KULINER TRENGGALEK
Minggu, 27 Agustus 2017
ok nusantara
Bagikan

KULINER TRENGGALEK

Hasil gambar untuk makanan khas trenggalek jawa timur

Makanan Khas Trenggalek Kamu adalah seorang wisatawan atau sedang berkunjung ke trenggalek, yang letaknya berada di pantai selatan memiliki batas wilayah utara dengan kabutaten Ponorogo dan sebelah timur berbatasan dengan kabupaten trenggalek.

Di artikel kali ini saya akan membahas tentang kuliner, lebih tepatnya masakan khas trenggalek, baiklah lansung saja berikut makanan khas Trenggalek yang bisa kamu cicipi ketika kamu sedang berkunjung ke trenggalek ini.

Minuman Khas Trenggalek Sarabah

minuman khas trenggalek sarabbaSumber : http://www.dapoeryuyu.com/

Tidak hanya makanan saja yang menjadi khas Trenggalek, ada juga minuman khas Trenggalek yang bernama sarabah. Kamu sudah pernah mencobanya? apa engga tahu sama sekali apa itu sarabah?

Sarabah adalah minuman yang berbahan dasar jahe, susu, dan gula aren, jahe dihancurkan terlebih dahulu dengan blender, setelah halus barulah direbus hingga mendidih/matang. Kalau sudah tuangkan pada gelas dan beri susu kenltal untuk menambah rasa manis.

Cukup sederhana kan? Minuman khas Trenggalek ini hanya di jual dengan harga 5.000 rupiah saja, kamu bisa menikmati minuman khas Trenggalak in saat malam hari. Ditemani dengan aneka gorengan pisang yang pastinya akan memberikan malam yang santai.

Nasi Goreng Anglo

nasi goreng anglo khas trenggalekSumber : http://sejutafakta.com/

Nasi goreng anglo trenggalek atau sering disebut nasi goreng jawa. jika dilihat sekilas nasi goreng ini sama saja dengan nasi goreng pada umumnya yakni nasi dengan tambahan sayuran dan mie.

Akan tetapi, yang membedakan nasi goreng anglo dengan nasi goreng pada umumnya adalah alat memasaknya. emang alat masaknya apa om?

Alat memasaknya itu menggunakan arang, dari hal inilah nasi anglo trenggalek memiliki cita rasa yang khas dan lezatnya pasti. Kamu bisa menemui makanan nasi goreng anglo ini di dekat stadion kota trenggalek.

Makanan Khas Trenggalek Sego Tiwul

kuliner khas trenggalek sego tiwulSumber : http://www.timlo.net/

Sego tiwul (nasi tiwul) jika biasanya kita menemui nasi pada umumnya adalah berbahan baku padi tapi beda dengan nasi tiwul ini. Nasi tiwul ini merupakan makanan tradisional turun-temurun khas trenggalek berbahan baku ketela yang telah dikeringkan kemudian secara tradisional.

Rasanya gimana? Walau nasi tiwul ini berasal dari ketela yang dikeringkan, tapi jangan salah soal rasa tidak kalah lezat dengan makanan modern zaman sekarang buktinya masih banyak yang suka makan nasi tiwul ini.

Berbahan dasar ketela yang dikeringkan membuat nasi tiwul ini memiliki ciri khas gurih dan mengenyangkan pastinya biasanya di hidangkan dengan lauk ikan asin, tempe dan sambel yang dijual dikebanyakan pasar tradisional trenggalek.

Rujak Cingur Sumber Gedong

cemilan khas trenggalek rujak cingur
Sumber : http://www.azurabro.com/

Nah ini, makanan khas trenggalek yang paling saya suka, Rujak cingur khas trenggalek ini memangt tidak jauh beda dengan rujak cingur pada umumnya.

Ets, tapi jangan salah jika dilihat dari luar memang seperti rujak pada umumnya yang membedakan rujak cingur khas trenggalek ini dengan rujak cingur pada umumnya tidak lain adalah pada resep bumbu rujak sumbergedong lebih lezat

Jika kamu ingin mencicipi rujak sumber gedong khas trenggalek ini kamu bisa menemukan salah satu Lokasinya ada di sekitar jl masuk SMPN 5 Trenggalek.

Soto Ayam Jarakan

soto ayam jarakanSumber : http://www.resepmasakankreatif.com/

Soto ayam jarakan khas jarakan,rasanya gimana om? cobain aja dah pokoknya wenak hhe, Nah ini salah satu makanan khas yang tidak rugi kamu coba ketika berada di trenggalek.

Selain itu soto ayam jarakan khas trenggalek ini sudah terkenal di seluruh penjuru trenggalek mantapnya lagi soto ini bisa dinikmati oleh semua kalangan baik anak kecil maupun sudah dewasa.

Umumnya soto ayam jarakan ini dihidangkan dengan nasi putih dan ditambah dengan sedikit perkedel yang menambah lezat rasanya. kamu bisa menemukan makanan khas ini di di desa kedung lurah, trenggalek.

Kuliner Khas Trenggalek Tahu Lontong

makanan khas trenggalek tahu lontongSumber : https://goodindonesianfood.com/

Nah makanan khas yang satu ini rada mirip dengan tepo udah pada tahukan apa itu tepo? itu lho makan yang bahan dasarnya beras ketan yang direbus. Kamu bisa menemukan makanan khas tahu lontong ini di sebelah barat alun-alun kota trenggalek.

Soal rasa tahu lontong ini emang enak dan juga bisa membuat ketagihan, disajikan dalam bentuk balutan telur dadar ditambah bumbu sambal kecap. Selain itu juga di sajikan dengan tambahan kacang tanah, kecambah, dan juga daun kucai yang menambah suasana rame di menu ini.

Nasi Gegog Khas Trenggalek

nasi gegok khas trenggalekSumber : http://www.infotrenggalek.com/

Jika anda adalah seorang pecinta kuliner dengan citarasa pedas, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khas Trenggalek yang satu ini sego gegog atau nasi gegog.

Nasi gegog ini cukup populer di masyarakat trenggalek, nasi putih yang di taburi dengan sambel teri, parutan kelapa dan dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dikukus.

Jika kamu ingin mencicipi makanan khas sego gegog anda bisa menemukannya di desa Sumurup kecamatan Bendungan, adalah sebuah daerah pegunungan sebelah utara kota Trenggalek tepatnya Warung Sego Gegog Bu Gasun

Tapi anda tidak perlu jauh-jauh ke desa Sumurup karena karena kamu juga bisa menemukan makanan khas ini yang terletak di pinggir jalan raya, jaraknya hanya 6 kilometer dari alon-alon kota Trenggalek

Sate Ayam Ponorogo

kuliner khas trenggalek sate ayam ponorogoSumber : http://adeknakemal.blogspot.com/

Sate ayam memang sebuah makanan yang sudah meraja lela, hampir di seluruh tempat kita bisa menemukan Sate ayam.

Tapi tidak ada salahnya jika kamu ingin mencicipi sate ayam khas trenggalek ini yang bertempat di kedai sate yang ada di depan masjid al ashkar trenggalek. Soal rasa jangan ditanya lagi, pokoe wenak

Menarik untuk dicoba bukan? Buat kamu yang lagi berkunjung ke Trenggalek jangan lupa ya, untuk menikmati semua makanan khas nya (rakus amat semuanya???). Seiring dengan zaman makanan khas Trenggalek ini terus berkembang juga loh.


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar