Kelebihan Semut yang Bikin Kamu Tercengang
Jum'at, 13 Juli 2018
ok nusantara
Bagikan

Kelebihan Semut yang Bikin Kamu Tercengang

 7 Kelebihan Semut yang Bikin Kamu Tercengang!

1. Mampu mengalahkan Thanos

kelebihan semut

Manusia hanya mampu mengangkat benda 2x dari berat tubuhnya. Lain halnya semut yang mampu mengangkat benda 20x dari berat badannya. Bayangkan jika ukuran semut setara dengan manusia dan memiliki kekuatan 20x dari besar tubuhnya, mampu mengalahkan Hulk dan menghajar Thanos, kan?

2. Semut termasuk hewan cerdas

kelebihan semut

Semut mampu membuktikan jika memiliki kepala yang besar bukan berarti dia pintar. Semut yang memiliki tubuh kecil diciptakan memiliki otak yang besar dibandingkan dengan proporsi keseluruhan tubuhnya. Otak semut memiliki sekitar 200.000 sel otak dikepalanya. Semut serangga paling cerdas dibandingkan serangga lainnya.

3. Semut memiliki umur panjang

kelebihan semut

Siapa yang mampu mengira serangga kecil ini mampu hidup selama 20 tahun loh. Tapi itu hanya berlaku untuk ratunya saja sedangkan semut pekerja dan jantan hanya mampu hidup 45-60 hari. Dibandingkan lalat yang berumur 4 minggu dan capung air yang hanya memiliki umur 24 jam, semut memiliki umur yang sangat jauh dibandingkan umur mereka.

4. Semut tidak punya mata dan telinga

kelebihan semut

Semut berbeda dengan manusia yang sangat membutuhkan kedua indra tersebut untuk saling berinteraksi dengan lainnya. Serangga kecil yang unik ini, sangat mengandalkan antenanya sebagai peraba dan pembau. Yap, semut saling berinteraksi dengan mengeluarkan sejenis asam. Untuk sekedar mencari makan pun mereka memberikan tanda dengan asam tersebut agar semut lainnya mengikuti jejak tersebut.

5. Bisa menyebabkan kematian pada manusia

kelebihan semut

Di Bumi, semut memiliki 10.000 spesies. Dengan jumlah keragaman tersebut masing-masing semut memiliki senjata pertahanannya. Ada yang mampu menyengat dan menimbulkan bentol serta diikuti rasa gatal seperti semut merah. Ada juga yang menimbulkan bau tidak sedap seperti semut hitam. Bullet Ant (Semut Peluru) sendiri memiliki pertahanan yang luar biasa dibandingkan spesienya yang lain. Semut ini memiliki gigitan serasa ditembak peluru asli. Bayangkan jika kalian dikeroyok oleh spesies ini, berapa peluru yang mampu bersarang ditubuhmu? satu peluru saja sangat sakit dirasakan.

6. Semut mengalahkan dinosaurus

kelebihan semut

Semut yang diperkirakan telah ada sejak 100 juta yang lalu mampu membuktikan diri menjadi spesies pemenang dibandingkan Dinosaurus. Dinosaurus yang memiliki ukuran beribu kali lipat dibandingkan dengan semut dipercaya punah setelah meteor berukuran besar menabrak bumi. Sedangkan semut yang berukuran kecil? Sampai sekarang 10% daratan di bumi ini dikuasai oleh mereka.

7. Memiliki kemampuan bertani

kelebihan semut

Pada tahun 1970, penelitian berhasil menemukan semut yang mampu bertani di tempat khusus. Berbeda dengan manusia, semut bertani fungi atau jamur. Jamur ini sendiri digunakan oleh semut untuk memunuhi kebutuhan hidupnya layaknya seperti manusia. Semut sendiri melakukan perawatan layaknya manusia, mulai dari menanam, menyiram air, memberi pupuk, dan panen.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar