Kebiasaan yang Bikin Otak Encer
Kamis, 15 Juni 2017
ok nusantara
Bagikan

Kebiasaan yang Bikin Otak Encer

7 Kebiasaan yang Bikin Otak Kamu Encer

1. Amati Keadaan Sekitar Kamu

Mengamati

Jika kamu hanya melihat dan percaya begitu saja pada apa yang dilihat mata kamu, artinya kamu telah melewatkan banyak hal selama ini. Melihat tidaklah sama dengan mengamati, cobalah kamu lebih memperhatikan lagi dengan teliti dan menganalisis apa yang kamu lihat. Kamu pasti akan menemukan hal yang hilang, kamu lupakan, atau yang kamu lewatkan. Cobalah serap apa yang ada di sekitar kamu dan jangan berhenti membayangkan.

2. Belajar Hal Baru

belajar

Jika kamu membuka pikiran dan tidak pernah berhenti belajar, otak kamu akan terbiasa untuk ingin tahu lebih banyak dan tidak pernah menghentikan proses itu. Jadi, gunakan setiap hal untuk belajar hal baru. Belajar itu nggak harus dari membaca, tetapi dari mana saja termasuk dari orang-orang yang memiliki pengetahuan yang lebih luas di sekitar kamu. Salah satu manfaat belajar yang bakal mengejutkan kamu adalah ketika kamu belajar bahasa baru.

3. Mendengarkan Dunia

mendengarkan dunia

Ketika kamu mendengarkan suara di sekitar, artinya kamu menyerap bagian dari dunia. Coba ketika kamu sedang berjalan, simpan smartphone kamu. Cobalah perhatikan tingkah laku mereka dan dengarkan apa yang orang lain bicarakan, bukan untuk bermaksud kepo, tapi untuk mempelajari bagaimana cara mereka berpikir.

Mungkin kamu bisa lakukan trik ini pada seseorang yang kamu suka dan belum kenal banget. Dengan menyerap informasi yang ada kamu pasti bakal bisa nyambung ketika ngobrol dengannya nanti. Mungkin aja kan? Oh iya, kamu dapat berlatih kebiasaan ini dengan mendengarkan musik baru.

4. Lakukan Eksperimen

Experiment

Yakin deh, setiap orang pasti pernah terjebak di zona aman. Benar nggak? Nah, jika kamu belum melangkah keluar dari zona aman dan memulai untuk bereksperimen dengan hal-hal baru, kamu mungkin bakal kehilangan sesuatu yang dapat mengubah hidup kamu. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru, bahkan yang sebelumnya tidak kamu ketahui sama sekali. Temukan keberanian untuk dapat ke luar dari zona kenyamanan kamu dan ambil langkah maju.

5. Latihan dan Olahraga Otak

latihan

Tubuh dan pikiran adalah satu kesatuan. Jika salah satunya sakit atau tidak dalam kondisi terbaik, yang lain juga akan menerima akibatnya. Maka dari itulah, sebaiknya luangkan waktu 20 menit setiap hari untuk melakukan latihan otak yang berbeda, misalnya bermain game yang mengasah otak.

6. Berbicara

bicara

Belajarlah dari orang-orang di sekitar kamu dan berbagi informasi yang tersimpan dalam otak kamu selama bertahun-tahun dengan orang yang mempunyai minat sama. Berani bicara dan ekspresikan ide-ide kamu untuk mengembangkan pemikiran baru.

7. Renungkan

renungkan

Merenungkan sesuatu berguna untuk merelaksasi semua hal yang membuat kamu cemas. Dengan ini kamu dapat meningkatkan konsentrasi dan dapat menyeimbangkan emosional. Kemudian cobalah untuk berpikir di luar kebiasaan, dan selalu mencari banyak kemungkinan jawaban daripada yang paling logis. Jangan pernah berhenti mengeksplorasi ide-ide yang kemungkinan menghasilkan solusi.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar