Kuliner Batam
Kamis, 16 Maret 2017
ok nusantara
Bagikan

Kuliner Batam

7 Kuliner Khas Batam

Kuliner Khas Batam Kue Bingka Bakar

wisata kuliner batam


Jika dipontianakterdapat kue bingka maka kamu juga bisa menemukan kue bingka di Batam. Lho kok sama? Eitss, jangan berpikir sama dulu karena kue bingka di Batam ini adalah kue bingka bakar. Untuk rasanya memang hampir mirip mengingat keduanya memiliki bahan dasar yang sama. Namun tetap saja, meskipun sama tapi kuliner setiap daerah akan memiliki rasa yang berbeda.

Awalnya kue bingka bakar ini selalu menjadi makanan wajib di pagi hari bagi warga setempat. Namun mengingat semakin banyak orang atau wisatawan yang berkunjung ke Batam maka kue bingka bakar ini sekarang memiliki fungsi ganda yaitu sebagai camilan wajib di pagi hari dan sebagai oleh-oleh. Kue bingka bakar ini selalu menjadi oleh-oleh yang harus dibeli ketika berkunjung ke Batam lho. Biasanya kue bingka ini disajikan dengan berbagai varian rasa seperti kue bingka susu, ubi, coklat, keju dan masih banyak lagi lainnya. Kamu bisa memilih varian mana saja yang kamu suka. Untuk jalan aman sebaiknya kamu membeli semua varian rasanya ya.


Mencicipi Kuliner Khas Batam Mie Tarempa

wisata kuliner batam


Apakah kamu pernah mendengar Mie Tarempa? Makanan ini adalah salah satu kuliner khas Batam. Mi ini dimasak dengan menggunkan daging ikan dan beberapa bumbu tambahan jadi bisa dipastikan kuliner ini lebih sedikit mengandung lemak jika dibandingkan dengan mi yang dicampur dengan daging sapi. Hal lain yang membuat mie ini lebih nikmat adalah tambahanseafooddi dalamnya. Selain itu bumbu tambahan yang berupa rempah-rempah sangat terasa dalam kuahnya.

DiBatam, kamu bisa dengan mudah menemukan penjual kuliner khas ini dan jangan heran jika kamu melihat antrian di dalamnya. Selain rasanya yang enak, harga mie tarempa yang cukup ramah dikantong membuatnya semakin populer. Cukup dengan membayar Rp12.000,- maka kamu sudah bisa menyantap seporsi mie tarempa. Mungkin kuliner ini tidak bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Namun ketika berada di Batam sangat disayangkan jika kamu tidak mencicipinya karena meskipun kamu bisa menemukan penjual mie tarempa di luar Kota Batam, rasanya benar-benar tidak sama lho. Coba saja dan kamu pasti akan menyukainya.


Camilan Khas Batam Luti Gendang

wisata kuliner batam


Dari kuliner mie tarempa mari kita berpindah ke kuliner khas Batam lainnya. Kali ini kita akan membahas tentang luti gendang. Kuliner ini merupakankulinerkhas Pulau Tarempa. Luti gendang ini memiliki bentuk lonjong seperti kroket. Kamu tahu kroket kan? Yups, bentuknya mirip sekali dengan kroket, namun rasa dan proses pembuatannya tentu berbeda. Persamaannya adalah keduanya memakai isian sebagai pelengkap.

Hmm, terlihat dari ulasan di atas bahwa kuliner yang satu ini biasa saja. Namun sebelum pemikiran kamu semakin jauh, kamu harus tahu bahwa luti gendang ini populer karena tekstur adonannya yang lembut dan juga rasanya yang sangat khas. Yakin deh, kamu cuma bisa merasakan si luti gendang di Batam. Nah, bagi kamu yang ingin mencicipi kuliner ini tidak perlu bingung karena kamu bisa menemukannya di tempat yang sama dengan Mie Tarempa. Jadi kamu bisa mencicipi dua kuliner khas Batam langsung di satu lokasi.


Membawa Cake Pisang Villa Sebagai Oleh-oleh Khas Batam

wisata kuliner batam


Cake mungkin memang cukup mudah ditemukan karena memang setiap toko kue bisa menjual jenis makanan ini. Namun Kota Batam memiliki cake yang berbeda dari daerah lainnya. Di kota ini, kamu bisa menemukan cake yang sangat populer yaitu Cake Pisang Villa. Cake yang satu ini tidak hanya terkenaldi kalangan masyarakat Batam saja, namun hampir setiap wisatawan yang datang ke Batam akan memburu cake ini sebagai oleh-oleh.

Cake ini pada dasarnya hanya mendapatkan tambahan berupa pisang namun rasanya benar-benar enak. Setelah mencicipi kuliner ini tidak ada salahnya lho untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selain Cake Pisang Villa, kamu juga bisa menemukan makanan lain yang berbahan dasar pisang di kota ini. Ada minuman hingga jajanan tradisional yang terbuat dari pisang bisa kamu temui di Batam. FYI, selain Cake PIsang Villa kamu juga bisa mencicipi saudara dekatnya yaitu Cake Buah Naga. Hmm sepertinya berat badanmu akan naik setelah selesai berlbur di Kota Batam.

Mencoba Kuliner Khas Batam Gonggong Seafood

wisata kuliner batam


Apakah kamu pernah mendengar gonggong? Ini bukan suara anjing lho. Gonggong merupakan sejenis kerang yang hidup di perairan Kepulauan Riau. Jika diperhatikan dengan seksama, gonggong ini mirip dengan keong. Ada beberapa orang yang tidak bisa mengkonsumsi gonggong atau keong ini mengingat memang terkadang ada rasa tak nyaman yang muncul. Namun ketika kamu berada di Batam wajib banget untuk mencoba gonggongseafood..

Di Batam, gonggong disajikan bersama cangkangnya, jadi dalam proses pembuatannya Gonggong akan direndam dalam air garam agar kotoran yang menempel di dalamnya lepas. Kemudian gonggong tersebut akan dicuci dengan air mengalir secukupnya sampai bersih. Setelah itu gonggong baru direbus agar bisa dikonsumsi. Jika kamu memesan kuliner yang satu ini maka kamu akan diberikan seporsi gonggong geafood yang ditemani dengan saus spesial yang pastinya membuat kuliner khas Batam ini semakinnikmat. Awas ketagihan ya.

Menyantap Mie Lendir Makanan Khas Batam

wisata kuliner batam


Hmm, mendengar namanya mungkin kamu sudah ngeri. Namun sebelum itu yuk, kita ulas kenapa kuliner yang satu ini diberi nama mie lendir. Kuliner yang satu ini memiliki bahan dasar mi pipih yang bisa dengan mudah kamu temukan. Namun yang membuat mi ini berbeda adalah kuahnya yang kental sehingga terlihat berlendir. Bagi kamu yang belum mencobanya pasti berpikir untuk tidak mencicipinya. Tapi kamu akan menyesal jika tidak mencobanya.

Mie Lendir ini memiliki rasa khas yang ada dalam kuahnya. Rasa rempah yang kuat membuat mie lendir menjadi favorit banyak orang. Kamu perlu tahu bahwa kuah mie lendir ini dimasak sendiri dan saat akan disajikan mi yang sudah diletakkan di atas piring akan disiram dengan kuah. Jadi kamu tidak perlu khawatir mi akan mengembang. Selain berbumbu rempah-rempah spesial, kuah mie lendir biasanya dicampur dengan udang sehingga rasanya lebih enak. Untuk pelengkapnya mie lendir akan ditaburi bawang goreng, daun bawang dan emping. Telur rebus atau tahu bulat bisa menjadi pelengkap yang lezat.


Makanan Non Halal Khas Batam Bak Kut Teh

wisata kuliner batam


Makanan yang satu ini hanya bisa dikonsumsi oleh warga atau turis non muslim ya. Hal ini disebabkan oleh bahan dasar Bak Kut Teh yang menggunakan daging babi. Kuliner ini lahir dari budaya Tionghoa Selat Malaka. Di Indonesia sendiri Bak Kut Teh populer di wilayah Kepulauan Riau termasuk Batam. Makanan ini awalnya di buat dengan menggunakan igababi.Semoga saja ke depannya ada yang membuat Bak Kut Teh menggunakan daging sapi di Batam agar turis muslim juga bisa menikmatinya

Sup iga babi ini bisa dikatakan sebagai obat atau tonik karena memang kuahnya terbuat dari berbagai macam rempah. ARomadari sup iga babi ini cukup kuat lho, namun rasanya sangat enak. Hal ini disebabkan adanya campuran tauco, saus tiram, pekak, kayu manis dan merica hitam. Khusus untuk pekak, kayu manis dan merica hitam akan dimasukkan dalam kantung dan dimasukkan ke dalam kuah Bak Kut Teh. Kuliner ini biasanya disajikan bersama nasi putih. Untuk menambah rasa biasanya seporsi Bak Kut Teh akan di tambah dengan tofu, jamur ataupun selada.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar