar adalah bawal putih dan bawal hitam. Selain dibakar dengan kecap, ikan bawal juga bisa dibakar dengan bumbu kuning atau bumbu rujak. Kalau Anda, suka ikan bawal yang dibakar dengan bumbu apa?

3. Kakap

Kakap


Jika gurami dan bawal adalah jenis ikan air tawar yang menjadi favorit masyarakat Indonesia untuk diolah dengan cara dibakar, kakap adalah jenis ikan laut yang cukup diminati di Indonesia. Ikan kakap juga enak disajikan dengan cara dibakar. Mau kakap merah atau kakap putih semuanya terasa enak jika dibakar.

Ikan kakap memiliki daging dengan tekstur yang lembut, tapi tidak selembut daging ikan dori. Yang paling penting, ikan kakap juga mengandung sejumlah gizi dan vitamin seperti Selenium, Vitamin A, Kalium, dan Asam Lemak Omega-3. Apalagi ikan kakap ini juga merupakan ikan laut yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia karena harganya lebih terjangkau dibanding salmon dan tuna.

4. Patin

Patin


Penjualan ikan patin memang cukup tinggi di Indonesia. Pasalnya, harga ikan ini cukup terjangkau dan tekstur dagingnya sangat lembut. Ikan yang enak dibakar ini merupakan jenis ikan air tawar yang bisa diperoleh dengan mudah. Patin bisa diolah menjadi berbagai masakan, mulai dari digoreng, dimasak dengan kuah, sampai dengan dibakar.

Di Banjarmasin, ikan patin diolah dengan cara dibakar dengan bumbu khas. Kenikmatan patin bakar sebagai makanan khas banjarmasin ini sudah tersebar ke seluruh Nusantara. Alhasil, patin bakar khas Banjarmasin menjadi favorit di mana-mana. Nah, sudah pernah mencoba ikan patin bakar khas Banjarmasin?

5. Nila

Nila

Jenis ikan yang satu ini memang sangat familiar sekali untuk diolah dengan cara dibakar dengan kecap. Nila merupakan ikan air tawar yang dibandrol dengan harga terjangkau. Ikan ini juga bisa dijumpai dengan mudah di pasar tradisional atau supermarket modern.

Sama seperti gurami, tekstur ikan nila lembut dan tebal. Bumbu yang dioles ke bagian tubuh ikan bisa meresap hingga ke dalam daging. Kulit ikan nila juga tidak mudah lengket ketika dibakar. Anda bisa mengolah ikan nila dengan bumbu kecap, kuning, padang, atau madu. Seekor ikan nila bakar memang paling enak disantap dengan nasi putih hangat.

6. Bandeng

Bandeng


Siapa bilang ikan bandeng hanya enak kalau digoreng atau dimasak presto? Faktanya, ikan bandeng bakar juga memiliki banyak peminat, lho. Walaupun ikan bandeng memiliki duri yang cukup banyak, tapi daging ikan yang gurih ini cocok sekali jika dimasak dengan cara dibakar. Bandeng bakar juga terkenal sebagai makanan khas Makassar dan Banten.

Agar matangnya merata sebaiknya belah ikan menjadi dua bagian, lalu dibakar dengan cara dibolak-balik. Setelah selesai dibakar, tuangkan sedikit air jeruk nipis agar rasanya semakin sedap.

7. Salmon

Salmon

Dari sekian banyak jenis ikan yang enak dibakar, mungkin salmon adalah ikan yang cukup mahal. Ikan yang enak dipanggang ini memiliki tekstur daging yang tidak lembek tapi juga tidak terlalu keras. Kulit ikan salmon akan terasa sangat gurih dan nagih banget jika dibakar sampai agak kering tapi tidak terlalu gosong.

Salmon yang dibakar ini bisa dibumbui dengan rempah-rempah sederhana, seperti lemon, wine, atau rempah-rempah khas barat lainnya. Namun, salmon bakar tidak cocok jika dimakan bersama dengan nasi putih. Anda bisa langsung menyantap salmon bakar atau ditambah dengan sayuran (buncis dan wortel) dan kentang goreng.

8. Kuwe

Kuwe

Ikan kuwe memang tidak sepopuler gurami atau nila. Akan tetapi, ikan kuwe adalah ikan air laut yang sangat nikmat jika dibakar dengan kecap atau bumbu halus lainnya. Percaya atau tidak, ikan kuwe memiliki daging yang manis dan gurih.

Tulang-tulang ikan ini juga cukup besar sehingga Anda tak perlu khawatir akan tersedak ketika menikmati ikan ini. Bagi Anda yang belum pernah mencoba ikan kuwe sebelumnya, saat ini adalah waktu yang tepat untuk mencoba ikan kuwe bakar.

9. Pari

Pari


Tak ada yang menyangka bahwa ikan yang bentuknya seperti layang-layang ini juga merupakan ikan yang enak dibakar. Walaupun aroma dagingnya sedikit menyengat dibanding jenis ikan lainnya, tapi ikan pari ini sangat gurih, lho. Yang membuat ikan pari jadi lebih gurih justru aromanya yang berbeda dari lainnya.

Di beberapa daerah, ikan pari bakar ini dijadikan lauk penyetan. Jadi, ikan pari bakar disajikan dengan sambal tomat atau sambal terasi yang pedas, lalu dimakan bersama dengan tempe goreng dan nasi putih.

10. Baronang

Baronang


Ukuran ikan baronang mungkin sebesar ikan bawal atau mungkin lebih kecil dibandingkan ikan bawal. Ikan air laut ini ternyata juga sangat enak jika dibakar dengan bumbu-bumbu yang pas.

Dagingnya tebal dan lembut serta durinya juga sedikit sehingga ikan baronang sangat cocok jika dimasak dengan cara dibakar. Ketika menikmati ikan baronang bakar Anda tidak perlu khawatir tersedak duri karena durinya bisa dihitung dengan jari dan tidak selembut duri ikan bandeng.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar