Kegiatan Menantang Yang Bisa Kamu Lakuin Di Jogja
Sabtu, 04 November 2017
ok nusantara
Bagikan

Kegiatan Menantang Yang Bisa Kamu Lakuin Di Jogja

Tiap kota pasti punya satu obyek wisata yang jadi ciri khas, misalnya saja Bali ada Kuta, Bandung punya Gunung Tangkuban Perahu, lalu Jakarta tentunya ada Monas. Kalau mulai bosan jalan-jalan di kota besar, kamu bisa coba buat masukin Yogyakarta ke dalam bucketlist kamu, guys! Kota kecil ini menyimpan banyak tempat yang nggak kalah asik dan bahkan penuh tantangan.

Nggak melulu soal Malioboro dan keraton aja, masih banyak banget wisata alam dan hal menarik lainnya yang kamu bisa lakukan di sana, salah satunya adalah mencoba berbagai wisata dengan kegiatan yang memacu adrenalin kamu. Penasaran apa saja kegiatannya? Yuk, simak rekomendasinya berikut ini.

1. Surga panjat tebing Gunungkidul di Pantai Siung

kegiatan menantang di Jogja

Pantai ini masih sangat asri dan belum banyak wisatawan yang datang, sehingga suasananya cukup tenang, sejuk, dan nyaman. Pokoknya cocok banget deh buat kamu yang suka hunting foto di tempat yang instagramable. Selain oke buat foto-foto di pantai yang punya karang raksasa, ini bisa jadi tempat paling menantang yang bisa kamu kunjungi. Hal ini karena Pantai Siung memiliki 250 jalur pemanjatan dengan panorama yang sangat indah.

Selain panjat tebing, ada juga fasilitas lainnya yang bisa kamu nikmati di Pantai Siung, seperti hiking dan camping. Jadi, setelah selesai mendaki kamu bisa beristirahat di ground camp untuk mendirikan tenda dengan syarat tidak merusak lingkungannya. Pantai Siung ini letaknya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Makan serangga a la Fear Factor

belalang goreng gunungkidul

Pernah nonton acara yang dulu sempat hits judulnya Fear Factor? Kalau biasanya dalam acara ini peserta diharuskan makan serangga hidup, berbeda dengan kegiatan menantang yang bisa kamu lakukan di Jogja, yaitu makan serangga goreng. Kalau kebetulan kamu pergi ke kawasan Gunungkidul, kamu akan banyak menemukan penjual belalang goreng yang merupakan jajanan khas daerah ini. Karena keunikannya, banyak wisatawan yang penasaran sama makanan ini, lho! Belalang goreng memang sudah lama dijadikan lauk pauk oleh masyarakat yang tinggal di Gunung Kidul. Walaupun memang bukan makanan lazim, belalang kaya akan kandungan proteinnya, lho.

Menurut sebagian orang besar orang yang udah pernah makan, rasanya gurih dan renyah seperti udang. Hal ini yang bikin banyak orang yang suka dan ketagihan sama makanan ini. Semua bagian belalang bisa dimakan termasuk kepala dan kakinya. Tapi, bagi yang alergi sama makanan berprotein tinggi sebaiknya hati-hati, ya. Jangan sampai rasa penasaranmu berujung nggak baik untuk tubuhmu.

3. Uji adrenalin dengan Ayunan Langit Watu Jaran

Ayunan Langit Watu Jaran

Satu lagi hal yang nggak kalah menantang buat kamu lakuin di Jogja adalah mencoba Ayunan Langit Watu Jaran yang lokasinya ada di Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo. Di sini kamu bisa mencoba ayunan langit atau ayunan yang ada di ketinggian, tepatnya berada di pinggir jurang. Nanti, kamu bakalan duduk di kursi ayunan dan diayunkan di atas jurang tersebut. Masalah keamanan, kamu nggak perlu takut karena ayunan ini dibangun dengan baja yang tahan korosi. Bahkan, ayunan ini bisa menanggung beban sampai 500 kg, lho! Ditambah lagi, siapapun yang naik ayunan ini wajib pake seat harnest sebagai pengaman dan juga didampingi langsung sama tim SAR Yogyakarta.

Tapi, bagi kamu yang punya riwayat sakit jantung dan phobia ketinggian memang nggak disarankan untuk naik, ya. Kamu tetap bisa kok menikmati pemandangan keindahan alam di sekitarnya. Banyak juga spot foto menarik dengan latarbelakang Pegunungan Menoreh yang akan menambah kesan estetik dalam fotomu nanti. Kawasan wisata ini buka tiap hari, tapi untuk ayunannya sendiri beroperasi mulai jam 7.00-17.00 WIB. Untuk tiket masuknya cukup terjangkau, yaitu hanya 10 ribu rupiah saja sudah termasuk ojek dari parkiran. Tapi, buat kamu yang pengen nguji adrenalin dengan naik ayunan bakalan dikenai biaya tambahan sebesar 2o ribu rupiah selama 5-10 menit berayun. Eits, tapi jangan salah lho! Meskipun terbilang cukup cepat, tapi cukup membuat adrenalin kamu meningkat, lho!

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar