KULINER SERAGEN ENAK DAN LEZAT
Minggu, 16 April 2017
ok nusantara
Bagikan

KULINER SERAGEN ENAK DAN LEZAT

Hasil gambar untuk kuliner sragen

Jangan remehkan Sragen, kalau makanannya sudah keluar, pasti bikin kamu melongo. Karena rasanya yang mantap dan khas. Beberapa di antaranya mungkin kuliner yang lumrah ada di mana-mana seperti sate dan bakso. Namun tetap saja, karena kamu berada di Bumi Sukawati, momennya jadi berbeda. Ada juga kuliner khas yang hanya bisa kamu temukan di sini.

Sragen memang pas banget jika disandingkan dengan long weekend. Kamu bisa datang ke tempat-tempat beken ini untuk memuaskan lidahmu dan mengisi perut. Buang rasa lapar dan sambutlah cita rasa mantap di lokasi yang tepat. Travelingyuk sudah menyiapkan daftar rekomendasinya. Selengkapnya di bawah ini ya!


1. Soto Girin

Soto Girin [imagesource]

Soto Girin memiliki kuah yang rasanya lezat dan memiliki aroma khas kuali dan perapian dari arang. Bisa dibilang, kuliner ini adalah ikon legendaris dan andalan di Sragen. Sudah puluhan tahun berdiri, dan tetap eksis hingga saat ini. Agar rasa tetap konsisten, maka cara memasaknya juga tidak pernah berubah sama sekali yaitu dengan menggunakan kuali dari tanah liat. Perapiannya juga masih memakai kayu bakar serta arang. Itulah alasannya kenapa aroma dan rasanya khas sekali.

Alamat : Jalan Raya Sukowati No.488, Sragen Wetan, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen


2. Bakso Rusuk Palur

Bakso Rusuk Palur [imagesource]

Yang membuat bakso ini begitu recommended adalah kuah kaldunya yang berasa banget. Belum lagi bakso dengan tekstur empuk serta pelengkap lainnya membuat satu porsi saja jadi kurang. Sesuai namanya, ada rusuk di dalam bakso. Jadi ketika kamu menggigitnya ada tekstur yang renyah. Ada beberapa pilihan menu seperti bakso biasa (polos), bakso rusuk ( iga sapi ) dan bakso tetelan. Pilih saja sesuai dengan seleramu. Harganya murah sekitar Rp. 10 ribu hingga Rp. 20 ribu.

Alamat : Jl. Sukowati, Sine, Kec. Sragen, Kabupaten Sragen


3. Tongseng Pak Noto

Tongseng Pak Noto [imagesource]

Sate Sragen Pak Noto ini bisa jadi pilihan jika kamu berencana melakukan kuliner malam. Sambil nongkrong menyantap berbagai hidangan seperti gule, tongseng dan sate. Kamu bisa mencoba semuanya jika memang penasaran. Tapi menu favorit di tempat ini adalah tongseng dengan kuah kentalnya. Cara memasaknya masih menggunakan tungku dan arang. Tidak hanya itu, potongan dagingnya besar-besar dan empuk ketika di gigit. Harga satu porsi tongseng sekitar Rp. 16 ribu, murah kan?

Lokasi : Sate Sragen Asri, Jln Sudirman depan POM Bensin, Duri


4. Sate Kambing Widi

Sate [imagesource]

Sate memang cukup mendapat tempat di Sragen. Banyak yang menjual kuliner ini dengan berbagai inovasi. Baik dalam hal rasa maupun tempat. Seperti Warung sate H. Widi ini. Kenikmatannya sudah terkenal ke mana-mana dan jadi jujukan pelanggan dari berbagai daerah dan kalangan. Ada petani, pengusaha, bahkan juga pejabat. Daging kambing yang diolah di sini tidak dipilih sembarangan, melainkan dirawat dan disembelih sendiri oleh pemilik warung.

Lokasi : Dukuh Kajen, Desa Celep, Kedawung, Sragen


5. Botok Mercon

Botok Mercon [imagesource]

Yang nggak suka pedas jangan coba-coba! Tapi bila kamu adalah pencintanya, maka seperti menikmati makanan rasa surga. Pedasnya begitu terasa hingga membuat lidah panas. Jangan khawatir, meski terkenal pedas tapi menu ini tetap aman dikonsumsi. Bahan yang digunakan untuk membuat botok mercon biasanya adalah ikan patin. Sedangkan penjualnya, bisa kamu temukan di Warung di dekat Jembatan Gawan milik Wiro Admojo dan Tumiyem.

Lokasi : Dusun Tenggak, Desa Nglombo, Kecamatan Sidoharjo


6. Pecel Tumpang

Pecel Sragen [imagesource]

Pecel Tumpang ini adalah salah satu makanan khas dan paling dicari di Sragen. Kamu bisa menemukannya di Warung Mak Eto. Saat ini pemilik warung adalah generasi kedua setelah Mak Eto sendiri. Rasanya tetap sama, bumbu pecel yang legit dan pedas tetap nendang di lidah. Karena sudah terkenal, warung ini sudah ramai pembeli sejak pagi.

Lokasi : Kuwungsari, Kabupaten Sragen.


7. Sate Kelinci Pak Peng

Sate Kelinci Pak Peng [imagesource]

Satu lagi sate yang menggoda sekali di Sragen karena kelezatannya yaitu Warung Pak Peng. Ada hidangan daging kelinci disate dengan tambahan bumbu spesial sehingga rasanya jadi istimewa. Letaknya juga mudah ditemukan karena berjarak 5 km dari pusat Kota Sragen. Jika datang ke sini kamu harus membawa serta kesabaran, karena bisanya antriannya panjang, apalagi di jam makan siang
Lokasi : alan Solo-Ngawi, Ngrampal, Sragen

Itulah beberapa menu kuliner di Sragen yang nggak boleh kamu lewatkan long weekend ini. Apakah salah satunya adalah menu favoritmu?

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar