Keuntungan Menjadi Seorang Jurnalis
Rabu, 14 Maret 2018
ok nusantara
Bagikan

Keuntungan Menjadi Seorang Jurnalis

8 Keuntungan Menjadi Seorang Jurnalis

1. Nonton konser atau film gratis

keuntungan menjadi jurnalis

Keuntungan yang akan sering kamu rasakan saat menjadi seorang jurnalis, terutama jurnalis feature adalah kesempatan untuk menonton konser band atau musik favorit secara gratis. Bagaimana bisa? Biasanya, pihak penyelenggara akan bekerjasama dengan beberapa media untuk kepentingan publikasi acaranya. Sebagai imbalannya mereka akan memberikan beberapa tiket konser gratis yang diperuntukkan bagi sang jurnalis untuk datang dan meliput keseluruhan acaranya. Nah, kalau sudah begini kamu bisa bekerja sekaligus menikmati konser musiknya, kan?

Selain itu, jurnalis juga memiliki kesempatan untuk menyaksikan pemutaran perdana sebuah film secara gratis jauh sebelum film ini tayang untuk masyarakat umum. Jadi, saat orang lain sedang menunggu kehadiran sebuah film, kita sudah tahu terlebih dahulu jalan cerita yang ada di filmnya. Lagi-lagi, kita harus memberikan pemberitaan seputar film yang biasanya berupa review film yang sudah disaksikan.

2. Makan enak

keuntungan menjadi jurnalis

Selama menjadi seorang jurnalis, kamu juga tidak perlu merasa takut untuk kelaparan, karena hampir bisa dipastikan kamu akan menikmati berbagai hidangan lezat yang dijumpai saat liputan sebuah acara yang sudah disiapkan oleh penyelenggara, apalagi jika kamu menghadiri undangan acara yang diselenggarakan saat jam makan siang atau makan malam. Terlebih lagi jika kamu adalah jurnalis atau wartawan kuliner, wah sudah pasti hari-harimu diisi dengan berbagai macam hidangan lezat yang ditawarkan oleh berbagai macam restoran dan hotel terkemuka. Wah, kamu bisa menikmatinya sepuasnya. So, siapkan perut dan jangan lupa juga untuk mengimbanginya dengan rajin berolahraga, ya!

3. Bisa tau hal baru lebih cepat dari orang lain

keuntungan menjadi jurnalis

Keuntungan selanjutnya adalah bisa mengetahui berbagai informasi terbaru dan terhangat lebih cepat dari orang lain, termasuk di dalamnya adalah gosip artis, pejabat, dan orang penting lainnya yang didapatkan dari rekan jurnalis lainnya.

4. Jalan-jalan ke luar negeri gratis

keuntungan menjadi jurnalis

Tidak hanya jalan-jalan plus kerja ke luar kota, kamu juga memiliki kesempatan untuk pergi ke luar negeri secara gratis bahkan biaya hidup selama bertugas liputan di suatu negara pun sudah terjamin. Dengan begini, kamu bisa mengenal budaya negara lain tanpa harus mengeluarkan biaya pribadi. Bahkan, kamu juga berkesempatan untuk menginap di hotel bintang 5 dengan pelayanan ekstra layaknya sosialita. Namun tentunya kamu harus tetap memenuhi tugasmu sebagai seorang jurnalis, yaitu membuat pemberitaan seputar acara yang sedang kamu liput di sana. Lumayan kan, kamu bisa mengunjungi banyak negara baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, deh

5. Mempunyai jaringan pertemanan yang luas

keuntungan menjadi jurnalis

Satu hal yang harus kamu ingat bahwa menjalani profesi sebagai seorang jurnalis membuat kamu memiliki jaringan pertemanan yang sangat luas, mulai dari kalangan menengah bawah sampai atas dan juga rekan jurnalis dari media lainnya. Hal ini tentunya akan mempermudah kamu untuk melakukan berbagai hal, termasuk salah satunya saat mencari pekerjaan baru. Tidak jarang juga dari profesi sebagai jurnalis ini kamu bisa mendapatkan banyak pekerjaan sampingan untuk menambah uang saku. Manfaatkan sebaik mungkin, ya!

6. Kesempatan bertemu artis, menteri, dan orang penting lainnya

keuntungan menjadi jurnalis

Selain jaringan pertemanan yang luas, kamu juga memiliki kesempatan untuk bertemu dengan artis idola, menteri, bahkan presiden jika berprofesi sebagai seorang jurnalis. Hal ini karena lingkungan pekerjaan yang menuntut kamu untuk meliput berbagai hal yang ada di negeri ini mulai dari berita nasional, hiburan, kesehatan, kuliner, dan masih banyak lagi. Awalnya memang sangat menyenangkan bertemu dengan idola ataupun orang penting tersebut, namun lama kelamaan kamu akan merasa biasa saja karena sudah terbiasa bertemu. Well, bagaimanapun juga tidak semua orang memiliki kesempatan seperti ini, lho!

7. Peluang karier yang luas

keuntungan menjadi jurnalis

Peluang karier menjadi seorang jurnalis cukup luas, hal ini mengingat banyaknya media (baik cetak maupun online) di Indonesia yang bisa digeluti. Bahkan, kamu juga bisa menggeluti karier lainnya (yang tentunya masih dalam ranah jurnalis) seperti menjadi penulis lepas, sosial media, dan berbagai pekerjaan kreatif lainnya.

8. Jam kerja fleksibel

keuntungan menjadi jurnalis

Jam kerja di media sebagai jurnalis juga dikenal cukup fleksibel, bahkan terkesan bebas. Hal ini karena jurnalis lebih banyak menghabiskan waktunya di luar untuk liputan dan menghadiri berbagai acara. Berbeda dengan pekerja kantoran yang sudah memiliki jam masuk dan pulang kantor yang sudah ditetapkan.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar