Jurang Terdalam di Dunia
Jum'at, 03 Agustus 2018
ok nusantara
Bagikan

Jurang Terdalam di Dunia

10 Jurang Terdalam di Dunia

1. Yarlung Tsangpo Grand Canyon – Cina

Yarlung Tsangpo Grand Canyon Jurang Terdalam di Dunia

Jurang terdalam di dunia ternyata ada di Tibet, Cina. Nama jurang tersebut adalah Yarlung Tsangpo Grand Canyon.Ketinggian jurang ini mencapai 6.009 meter atau sekitar 19.715 kaki. Tentu saja berada di bibir ngarai ini bisa membuat jantung berdegup lebih kencang karena takut.

Di bawah jurang terdapat Sungai Yarlung Tsangpo. Pemandangan di Yarlung Tsangpo Grand Canyon memang sangat mengagumkan. Apalagi pemandangan di sekitarnya masih sangat hijau dan terlihat asri. Apakah Anda berani mencoba untuk berdiri di tepi jurang Yarlung Tsangpo ini?

2. Indus Gorge – Pakistan

Indus Gorge

Sebuah jurang terdalam di dunia yang satu ini lokasinya masih berada di Asia, lebih tepatnya di Pakistan. Indus Gorge adalah jurang raksasa yang ketinggiannya sekitar 4.500 – 5.200 meter atau 15.000 – 17.000 kaki. Di bawah jurang ini mengalir Sungai Indus yang merupakan sungai utama di Asia.

Pemandangan yang ditawarkan Indus Gorge memang bisa membuat kita berhenti bernapas sejenak. Dari kawasan jurang ini kita bisa melihat Gunung Nagan Parbat, gunung tertinggi ke-9 di dunia yang tertutupi glester.

Dapat dipastikan bahwa udara di sekitar jurang ini sangat dingin. Jadi, siap-siap saja menggunakan pakaian yang tebal ketika Anda berkunjung ke jurang yang fantastis ini.

3. Colca Canyon – Peru

Colca Canyon

Colca Canyon sudah dijadikan sebagai tempat wisata sejak bertahun-tahun yang lalu. Setiap tahun tercatat 120 ribu pengunjung yang berwisata ke Colca Canyon. Meskipun terlihat mengerikan karena masuk dalam daftar jurang terdalam di dunia, tetapi keindahan di Colca Canyon ini memang bikin orang terpesona.

Kedalaman jurang ini adalah 3.270 meter atau 10.730 kaki. Dengan ukuran kedalaman ini tentu saja Colca Canyon menjadi salah satu jurang paling dalam di dunia. Akan tetapi, pemandangan dari dasar jurang ini memang sangat menakjubkan. Apalagi di dasar jurang juga terdapat Sungai Colca yang membuat pemandangan menjadi lebih sejuk.

4. Cotahuasi Canyon – Peru

Cotahuasi Canyon

Masih berada di Peru kali ini kita beralih pada Cotahuasi Canyon, sebuah jurang yang terdalam di dunia yang tak kalah menakjubkan. Jurang ini juga menjadi destinasi wisata favorit di Peru, meskipun wisatawan lebih memilih untuk mengunjungi Colca Canyon.

Cotahuasi Canyon nampak seperti celah yang terkikis di antara dua gunung besar. Gunung besar yang berada di antara Cotahuasi Canyon adalah Coropuna (6.425 meter atau 21.079 kaki) dan Solimana (6.093 meter atau 19.994 kaki). Selain itu, jurang ini juga dipotong oleh Rio Cotahuasi, anak sungai Rio Ocoña, hingga mencapai kedalaman 3.354 meter.

Mendaki Cotahuasi Canyon bisa menjadi kegiatan hiking yang melelahkan sekaligus menyenangkan. Ketika sampai di puncak Anda dapat menikmati pemandangan alam yang sangat mengagumkan.

5. Grand Canyon – Arizona

Grand Canyon

Kalau yang satu ini pasti sangat familiar di telinga Anda. Nama Grand Canyon memang masuk sebagai salah satu dari tujuh kejaiaban dunia. Kedalaman Grand Canyon mencapai 1.600 meter. Meskipun bukan jurang yang paling dalam, tetapi kedalaman jurang di sini memang lumayan membuat ngeri.

Grand Canyon memiliki panjang 445 kilometer. Selain itu, Grand Canyon tercipta karena Sungai Colorado yang memotongnya. Keberadaan Sungai Colarado ini justru membuat pemandangan dari atas Grand Canyon nampak begitu indah. Sejak puluhan tahun yang lalu Grand Canyon selalu menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Nah, apakah Anda merasa tertantang untuk turut mengunjungi jurang ini?

6. Fish River Canyon – Namibia

Fish River Canyon

Bukan hanya jurang terdalam di dunia, Fish River Canyon juga merupakan jurang terbesar di Afrika. Walaupun terlihat tandus, jurang ini menjadi incaran bagi para fotografer dari berbagai negara karena memiliki eksotika tersendiri.

Ketinggian Fish River Canyon hanya 550 meter. Di bawah jurang ini terdapat sungai sepanjang 160 kilometer. Berbeda dengan sungai di jurang-jurang lainnya, air di sungai yang berada di bawah Fish River Canyon nampak dangkal dan sedikit.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Fish River Canyon adalah saat musim panas. Pada musim hujan, wisatawan harus waspada terhadap banjir bandang dari sungai di bawah jurang ini.

7. Bicaz Gorge – Rumania

Bicaz Gorge

Ada yang berbeda dengan Bicaz Gorge, sebuah jurang paling fenomenal di Rumania. Jika di jurang-jurang lainnya bagian dasarnya berupa hutan atau sungai, bagian dasar Bicaz Gorge ada yang berupa jalanan. Bahkan, jalan ini dilintasi oleh berbagai jenis kendaraan. Jalanan tersebut menghubungkan Rumania, Moldova, dan Transylvania.

Jurang ini memiliki ketinggian 300 meter. Meskipun bukan yang paling dalam di dunia, tetap saja berada di bibir jurang ini bikin ngeri. Apalagi di bawah jurang terdapat jalan yang banyak dilintasi kendaraan.

8. Blyde River Canyon – Afrika Selatan

Blyde River Canyon

Satu lagi jurang yang terdalam di dunia yang berada di Afrika Selatan, namanya Blyde River Canyon. Jurang ini memiliki ketinggian 762 meter. Bahkan, jika Anda coba mengukur dari puncak gunung tertinggi, kedalam jurang ini bisa mencapai 1.372 meter.

Di bagian bawah jurang terdapat sungai sepanjang 26 kilometer. Walaupun berada di Benua Afrika yang terkenal gersang dan tandus, Blyde River Canyon masuk dalam kategori jurang paling hijau di dunia, lho.

9. Tara River Canyon – Montenegro

Tara River Canyon

Berada di kawasan Taman Nasional Durmitor, Tara River Canyon ternyata masuk dalam situs warisan dunia yang diakui UNESCO. Jurang yang terdalam di dunia ini memiliki ketinggian 1.300 meter atau 4.300 kaki. Bukan hanya diakui sebagai jurang yang sangat dalam di dunia, tapi jurang di Montenegro ini juga merupakan yang terdalam di Eropa.

Bagian dasar jurang ini merupakan sungai. Konon, jika kita berdiri di atas Tara River Canyon akan terdengar suara jeram yang berasal dari sungai di bawahnya. Wah, keren juga, ya?

10. Copper Canyon – Meksiko

Copper Canyon

Berbeda dari jurang-jurang lainnya, Copper Canyon memiliki enam ngarai yang menciptakan lembah-lembah indah dengan aliran air yang mengalir ke laut. Kedalaman jurang yang spektakuler ini adalah 1.879 meter.

Menariknya, bagian atas Copper Canyon juga merupakan habitat bagi hewan-hewan langka, seperti singa gunung, beruang hitam rakun, dan masih banyak. Sayangnya, banyak perburuan ilegal yang dilakukan di Copper Canyon ini.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar