Makanan Khas Blitar
Senin, 13 Maret 2017
ok nusantara
Bagikan

Makanan Khas Blitar

8 Makanan Khas Blitar

1. MAKANAN KHAS BLITAR, SOTO DAGING MBOK IRENG

makanan khas blitar - soto mbok ireng


Soto yang satu ini sudah sangat terkenal di Blitar. Warungnya berada di Jalan Semeru Kota Blitar. Terdiri dari soto daging dan jeroan sapi yang dihidangkan di mangkuk kecil. Porsi yang banyak ditambah racikan bumbu yang pas membuat soto ini sering menjadi pilihan kuliner saat berkunjung ke Kota Blitar. Anda bisa datang ke Jalan Kelud Kota Blitar jika ingin mencobanya.

2. KUE KHAS BLITAR, WAJIK KLETIK

kue tradisional khas blitar - wajik kletik


Nah, kalo yang satu ini memang benar-benar makanan khas Blitar. Wajik kletik merupakan kue tradisional dengan bahan dasar beras ketan, gula kepala dan santan. Bungkusnya menggunakan klobot jagung yang sudah dikeringkan. Wajik kletik sangat cocok untuk anda jadikan oleh-oleh jika anda berkunjung ke Blitar.

3. CEMILAN DAN OLEH-OLEH KHAS BLITAR, GETI

cemilan khas blitar - geti


Geti ini merupakan cemilan yang terbuat dari wijen, kacang dan gula merah. Sering juga disebut dengan enting enting kacang wijen. Geti ini sering dijadikan sebagai cemilan suguhan pada hari raya dan hajatan pernikahan. Walaupun tidak banyak varian pilihan, namun geti ini masih banyak yang meminatinya karena mempunyai ciri khas rasa yang berbeda dari cemilan lainnya. Varian geti yang dapat anda coba adalah geti kacang tanah dan geti wijen.

4. MAKANAN KHAS BLITAR, NASI PECEL

makanan khas blitar - nasi pecel


Mungkin nasi pecel juga banyak anda temui di kota anda namun tekstur nasi pecel yang dimiliki Blitar bumbu kacangnya terasa lebih halus dan agak berminyak. Cita rasa dari sambal pecel khas Blitar adalah manis dan gurih. Bahan baku dari sambal pecelnya adalah kacang tanah sangrai dan cabe rawit yang dicampur dengan bahan-bahan lain seperti kencur, bawang putih, daun jeruk purut, asam jawa, gula merah dan garam.

Anda bisa datang ke Pecel Mbok Bari yang sudah sangat terkenal di Blitar jika ingin mencoba nasi pecel khas Blitar. Nasi pecel Mbok Baru sudah ada sejak tahun 1940an dan menjadi langgaran presiden pertama Indonesia yaitu Ir. Soekarna dan keluarganya.

5. MAKANAN KHAS BLITAR, UCENG GORENG

makanan khas blitar - uceng goreng


Uceng merupakan ikan air tawar yang hidup di sungai. Bentuk dari ikan ini adalah bulat dan memanjang dan besarnya kira-kira sebesar jari kelingking. Di Blitar sendiri, banyak rumah makan yang menyediakan uceng sebagai menu utama. Salah satunya adalah warung Uceng Sukaria yang terletak di Jalan Cokropati Desa Babadan, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Selain digoreng, uceng juga sering dijadikan peyek.

6. MAKANAN KHAS BLITAR, RUJAK CINGUR

rujak cingur khas blitar


Sebenarnya rujak cingur merupakan makanan khas Surabaya, namun di Blitar juga banyak terdapat penjual makanan ini. Rujak cingur terdiri dari lontong, tempe, tahu cingur, sayuran serta irisan berbagai jenis buah seperti bengkuang, timun, mangga muda, nanas, kedondong. Kemudian semua itu disiram mengunakan bumbu petis udang.

7. MAKANAN KHAS BLITAR, TAHU BUMBU LAWU

tahu bumbu lawu makanan khas blitar


Makanan ini terdiri dari potongan lontong, tahu setengah matang, tauge, kerupuk, sambal dan ditambah dengan bumbu yang dapat menambah selera makan anda. Walaupun tampilannya sangat sederhana namun rasanya sangat menggugah selera. Tempat yang menjadi rekomendasi untuk mencicipi tahu bumbu lawu terletak di Jalan Lawu Blitar.

8. MAKANAN KHAS BLITAR, NASI AMPOK

makanan khas blitar - nasi ampok


Tidak diketahui nasi ampok ini apakah merupakan makanan khas dari Blitar atau Kediri. Namun yang pasti di Blitar sendiri, nasi ampok sudah menjadi makanan sehari-hari bagi sebagian orang. Berbeda dengan nasi pada umumnya yang terbuat dari padi, nasi ampok ini terbuat dari jagung.

Nasi ampok sangat pas apabila disantap dengan sayur rebus, sambal tomat dan ikan asin. Anda dapat menemukan makanan ini di warung yang terletak di alun-alun Blitar.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar