Lakukan Hal Ini Saat Keyboard Laptop Kena Air
Senin, 15 Oktober 2018
ok nusantara
Bagikan

Lakukan Hal Ini Saat Keyboard Laptop Kena Air

6 Hal Ini Saat Keyboard Laptop Kena Air

Langsung cabut jika sedang di-charge

laptop kena air


Jika keyboard laptop kena air saat sedang di-charge, langsung deh buru-buru lepas charger-an kamu untuk menghindari konsleting. Selain itu, untuk laptop dengan baterai yang bisa dilepas, segera lepaslah baterai laptopmu tersebut.

Langsung matikan laptop

laptop kena air


Setelah mencabut kabel chager dari laptop, cobalah juga langsung untuk mematikan laptop untuk menghindari konsleting ke dalam kabel komponen di dalam keyboard laptopmu. Waktu minimum untuk mematikan laptop adalah sekitar 10 jam, diamkan hingga air benar-benar kering dan menghindari adanya konsleting.

Posisikan laptop dalam keadaan terbalik

laptop kena air 2


Meskipun khawatir, namun jangan sekali-kali mencoba untuk menyalakan kembali laptop yang masih menyimpan air tersebut. Posisikan laptop dalam keadaan terbalik untuk memungkinkan air keluar dari celah-celah keyboard laptop tersebut. Usahakan untuk mengganjal layar laptop tersebut dengan sebuah benda untuk tetap mengatur posisi yang pas dan aman untuk laptop tersebut.

Keringkan dengan kipas angin

kipas angin laptop


Sambil menunggu keyboard laptop kena air kering, bantulah dengan bantuan kipas angin. Sekarang sudah ada banyak kipas angin kecil yang bisa dinyalakan di bawah keyboard laptop yang sedang dikeringkan secara terbalik untuk menurunkan sisa-sisa air yang terselip di keyboard laptop.

Sebenarnya, ada juga yang berpendapat bahwa kamu bisa mengeringkan keyboard laptop kena air dengan menggunakan hair dryer, tapi, pastiin kamu nggak menggunakan suhu yang terlalu panas dan nggak meletakannya terlalu dekat dengan keyboard laptop karena bisa merusaknya karena panas tersebut.

Bongkar keyboard laptop

dalam laptop


Jika kamu berpengalaman dan memiliki beberapa peralatan, cobalah untuk membongkar keyboard laptop untuk membersihkannya secara maksimal dengan detail. Kamu bisa membongkar bagian-bagian laptop tersebut dan mengeringkannya satu per satu untuk memberikan hasil yang maksimal.

Hati-hati saat keyboard mulai terlihat berasap

laptop berasap


Kalau keyboardmu mulai mengeluarkan asap, kamu perlu berhati-hati, tandanya logic board atau motherboardmu telah mengalami konsleting dan hal tersebut bisa berbahaya. Jika hal tersebut terjadi, hal yang paling aman dilakukan adalah segera membawa laptopmu ke tempat servis untuk diperbaiki.

Secanggih apapun laptop, tetap saja pasti memiliki kekurangan dan wajib dijaga dengan hati-hati. Mulai sekarang, yuk hindari meletakan minuman atau makanan sekalipun di dekat laptop untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan!

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar