Kampung Keling Medan
Jum'at, 26 Mei 2017
ok nusantara
Bagikan

Kampung Keling Medan

Keliling Kampung Keling Medan, Little India di Sumatra Utara

Berkeliling Kampung Madras atau Kampung Keling Medan jadi aktivitas wisata murah yang bisa dilakukan saat berada di Sumatera Utara. Tempat ini banyak dikenal sebagai little India-nya kota Medan. Dan seperti halnya perkampungan India di tempat lain, Kampung Madras ini pun menjadi destinasi wisata budaya yang menarik di kota Medan.

Keberadaan Kampung Keling ini pun semakin memperkuat reputasi kota Medan sebagai kota multietnis di Indonesia. Terlebih Kampung Keling tak hanya menjadi tempat tinggal orang-orang India. Saat ini, tak sedikit pula masyarakat Medan dari suku lain yang juga turut mendiami wilayah Kampung Madras. Meski begitu, sebutan Little India Medan masih tetap melekat di kampung ini.

Kuil Shri Mariamman di Kampung Keling Medan

Sejarah Kampung Keling Medan

Keberadaan Kampung Keling Medan ini bermula pada awal abad ke-19. Pada saat itu, banyak orang-orang India Tamil yang didatangkan dari negara aslinya untuk bekerja sebagai buruh di lokasi perkebunan tembakau Deli. Para pemilik perkebunan lebih suka menggunakan tenaga impor dari India karena dikenal cukup giat. Dan semakin lama, semakin banyak orang India Tamil yang bekerja di kota Medan.

Seiring dengan berjalannya waktu, tak hanya India Tamil yang datang ke Medan untuk mengadu nasib. Ada juga India Punjab dan Cheyttar yang juga datang ke sini. Selain bekerja sebagai buruh perkebunan, orang-orang India itu juga memperoleh pekerjaan di sektor konstruksi dan bahkan tak sedikit pula yang berprofesi sebagai seorang pedagang.

Pada tahun 1950an, Kampung Keling Medan ini masih banyak didominasi oleh warga keturunan India. Namun jumlah penduduk keturunan India mulai mengalami penurunan dan banyak yang akhirnya memilih tinggal ke lokasi lain. Mereka yang kini banyak mendiami Kampung Keling mayoritas adalah orang-orang keturunan Tionghoa.

Lokasi Kampung Keling Medan

Kampung Keling Medan ini mempunyai luas mencapai 10 hektar. Dulunya, kampung ini sempat disebut dengan nama Patisah. Ada pula yang menyebut Kampung Keling ini dengan nama Kampung Madras. Namun dari banyaknya sebutan itu, nama Kampung Keling menjadi sebutan yang paling populer di telinga masyarakat Medan. Meski penyebutan Kampung Keling terkesan kurang menyenangkan, karena berkonotasi pada warna kulit orang-orang India yang tinggal di sana.

Kampung Keling Medan berlokasi di area sekitar kawasan Zainul Arifin. Dulunya, jalan-jalan di area ini pun mempunyai nama yang India banget. Mulai dari Jalan Kalkuta, Jalan Bombay, Jalan Ceylon, Jalan Madras dan lain-lain. Namun kini beberapa nama itu sudah mengalami perubahan.

Para traveler yang ingin menuju ke lokasi Kampung Keling Medan pun bakal tidak mengalami kesulitan. Kampung Keling ini dikenal sebagai pusat kebudayaan India di kota Medan. Kampung ini menjadi wilayah administratif dari Kecamatan Madras. Untuk menuju ke tempat ini, traveler pun bisa menggunakan sarana transportasi becak bermotor sebagai solusi termudahnya.

Kampung Keling sebagai wisata budaya dan kuliner Medan

kampung keling medan 1

Perayaan Festival Holi di Kampung Keling Medan

Seperti halnya Little India di negara lain, Kampung Keling Medan ini menjadi destinasi wisata budaya yang menarik. Di sini, para traveler akan bisa menyaksikan banyak bangunan tua yang berarsitektur khas India. Yang paling terkenal di tempat ini adalah keberadaan Shri Mariaman dan Kuil Subramaniem, dua kuil terbesar di Kampung Madras. Tak hanya itu, di sini juga masjid bernama Ghaudiyah yang mempunyai desain arsitektur India yang kental. Meski sayang, kini masjid tersebut tertutupi oleh gedung-gedung bertingkat yang ada di sana.

kuliner kampung keling medan

Kuliner India di Kampung Keling Medan

Selain menjadi lokasi wisata budaya, Kampung Keling Medan pun bisa dijadikan sebagai tempat untuk berburu kuliner khas India. Para traveler pun akan bisa dapat dengan mudah menemukan lokasi kuliner India di tempat ini. Beberapa restoran seperti Restiran Cahaya Baru, De Deli Dar Bar ataupun Restoran Bollywood adalah salah satu opsinya. Atau kalau mau yang lebih murah, bisa juga dengan mudah menemukan toko kecil yang menawarkan jajanan atau martabak India.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar