Kue Tradisional Indonesia Ini Berlapis-lapis Enaknya
Kamis, 03 Agustus 2017
ok nusantara
Bagikan

Kue Tradisional Indonesia Ini Berlapis-lapis Enaknya

Gambar terkait
Kue tradisional Indonesia berhasil merajai kue internasional, bersanding dengan aneka kue mewah negara lain. Kue itu adalah lapis legit. Kelezatan lapis legit membuat CNN memilihnya sebagai 5 besar kue terenak dunia, setelah Pavlova (New Zealand), Swedish Prince Cake (Swedia), Victoria Sponge (Inggris). Selain kue lapis legit, sebenarnya ada banyak kue tradisional Indonesia lainnya yang tak kalah lezatnya. Berikut ini aneka kue lapis dari berbagai daerah yang menggugah selera:

1. Engkak Ketan khas Palembang

Hasil gambar untuk kue engkak ketan asli palembang

Hasil gambar untuk kue engkak ketan asli palembang


Engkak ketan termasuk kue istimewa. Selain karena rasanya legit, juga karena proses pembuatannya yang memakan waktu hingga sekitar 8 jam untuk setiap loyangnya. Waktu yang sangat lama untuk memasak kue. Namun itu terbayar sudah saat kue matang sempurna. Sekilas, tampilan kue engkak ini mirip dengan lapis legit karena memang berlapis-lapis. Engkak lebih kenyal, bantat, dan terasa agak lengket di tangan.

Rasa kue engkak ketan Palembang begitu legit dan lezat. Kue ini sering muncul menjelang perayaan hari raya besar atau pesta. Karena itulah kue engkak dianggap sebagai kue istimewa yang identik dengan perayaan momen spesial. Tidak banyak toko yang menjual engkak ketan ini karena proses pembuatannya cukup melelahkan, yaitu selama sekitar 8 jam. Kurang cocok untuk jadi penganan sehari-hari.

Kue engkak dibuat dari bahan-bahan pilihan terbaik. Bahan utamanya adalah telur bebek dalam jumlah banyak (sekitar 15 butir), tepung ketan, santan kental, gula pasir, susu kental manis, dan mentega cair. Telur bebek digunakan karena bisa memberi rasa lebih gurih pada makanan. Dan jika ingin rasa lebih special, santan yang digunakan adalah santan grondo, yaitu santan yang dimasak hingga berminyak.

2. Kue Lapis Kojo khas Palembang

Hasil gambar untuk lapis sekojo

Hasil gambar untuk lapis sekojo

Nama kue kojo diambil dari bentuk loyangnya yang seperti bunga kamboja. Kojo artinya kemojo atau kamboja. Saat ini pembuatan kue kojo lebih banyak menggunakan loyang persegi.

Kue lapis kojo sering juga disebut kue 8 telur karena setiap adonannya menggunakan 8 buah telur. Kue ini terbuat dari tepung terigu, santan kental, gula pasir, telur bebek, susu kental manis, mentega, dan daun pandan. Lapis kojo mudah dikenali dari warnanya yang hijau. Warna ini diperoleh dari pewarna alami daun suji. Jika tidak diberi pewarna, kue lapis ini akan berwarna kekuningan.

Lapis kojo dimasak dengan cara dipanggang lapis demi lapis. Setiap batas lapisannya tampak seperti garis berwarna hitam sebagai efek pemanggangan bertahap. Kue lapis kojo dikenal sebagai kue tradisional Palembang yang sering dibuat saat ada perayaan atau peringatan hari besar. Aromanya wangi dan rasanya manis gurih.

Kue lapis kojo disajikan dalam bentuk potongan-potongan kecil dengan tebal sekitar 1 – 2 cm. Sengaja disajikan kecil-kecil karena kue ini sangatlah manis. Memakannya dalam potongan besar akan mengurangi citarasa kenikmatannya.

3. Kue Lapis Maksuba

Kue Lapis Maksuba Khas Palembang

Kue Lapis Maksuba kukus lembut

Kue lapis maksuba juga berasal dari Palembang. Kue ini menggunakan lebih banyak lagi telur, yaitu sekitar 20 – 25 buah telur dalam satu adonan untuk satu loyangnya. Bahan lainnya adalah susu kental manis, gula pasir, mentega, dan vanila.

Tekstur lapis maksuba padat dan lembut. Bisa dimasak dengan cara dipanggang maupun dikukus. Warna kue ini setelah matang adalah cokelat muda dengan garis-garis lapisan berwarna cokelat tua.

Proses pembuatannya sama seperti kue lapis lainnya, yaitu adonan lapis pertama dibuat setengah matang, lalu ditimpa dengan adonan lapis kedua, tunggu lagi sampai setengah matang, lalu ditimpa adonan lapis ketiga, dan seterusnya hingga adonan habis semua.

4. Kue Lapis Nanas

Cake lapis nanas keju ala kota Semarang


Cake lapis nanas stroberi

Kue lapis lainnya yang berasal dari Palembang adalah lapis nanas. Nanas yang asam diolah menjadi selai manis yang menyegarkan, kemudian dioleskan pada setiap lapisan bolu. Dalam setiap gigitannya saat dimakan, akan terasa perpaduan gurih, manis, dan asam.


Kue tradisional Indonesia ini menggunakan bahan utama telur cukup banyak, yaitu sekiatr 7 – 8 butir. Bahan campuran lainnya adalah tepung terigu, gula pasir, susu kental manis, serta margarin. Adonan dipanggang lapis demi lapis, dan setiap jeda lapisannya diolesi mentega dan selai nanas. Jumlah lapisannya beragam, bergantung selera dan banyaknya adonan.

5. Kue Pepe khas Betawi

kue Pepe yang kenyal, gurih, dan nikmat


Kue Pepe mangkuk


Tidak hanya Palembang yang punya kue lapis khas. Betawi juga punya, yaitu kue pepe. Jika dipegang, kue ini terasa lengket dan kenyal. Kue ini mudah dikenali dari tampilannya yang berlapis dan berwarna mencolok. Sering ditemukan di warung jajanan pasar, pesta perayaan atau syukuran.

Kue Pepe terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula pasir. Dibuat berlapis-lapis dengan warna berbeda setiap lapisnya. Warna yang paling banyak digunakan adalah putih, hijau, dan cokelat. Agar lebih menarik, ada yang menggunakan warna merah. Ada juga yang menggunakan hanya satu warna, namun dibuat bergradasi agar tampak lebih cantik.

6. Kue Lapis Surabaya

Kue Lapis Spiku Surabaya


Oleh oleh khas surabaya Spikoe resep kuno

Kue lapis Surabaya dikenal juga dengan nama spekoek. Kue tradisional Indonesiayang satu ini sangat terkenal dan mudah diperoleh di berbagai kota besar Indonesia. Bolu ini digemari karena rasanya enak, manisnya cukup, teksturnya lembut, aromanya wangi, dan harganya terjangkau. Sangat cocok untuk camilan mengenyangkan, suguhan tamu, bingkisan, oleh-oleh, dan acara-acara lainnya.

Kue Lapis Surabaya dikenal dengan ciri khasnya yang berlapis 3 berwarna kuning – cokelat – kuning. Pada setiap batas lapisannya diberi selai strawbery yang manis asam, memberi rasa segar di mulut. Rasa telur dan mentega sangat mendominasi pada kue ini. Tentu saja karena bahan utama pembuatannya adalah kuning telur dan mentega yang cukup banyak.

Saat ini kue lapis Surabaya dibuat berbagai variannya. Ada yang diberi selai cokelat, rasa pandan yang berwarna hijau, taburan kismis, dan sebagainya.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar