Karya Unik  Sulap Limbah Jagung Jadi Kerajinan Bernilai Tinggi
Sabtu, 11 November 2017
ok nusantara
Bagikan

Karya Unik Sulap Limbah Jagung Jadi Kerajinan Bernilai Tinggi

Aneka Kerajinan dari Bonggol Jagung

Gambar terkait

Di tangan salah satu warga Bogor, Eddie, mengolah limbah bonggol jagung yang biasanya dibuang menjadi berbagai macam kerajinan cantik yang memiliki nilai jual tinggi.

Beberapa hal yang menjadi alasan untuk memilih bahan dasar bonggol jagung adalah isu global warming yang sedang ramai dibicarakan masyarakat, hati Eddie pun tergerak untuk berinisiatif memanfaatkan limbah organik sebagai bahan baku utamanya dalam memproduksi beragam kerajinan. Sebab selain ramah lingkungan, limbah organik seperti bonggol jagung sangat mudah didapatkan di daerah Bogor. Sehingga Eddie tidak pernah kesulitan mendapatkan persediaan bahan baku untuk memproduksi karya-karyanya.

Memiliki latar belakang sebagai pengrajin aneka kerajinan kayu, mendorong Eddie untuk terus berinovasi mengubah bonggol jagung menjadi berbagai macam hiasan seperti lampu hias, kap lampu, sketsel, tatakan gelas, tempat tisu, anyaman tas, serta masih banyak lagi produk unik lainnya.

Gambar terkait

Cara membuat aneka kerajinan dari bonggol jagung cukup membutuhkan kesabaran pasalnya proses pengeringan jagung yang masih basah dapat mencapai 3-7 bulan.

Bonggol jagung tersebut pertama-tama dibersihkan terlebih dahulu kemudian dikeringkan. Setelah kering, Eddie menambahkan bahan pengawet khusus agar bahan bonggol jagung dapat bertahan lama.

Selanjutnya setelah bonggol jagung ditambahkan bahan pengawet, Eddie membentuk bonggol jagung menjadi lingkaran-lingkaran kecil dengan bantuan cetakan atau krom yang biasa digunakan sebagai cetakan kayu. Setelah bonggol jagung dicetak menjadi lingkaran-lingkaran kecil dengan berbagai ukuran, Eddie mulai menyusun lingkaran tersebut pada kreasi kerajinan yang telah dibentuknya, dengan menggunakan bantuan lem. Meskipun proses produksi kerajinan Eddie masih terbilang manual, namun hasilnya pun tidak kalah bagus dengan produk kerajinan buatan pabrik yang diproduksi dengan mesin-mesin modern.

Hasil gambar untuk kerajinan dari bonggol jagung dan cara pembuatannya

Dengan kreatifitas yang cukup tinggi, tidaklah heran bila harga produk kerajinan Eddie laku di pasaran dengan harga cukup mahal. Yaitu berkisar antara Rp 100.000,00 sampai dengan Rp 3.000.000,00, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan masing-masing produk.

Eddie berharap bahwa kerajinan bonggol jagungnya bisa lebih mendunia lagi dan mampu bersaing dengan produk-produk buatan luar negeri.

Saat ini selain tetap melakukan proses produksi aneka kerajinan belaiu juga aktif untuk memberikan pelatihan ke beberapa daerah di Indonesia. Diakuinya hal tersebut lebih menyenangkan daripada harus mengikuti pameran yang mengeluarkan banyak uang.


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar