Makanan Khas Cilacap
Rabu, 26 Juli 2017
ok nusantara
Bagikan

Makanan Khas Cilacap

Jajanan Khas Cilacap, Lanting

Jajanan Khas Cilacap, Lanting

Lanting berbahan dasar singkong dengan bentuk bulat dan berlubang bagian tengahnya. Rasanya yang renyah dan gurih menjadikan makanan satu ini cocok untuk dijadikan cemilan ketika bersantai bersama keluarga teman ataupun pasangan.

Di daerah Adipala menjadi pusat pembuatan lenthing yang khas rasanya dan sudah distribusikan ke seluruh pelosok Cilacap dan kabupaten sekitarnya. Lanting ini sangat pas dan cocok buat kamu yang suka singkong, namun bosa dengan tampilan singkong yang seperti itu saja.

Tahu Masak Khas Cilacap

Tahu Masak Khas Cilacap

Merupakan makanan yang terbuat dari tahu kotak putih yang digoreng menggunakan sedikit minyak, kemudian dipotong dan dicampur dengan irisan kubis, kerupuk banggi, kupat dan bumbu khas lain yang kemudian dipadukan dengan kacang giling.


Makanan khas Cilacap yang satu ini dapat dijumpai hampir di semua pasar tradisional, jadi kamu tidak perlu pusing dan bingung mau mencarinya dimana. dan perut kamu akan dibuat penuh dan berisi oleh tahu masak loh, jadi ini bisa dijadikan referensi penambah energi.

Keripik Tempe Bisa di Jadikan Oleh-oleh Khas Cilacap

Keripik Tempe Bisa di Jadikan Oleh-oleh Khas Cilacap

Banyak daerah yang menjadikan kripik tempe sebagai makanan khasnya, salah satunya Cilacap. Tentunya mempunyai rasa dan khas masing masing daerah. Keripik tempe layaknya mendoan biasa tetapi digoreng kering hingga kriuk dan renyah.

Berbentuk tipis bewarna kecoklatan, rasanya beuuh. Cocok dijadikan camilan sore atau dijadikan lauk dan tentunya untuk oleh oleh juga. yang paling penting kripik tempe ini bisa kamu jadikan oleh-oleh ketika kamu pulang ke rumah.

Rempeyek Yutuk Juga Jajanan Khas Cilacap

Rempeyek Yutuk Juga Jajanan Khas Cilacap

Rempeyek yutuk adalah salah satu makanan khas Cilacap yang cukup terkenal. Yutuk adalah salah satu hewan laut yang bentuknya menyerupai kepiting atau udang. Rasanya gurih, enak dan menggoda kalau sudah menjadi rempeyek tentunya.

Rempeyek yutuk hanya bisa dijumpai di daerah pantai Cilacap, kenapa? yaa karena memang hanya ada di situ, hehehe… Rempenyek ini paling pas untuk menjadi teman ngobrol kamu, selain gurih rempeyek yatuk kalau di makan pasti akan membuat keributan pada  suaranya ( kriuk, kriuk, kriyuk )

Makanan Khas Cilacap, Templeng

Mungkin dikebanyakan daerah menyebutnya rempeyek, tapi warga setempat menyebutnya thempleng. Terbuat dari tepung beras dengan bumbu yang gurih dan enak tentunya. Terdapat beberapa macam variasi diantarnya, rempeyek kedele, rempeyek kacang, rempeyek teri, rempeyek rebon dan rempeyek kacang ijo.

Buat kamu yang butuh jasa catering bisa klik : catering Malang

Rempeyek ini banyak dijumpai di warung warung pinggir jalan, kamu  juga biasa menemui templeng ini pada saat hatan kampung / pesta masyarakat. Saat ini Templeng masih bisa kamu temui dan nikmati, ayo kalau berkunjung ke Cilacap jangan lupa makan templeng ya.

Kuliner Khas Cilacap, Brekecek

Kuliner Khas Cilacap, Brekecek

Brekecek makanan khas Cilacap yakni pathak jahan atau sering disebut kepala ikan jahan. Seni menikmanti makanan satu ini dengan menyeruput kepala jahan atau pathak ikan tersebut. Brekecek ikan dimasak mengunakan bumbu bumbu yang menyerupai rica-rica, tetapi tentu saja rasanya jauh berbeda.

Karedok, Makanan Khas Cilacap yang Membumi
Karedok, Makanan Khas Cilacap yang Membumi

Makanan khas Cilacap satu ini diadopsi dari daerah Jawa Barat. Namun di Cilacap sendiri karedok sudah menjadi tradisi. Karena memang cilacap berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Barat. Karedok terbuat dari sayuran mentah, kobis, wortel, kacang panjang, mentimun dan kecambah.

Yang dicampur kemudian disiram dengan bumbu sambal kacang. Terakhir ditaburi kerupuk banggi atau di tambah tahu / ketupat. Dan biasanya setiap daerah mempunyai cara dan bahan yang sama, hanya saja bumbu untuk karedok yang membedakannya.

Cetil dan Cenil, Bisa Untuk Cemilan

Cetil dan Cenil, Bisa Untuk Cemilan

Cetil dan cenil terbuat dari singkong tepatnya pati singkong, yang diolah berbentuk bulat-bulat atau kotak kotak kemudian diberi warna sesuai dengan selera. Cenil ini dimakan dengan kelapa, ditburi dengan gula jawa atau bisa juga gula pasir.

Cetil dan cenil sangat pas dan cocok, buat cemilan saat kamu nonton ataupun menjadi teman saat kamu curhat, pokonya manis dan wuenak. Namun, meskipun begitu sampai sekarang, cetil dan cemil masih bisa kamu dapatkan dengan mudah dan banyak juga yang menjualnya.

Kripik dan Stik Sukun Khas Cilacap

Kripik dan Stik Sukun Khas Cilacap

Cilacap di samping terkenal dengan hasil lautnya juga mempunyai produk kualitas ungulan di bidang pertanian yakni sukun. Di tempat tersebut sukun diolah menjadi kripik dan stik. Kripik sukun mempunyai bentuk tipis dan stik sukun mempunyai bentuk persegi panjang. Keduanya diolah dengan digoreng.

Tentu saja rasanya enak dan gurih, tidak hanya itu, ternayat kripik dan stik sukun ini juga bisa kamu olah dengan cara di kukus atau direbus. Sekarang kamu bisa menikmati rasa dan aroma dari sukun ini dengan mudah loh, karena sekarang kripik dan stik sukun sudah di pasarkan juga ke Kota-kota besar di Indonesia.


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar