Makam Terindah di Dunia
Minggu, 23 April 2017
ok nusantara
Bagikan

Makam Terindah di Dunia

10 Makam Terindah di Dunia

1. Mausoleum Halicarnassus, Turki

img-1492933538.jpg

Mausoleum Halicarnassus merupakan makam seorang dari raja Persia yang dibangun antara kurun waktu 353 hingga 350 SM. Makam ini awalnya dibangun oleh Ratu Artemisia untuk mengenang mendiang suaminya, yaitu Raja Mausolus. Akan tetapi, sang ratu tidak sempat melihat makam itu dalam kondisi terselsaikan, sebab ia meninggal 2 tahun setelah kematian suaminya akibat kesedihan yang di deritanya yang cukup dalam.

Makam ini berdiri dengan ketinggian 45 meter dan dibentuk menyerupai kuil-kuil Yunani. Konon, pemahat yang dipanggil dari Yunani terus melanjutkan pembangunan makam tersebut pasca kematian sang ratu untuk menghormati mereka berdua.

2. Piramid Giza dan Valley of the Kings, Mesir

img-1492933546.jpg

Ada setidaknya 100 piramid yang terdapat di Mesir dan yang paling besar adalah Piramid Giza. Piramid ini dikenal sebagai salah satu 7 keajaiban dunia dimana Piramid tersebut merupakan makam dari Pharaoh Khufu (Cheops) yang dijaga oleh patung Sphinx. Makam ini dibangun pada 2560 SM dan usianya sekarang sudah mencapai kurang lebih 4,5 milenium.

3. Basilica St. Peter, Vatican

img-1492933554.jpg

Saint. Peter’s Basilica atau disebut Basilika Santo Petrus sebenarnya bukan sebuah mauseloum, akan tetapi sebuah gereja dengan ukuran terbesar di dunia.

Gereja ini terletak di atas makam Santo Petrus, yaitu seorang pemimpin dari ke-12 murid Yesus Kristus. Gereja yang begitu megah ini disebut sebagai ibu dari semua gereja yang ada di dunia. Basilica St. Peter pertama kali dibangun sejak abad ke-4 dan merupakan bangunan bergaya Romawi.Namun, di abad yang ke-16, gereja ini kemudian dirubuhkan dan di atasnya didirikan gereja baru bergaya barok.

4. Imam Reza Shrine, Iran

img-1492933570.jpg

Imam Reza Shrine adalah makam salah satu tokoh paling penting bagi penganut Syi’ah, yaitu Imam Reza yang meninggal tahun 818 M. Kompleks super megah ini tidak hanya meliputi makam saja, namun juga terdapat madrasah, perpustakaan, masjid, museum, hingga Universitas. Bagian pusat dari kompleks ini yaitu masjid Goharshad yang memiliki kubah emas dan dibangun pada tahun 1418.

5. Palace of The Sun, Korea Utara

img-1492933579.jpg

Jika dilihat dari namanya saja sudah sangat indah, mungkin tak ada yang mengira bahwa ini adalah makam yang sengaja didedikasikan bagi diktator Korea Utara yang terkenal kejam, Kim Il Sung dan baru-baru ini putranya, Kim Jong Il.

Kumsusan Memorial Palace adalah nama lain dari makam ini, dimana ia terletak di Pyongyang dan dibangun pada 1976. Makam ini merupakan makam diktator komunis terbesar di dunia, bahkan jauh lebih besar daripada makam Stalin dan Lenin di Rusia.

6. Les Invalides, Perancis

img-1492933586.jpg

Nama Les Invalides mungkin akan terdengar asing bagi kita, meskipun bentuk bangunannya yang indah. Bangunan yang berlokasi di pusat kota Paris ini mulanya dibangun pada tahun 1670 oleh seorang Raja Louis XIV yang digunakan untuk merawat tentara yang sudah tua maupun cacat.

Nama Les Invalides sendiri berarti “bagi yang cacat”. Di tahun 1840, tepat di bawah kubahnya dimakamkan seorang tokoh Perancis sangat terkenal dalam sejarah, yaitu Napoleon Bonaparte.

7. Castle of The Holy Angel, Italia

img-1492933594.jpg

Makam ini bahasa Italia “Castel Sant’Angelo” sebenarnya adalah sebuah bangunan yang ditujukan untuk Hadrian, seorang kaisar Romawi dan istrinya yang bernama Sabina.

Bangunan berukuran besar ini dibangun antara tahun kurun waktu 135 hingga 139 M dengan bentuk silinder mirip Colosseum di Roma. Pasca kekaisaran Romawi runtuh, bangunan ini digunakan sebagai benteng dan istana bagi para Paus Katolik Roma. Uniknya, bangunan ini digunakan sebagai setting novel Dan Brown “Angels and Demons” sampai game aksi Assassin’s Creed II.

8. Westminster Abbey, Inggris

img-1492933603.jpg

Bangunan gereja dengan gaya gotik ini pertama kali dibangun pada abad ke-10 di London dan direnovasi oleh Raja Henry III. Gereja menakjubkan ini digunakan sebagai makam raja-raja Inggris, sastrawan Charles Dickens, para bangsawan berdarah biru, hingga para ilmuwan terkenal seperti Sir Isaac Newton, Charles Darwin, dan Ernest Rutherford.

9. Mazar-e-Quaid, Pakistan

img-1492933611.jpg

Mazar-e-Quaid atau dikenal Mausoleum Jinnah adalah sebuah makam Muhammad Ali Jinnah, pendiri negara Pakistan. Berlokasi di jantung kota Karachi, mausoleum ini di selesaikan pada tahun 1960.

Uniknya di tahun 2011, sekitar satu juta wanita berkumpul di tempat ini sambil menyanyikan lagu kebangsaan Pakistan untuk memecahkan rekor dunia sebagai penyanyi wanita terbanyak di dunia.

10. Taj Mahal, India

img-1492933621.jpg

Dan inilah makam paling populer di dunia sekaligus salah satu 7 keajaiban dunia. dimana lagi kalau bukan Taj Mahal. Alkisah istri raja Shah Jahan, seorang penguasa India waktu itu meninggal saat melahirkan anak mereka. Hal ini membuat sang raja merasa sangat sedih dan memerintahkan pembangunan makam paling megah sepanjang masa untuk mengenang istrinya. Nama Taj Mahal sendiri awalnya berasal dari nama sang permaisuri, yaitu Mumtaz Mahal. Bangunan yang seluruhnya terbuat dari pualam putih serta batu permata dan telah selesai dibangun pada tahun 1648.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar