Legenda Patih Gajah Mada Dibalik Eksotisme Air Terjun Madakaripura Malang
Minggu, 05 November 2017
ok nusantara
Bagikan

Legenda Patih Gajah Mada Dibalik Eksotisme Air Terjun Madakaripura Malang

Air Terjun Madakaripura merupakan salah satu wisata bertema kan air terjun yang tempat nya juga masih terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun ini memiliki ketinggian yang cukup mnjulang tinggi yakni tinggi nya sekitar 200 m dan berbentuk unik seperti ceruk yang dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi yang juga meneteskan air sehingga tebing yang ada di air terjun madakaripura ini membentuk sebuah tirai pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan , 3 di antaranya bahkan ada yang mengucur deras membentuk sbuah air terjun lagi . di air terjun madakaripura ini juga ada sekitar lima terjunan air di lokasi ini dengan air terjun utama yang berada di ujung sebuah ruangan berbentuk lingkaran berdiameter sekitar 25 m . Di balik air terjun utama ternyata telah terdapat sebuah goa dimana untuk mencapai goa ini sangat sulit bagi pengunjung karena jika ingin masuk k dalam goa ini maka pengunjung yang datang harus melewati terlebih dahulu kolam air seluas 25 m2 yang ada tepat di bawah air terjun tersebut . Kedalaman dari kolam ini sendiri adalah sekitar 7 m dan juga memiliki arus air yang sangat deras sehingga sangat sulit untuk mencapainya .

Menurut penduduk setempat asal usul air terjun Madakaripura berarti ‘tempat terakhir’ yang diambil dari cerita pada zaman dahulu , konon Patih kala itu Gajah Mada menghabiskan akhir hidupnya dengan bersemedi di lokasi air terjun ini di sebuah goa di air terjun utama tersebut .

Air terjun madakaripura, Mungkin masih sangat awam bagi kita mendengar airterjun ini. Tapi bagi warga malang dan sekitarnya airterjun ini sudah terkenal akan keindahannya dan juga cerita legenda dibalik airterjun madakaripura.

air terjun madakaripura Andryko

Air terjun Madakaripura masih di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, berada di desa Sapih, kecamatan Lombang kabupaten Probolinggo dengan titik koordinat -7.853996, 113.008727. Kendaraan pribadi jadi pilihan paling tepat untuk mencapai lokasi air terjun karena letaknya yang jauh dari jalan utama.

Perjalanan dari jalan raya menuju air terjun cukup melelahkan karena kondisi jalan yang cukup buruk. Kita akan sampai di pos penarikan retribusi setelah melewati  jalanan berbatu dengan jurang di samping  kanan dan tebing tinggi di sisi kiri selama hampir 15 hingga 20 menit.

Di pos ini terdapat fasilitas yang cukup lengkap mulai dari parkir mobil dan motor, kamar mandi dan toilet, hingga warung-warung penjual makanan. Tapi yang disayangkan adalah fasilitas di aiar terjun madakaripura kurang terawat

air terjun madakaripura Dinny.aw

Fasilitas Disekitar Air Tejun Madakaripura

Sampai saat ini kondisi wisata airtejun madakaripura masih sangat memprihatikan bahkan fasilitas akses menuju airterjun ini sangat memprihatinkan banyak jalan yang rusak dan berlubang. jadi jangan mengharapkan penginapan disini karena hanya waktu waktu tertentu saja airterjun ini ramai dikunjungi.

Fasilitas yang sudah tersedia di air terjun ini hanya beberapa warung makan,toilet dan tentunya fasilitas parkir. semua serba terbatas dan untuk tarif parkir sekitar 3.000. Jika membutuhkan informasi yang lebih akurat disana ada beberapa pemandu wisata yang siap menjelaskan sejarah air madakaripura.


air terjun madakaripura Dinny.aw

Legenda patih gajah mada dibalik keindahan madakaripura

Madakaripura sendiri berarti tempat tinggal terakhir. Pengunaan nama ini diambil dari kepercayaan masyarakat sekitar yang mengatakan, bahwa patih Gajah Mada melewati masa akhir hidupnya di air terjun ini.

Tidak ada literatur atau referensi yang lengkap dari sejarah air terjun madakaripura, hanya ada beberapa sumber dari tokoh masyarakat sekitar air terjun madakaripura, yang menceritakan bahwa patih gajah mada menghabiskan sisa hidupnya di airterjun ini setelah dicopot dati tahta mahapatih kerajaan majapahit setelah membantai ratusan orang rombongan dari kerajaan sunda galuh.

airterjun madakaripura malang 22

Eksotisme Airterjun Madakaripura

Diluar mitos tentang patih gajahmada, air terjun madakaripura menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Ketinggian air terjun sekitar 200 meter didalam lengkungan batuan sepanjang 25 meter. Sebelum menuju air terjun utama, ada 4 air terjun lain yang salah satu diantaranya terdapat rongga seperti goa yang dipercaya bahwa tempat itu adalah tempat patih gajah mada menghabiskan sisa hidupnya.

Untuk mencapai airterjun utama tinggal mengikuti aliran air sungai, karena air pada aliran sungai berpusat pada airterjun utama. Diharapkan juga kesini diluar musim penghujan karena tebing sekitar airterjun rawan longsor.

air terjun madakaripura 33

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar