Kuil Terindah di Dunia
Kamis, 04 Mei 2017
ok nusantara
Bagikan

Kuil Terindah di Dunia

10 Kuil Hindu-Buddha TerIndah di Dunia

1. Candi Prambanan, Klaten, Indonesia

img-1493875778.jpg

Candi ini merupakan salah satu candi Hindu kebanggaan bangsa Indonesia. Kompleks candi Prambanan sendiri sangatlah luas dimana dilengkapi atas 8 candi utama dan 150 candi perwara. Candi paling besar didedikasikan untuk Dewa Siwa dengan ketinggian mencapai 47 meter. Candi Prambanan ini juga terkenal akan legenda Roro Jonggrang-nya.

2. Candi Borobudur, Magelang, Indonesia

img-1493875790.jpg

Candi Borobudur adalah candi Buddha paing besar di dunia. Salah satu keajaiban dunia ini dibangun pada abad ke 8-9 M oleh Dinasti Syailendra dan tersusun hingga 2 juta blok batu serta 504 patung Buddha.

Di abad ke-14 M, candi ini telah ditinggalkan diduga sebab erupsi Gunung Merapi pada waktu itu. Candi ini baru ditemukan kembali tahun 1814 oleh gubernur jenderal Inggris bernama Raffles.

3. Angkor Wat, Siem Reap, Kamboja

img-1493875804.jpg

Kuil ini merupakan salah satu kuil paling terkenal di dunia, bahkan banyak menginspirasi tentang kisah petualangan Indiana Jones sampai dengan Lara Croft. Angkor Wat memiliki arti sebagai “Kota Kuil” dibangun pada awal abad ke-12 oleh Raja Suryawarman II.

Mulanya, kuil ini ialah kuil Hindu yang didedikasikan kepada Dewa Wisnu. Namun seiring berkembangnya Buddha di abad ke 14-15 M, kuil ini diubah menjadi kuil Buddha. Tak jauh dari lokasi kuil ini, terdapat reruntuhan Bayon dan Angkor Thom yang merupakan bekas ibu kota Kerajaan Khmer.

4. Wat Phra Kaew, Bangkok, Thailand

img-1493875818.jpg

Wat Phra Kaew lebih dikenal dengan nama “Emerald Buddha Temple” dimana kuil ini merupakan objek wisata andalan di Kota Bangkok. Kawasan kuil ini menyimpan salah satu patung Buddha paling tua dan paling dipuja. Patung yang seluruhnya terbuat dari batu emerald ini, konon dibangun di India pada tahun 43 SM dan dibawa ke Bangkok untuk menghindari peperangan.

5. Wat Arun, Bangkok, Thailand

img-1493875837.jpg

Kuil Wat Arun artinya “Kuil Fajar” atau “Temple of Dawn” yang merupakan salah satu objek wisata paling populer di Thailand. Walaupun disebut Kuil Fajar, tetapi Kuil Wat Arun lebih tersohor karena panorama dramatisnya ketika akan terbenam matahari.

6. Pha That Luang, Vientiane, Laos

img-1493875848.jpg

Pha That Luang atau disebut juga “Great Stupa of Lao” adalah salah satu kuil terpenting di Laos yang dibangun sejak abad ke-16. Sama halnya dengan Borobudur, kuil Buddha ini dibangun dengan konsep berteras. Teras paling bawah menggambarkan kehidupan duniawi, sementara teras atas menggambarkan kesempurnaan yang dicapai Buddha.

7. Pagoda Shwedagon, Yangon, Myanmar

img-1493875861.jpg

Kuil ini adalah bangunan tersuci umat Buddha di Myanmar. Pagoda Shwedagon ini dibangun kira-kira pada abad ke 6-10 M. Pusat dari bangunan ini yaitu stupa dengan ketinggian mencapai 99 meter yang seluruhnya dilapisi emas seberat 90 ton. Di bagian puncak stupa tertutup oleh 10.000 batu permata dimana masing-masing permata berkadar 76 karat. Tak heran jika umat Buddha sangat mengagungkan kuil ini, sebab didalamnya terdapat salah satu peninggalan berharga mereka, yaitu 8 helai rambut dari sang Buddha sendiri.

8. Tiger’s Nest Monastery, Bhutan

img-1493875910.jpg

Bangunan Buddha ini terlihat sangat menakjubkan sebab kuil ini sengaja dibangun di sebuah tebing dengan ketinggian mencapai 900 meter. Legenda mengatakan bahwa Guru Reponche, salah seorang umat Buddha, mendaki tebing ini di atas punggung seekor singa kemudian ia bermeditasi di sebuah goa dimana bangunan ini dibuat.

Tiger’s Nest Monastery ini bernama asli Taksthang Goemba yang dibangun pada tahun 1692 dan direkonstruksi kembali pada 1998 setelah terbakar.

9. Temple of Heaven, Beijing, RRC

img-1493875922.jpg

Bangunan bagi pemeluk Tao ini dibangun pada abad ke-14 oleh Kaisar Yongle dari Dinasti Ming. Arsitektur dari kuil ini sangatlah menarik. Kuil ini sengaja dibangun dalam bentuk melingkar untuk melambangkan surga, sedangkan di atas fondasinya berbentuk segi empat yang memiliki arti bumi.

10 Golden Pavilion, Kyoto, Jepang

img-1493875957.jpg

Yang terakhir adalah Kinkaku-ji atau “Temple of the Golden Pavilion” dimana kuil ini awalnya merupakan sebuah villa milik seorang shogun pada abad ke-14 yang diubah menjadi sebuah kuil Zen. Selain keindahan arsitekturnya, kuil ini memiliki background yang indah berupa taman dan danau di sekitar kuil.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar