Kenali Sisi Gelap Dari Internet Yang Tersembunyi
Senin, 20 November 2017
ok nusantara
Bagikan

Kenali Sisi Gelap Dari Internet Yang Tersembunyi

Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan untuk manusia di era serba digital ini. Rasanya hampir lebih dari 5 jam kamu disibukkan dengan interbet. Tapi kamu pernah mendengar istilah deep web yang ada di interner? Mungkin kamu pernah mendengarnya tapi tidak mengetahui arti dari deep web.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut adalah penjelasan soal deep web dan dark wen yang ternyata sangat mengerikan.

Apa itu deep web?

Deep Web

Deep Web adalah informasi dan hal-hal lain di internet yang tidak bisa di search oleh search engine seperti Google, Bing dan Yahoo! Contoh diantaranya adalah informasi akademik yang hanya bisa diakses oleh komputer khusus milik sekolah masing-masing hingga file pemerintah seperti data-data tentang kamu. 

Apa beda deep web dan dark web?

 Ya, perbedaannya adalah Deep Web biasa mengandung unsur penting yang tidak boleh diketahui sembarang orang di internet. Seperti Deep Web, Dark Web juga tidak bisa sembarang di search oleh pengguna internet tetapi daripada informasi penting, Dark Web menyimpan sesuatu yang jauh lebih gelap.

Website-website tersembunyi dari dunia luar semua ada disini dan bisa diakses secara gratis dengan menggunakan sesuatu yang bernama TOR Browser. Mulai dari website penjualan narkoba hingga website khusus untuk menyewa pembunuh professional hal gelap apapun yang kamu pikirkan, semua ada di Dark Web.

Untuk istilah lebih jelas, seringkali internet dilambangkan dengan sebuah bongkahan es atau iceberg dimana yang bisa kita lihat diatas genangan air terlihat sepele namun tersembunyi didalam selimut air yang gelap gulita adalah hal yang sangat berbahaya dan dapat menenggelamkan kita dengan mudah.

Deep Web

Belum termasuk semua mitos dan legenda gelap mengitari Dark Web. Diantaranya adalah Red Room sebuah website yang selalu berganti alamat dan konon jika kita membukanya, kita bisa melihat orang disiksa hingga kematian.

Deep Web

Dan mereka yang membuka website itu bahkan bisa “Menyuruh penyiksa untuk melakukan hal tertentu kepada yang disiksa”. Walau katanya yang disiksa biasanya adalah “Teroris atau kriminal peperangan” tidak mengubah betapa menyeramkannya bahwa hal seperti itu mungkin ada di Internet.

Awal mula Dark Web

Semua ini berasal dari sebuah projek yang bernama Tor. Projek Tor adalah sebuah projek yang pertama dibuat agar pemerintah Amerika Serikat dapat menelusuri internet dengan anonimitas sepenuhnya dan menjaga tata tertib internet sekaligus jika dibutuhkan untuk memata-matai negara yang misalnya sedang berperang dengan mereka.

Tetapi, masalahnya dengan anonimitas adalah: Kamu tidak bisa menjadi anonim kalau hanya kamu yang menggunakannya. Kalau ada yang melihat seseorang menggunakan Tor dan hanya Pemerintah Amerika yang bisa memakainya maka sudah jelas siapa yang sedang memakainya.

Deep Web

Agar mereka bisa tetap menjadi anonim, mereka terpaksa mengeluarkannya ke umum. Namun oleh karena itu, ahli-ahli teknologi luar justru menggunakannya untuk menjalankan tindakan-tindakan kriminal mereka sendiri.

Walau FBI dan badan lainnya telah berusaha keras untuk menangkap pembuat-pembuat website ini, mereka tidak bisa bekerja cukup cepat. Usaha untuk menurunkan angka website gelap tidak berbuah manis. Bahkan pihak pemerintah Amerika juga sulut menangkap sekluruh pengaturnya.

Dan ini semua masih berlanjut karena pemerintah Amerika memerlukan anonimitas untuk segala keperluan mereka.

Kelebihan TOR

Deep Web

Walaupun banyak hal negatif yang bisa didapatkan di deep web, fungsi dari TOR ternyata punya kelebihan. Misalnya saja 5 kelebihan postif berikut ini.

  • TOR, seperti VPN lain akan memberimu anonimitas selagi menelusuri internet. TOR juga bisa digunakan untuk membuka situs biasa.
  • Membebaskanmu dari serangan hacker, asalkan kamu tidak mendownload apapun yang mencurigakan.
  • Mengabulkanmu akses kepada situs yang sudah diblokir sekalipun.
  • Melebihi Proxy atau VPN biasa, Tor adalah yang tercanggih dan terteliti yang bisa kamu dapatkan dan lebih dari memastikan keanonimitasanmu.
  • Proxy yang setara dengan proxy berbayar puluhan hingga ratusan dollar namun bisa kamu dapatkan dengan gratis!

Dan menurut laporan dari Pemerintah Amerika pun, sebenarnya diatas 80% pengguna Tor adalah mereka yang sekedar ingin anonimitas yang kuat dengan gratis! Daripada untuk membuka situs-situs berbahaya di Dark Web

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar