Kebiasaan Kecil yang Dapat Dilakukan Agar Cita-citamu Tercapai
Selasa, 13 Maret 2018
ok nusantara
Bagikan

Kebiasaan Kecil yang Dapat Dilakukan Agar Cita-citamu Tercapai

8 Kebiasaan Kecil Ini Agar Cita-citamu Tercapai

1. Tetapkan target dan tujuanmu

cara meraih cita-cita

Jika ingin mewujudkan segala mimpimu, tentunya kamu harus menentukan target dan tujuanmu terlebih dulu. Hal ini bertujuan untuk menjadikan segalanya lebih terarah. Kalau target dan tujuanmu telah kamu tetapkan, kamu pasti nggak akan bingung lagi. Nggak harus target yang besar kok, mulai saja dari tujuan-tujuan kecil terlebih dahulu. Nah, dari tujuan-tujuan kecil yang sudah kamu lakukan, kembangkanlah lebih jauh. Jangan lupa pula buatlah note atau catatan kecil setiap aktivitasmu supaya kamu bisa melihat setiap perkembangan yang telah kamu lakukan.

2. Lakukan setiap hari

cara meraih cita-cita

Setelah cita-cita serta impianmu ditetapkan, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah merealisasikannya. Wujudkanlah mimpi kamu secara perlahan dengan dicicil setiap harinya. Ini bertujuan untuk membuat kamu terbiasa dan konsisten dalam meraih cita-cita serta impianmu. Kalau kamu aja nggak mau melakukan setiap hari, jangan berharap deh mimpimu bakalan terwujud sempurna.

3. Tetapkan waktu atau deadline

cara meraih cita-cita

Cita-cita serta impianmu hanya akan menjadi angan serta khayalan kalau kamu nggak mau berusaha untuk mewujudkannya. Maka dari itu banyak hal yang mesti kamu lakukan salah satu caranya dengan menetapkan waktu atau deadline. Tujuan dari deadline ini adalah agar fokus serta tujuan kamu dalam meraih segala cita-cita dan impianmu jadi lebih terarah. Tentunya ini juga bertujuan agar segala impianmu terwujud sesuai dengan deadline yang sudah kamu buat sebelumnya.

4. Teruslah berpikir positif

cara meraih cita-cita

Untuk bisa mewujudkan segala impian serta cita-citamu, tentunya berpikir positif sangat diperlukan. Meyakini impianmu serta proses yang sedang kamu jalani dapat mengantarkanmu menuju kesuksesan. Kalau kamu nggak berpikir positif tentunya keberhasilan itu nggak akan bisa kamu raih, kan? Kamu pasti akan stagnan, jalan ditempat karena selalu takut jika semua yang kamu lakukan akan meraih kegagalan. Oleh karena itu berpikir positif sangatlah perlu.

Selain itu, hal ini juga bertujuan agar saat proses menuju kesuksesan tersebut banyak yang mengatakan hal-hal jelek padamu, kamu tetap yakin dengan impianmu. Karena pasti ada aja deh orang-orang yang akan meremehkanmu, mencemooh, mengatakan kalau kamu nggak akan mampu mewujudkannya. Maka dari itu teruslah berpikir positif. Berusaha sebaik mungkin secara lahir batin, serta selalu yakin dengan kemampuan dirimu dalam meraih mimpi yang kamu inginkan. Jangan mudah menyerah dengan segala rintangan yang akan kamu dapatkan nantinya. Kamu harus tetap optimis.

5. Memberikan penghargaan kecil untuk diri sendiri

cara meraih cita-cita

Karena meraih setiap impian bukanlah hal yang mudah, oleh karena itu memberikan penghargaan untuk dirimu kamu sendiri itu penting lho. Kamu bisa memberikan penghargaan atas setiap pencapaian yang telah kamu raih. Kamu bisa memberikannya dengan berpatokan pada deadline. Jika yang kamu lakukan sukses sesuai deadline, kamu pantas merayakannya.

Nggak perlu penghargaan yang berlebihan kok, hal-hal sederhana seperti nonton film akhir pekan, mentraktir teman-teman, membeli barang keinginanmu, atau sekedar jalan-jalan ke taman kota atau ke tempat rekreasi juga bisa banget kamu lakukan. Perayaan ini bertujuan untuk bisa memotivasi kamu serta menumbuhkan rasa percaya diri atas pencapaian yang telah kamu raih.

6. Evaluasi setiap pencapaianmu

cara meraih cita-cita

Setelah mencapai target, jangan lupa dievaluasi ya. Evaluasi ini bertujuan agar kamu tahu sebaik apa target yang sudah kamu capai serta agar kamu tidak merasa cepat puas dan sombong. Kamu bisa cari referensi  atau meminta pendapat orang yang berkompeten serta terpercaya untuk melakukan evaluasi yang membangun terhadap pencapaianmu. Namun, jangan terlalu diforsir ya!

7. Melakukan pola hidup sehat dengan berolahraga, makan sehat, serta istirahat yang cukup

cara meraih cita-cita

Dalam meraih segala cita dan impianmu, tentunya waktu yang kamu gunakan sangatlah banyak dan padat. Maka dari itu, kamu harus melakukan pola hidup sehat. Caranya dengan berolahraga, makan serta istirahat yang cukup. Dengan berolahraga, pikiranmu akan kembali fresh. Pikiran yang fresh tentu akan meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Nggak perlu olahraga yang berat, cukup yang ringan saja seperti jalan santai, jogging, yoga atau bersepeda. Lakukanlah selama 30 menit.

Selain olahraga makan serta istirahat yang cukup juga diperlukan lho. Memakan makanan yang sehat dan sarat akan gizi akan menambah staminamu untuk kembali beraktivitas, begitu juga dengan berisirahat. Terlalu memforsir diri dengan bekerja dan beraktivitas tanpa henti tentu hanya akan menambah rasa bosan, membuat dirimu terkekang dan bisa membuatmu jatuh sakit. Kalau sakit, bagaimana kamu bisa mewujudkan segalanya? Maka dari itu, jangan lupa lakukan pola hidup sehat juga ya!

8. Jalin networking

cara meraih cita-cita

Setelah semua yang kamu lakukan tercapai, hal lain yang harus kamu lakukan adalah melakukan networking atau jaringan. Kamu harus terbuka dengan orang-orang baru agar pencapaianmu semakin sempurna. Kamu bisa memulainya dengan membantu kesulitan mereka, sekalipun nantinya kamu tidak mendapatkan timbal baliknya secara langsung. Tapi setidaknya, ada pelajaran yang bisa kamu ambil dari orang-orang baru tersebut. 

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar