Makanan Khas Solo
Minggu, 05 Maret 2017
ok nusantara
Bagikan

Makanan Khas Solo

6 Makanan Khas Solo Paling Enak

1. Serabi Notosuman 

img-1488712147.jpg

Serabi Notosuman menjadi pembuka pada artikel makanan khas Solo Surakarta. Serabi adalah makanan sejenis kue tradisional yang rasanya manis dan biasanya berbentuk bulat. Serabi atau srabi terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa dan dimasak di atas arang mirip pannekoek atau pannenkoek tanpa menggunakan minyak, sehingga ciri khas serabi/ srabi adalah agak gosong dikit. Tapi justru inilah yang membuat serabi menjadi enak. Makanan Serabi yang terkenal di kota Solo adalah Serabi Notosuman. Serabi Notosuman bukan hanya cocok untuk dijadikan makanan ringan tapi juga pas sebagai oleh-oleh. 

2. Nasi Liwet

img-1488712169.jpg

Nasi Liwet, wah jadi terasa lapar kalau ingat nasi liwet. Satu lagi makanan enak khas Solo yaitu Nasi liwet. Sebenarnya nasi liwet tidak berbeda jauh dengan nasi-nasi lainnya. Namun yang istimewa adalah isinya dan rasanya, dijamin maknyus. Dalam satu porsi nasi liwet terdapat telur, irisan ayam, sayur labu siam (weloh), dan kuah khas nasi liwet (areh). Untuk menyajikannya, biasanya para pedagang menggunakan piring bambu yang lapis dengan daun pisang, alami banget pokoknya. Jika sobat sedang berkunjung ke Solo, tidak perlu bingung untuk mendapatkan nasi liwet, apalagi jika hari libur, pagi-pagi banyak penjaja nasi liwet bertebaran di Solo. 

3. Timlo

img-1488712185.jpg

Ini bukan nama grup band ya, ini nama makanan yang super enak di Solo. Timlo adalah sejenis sup yang dilengkapi dengan kembang tahu, telur dan daging (bisa ayam atau sapi) sebagai pengisinya. Timlo enak disajikan selagi hangat. 

4. Tengkleng

img-1488712197.jpg

Tengkleng adalah makanan khas solo Jawa Tengah. Karena bahan utama yang digunakan adalah daging kambing sehingga lebih dikenal dengan tengkleng kambing. Mungkin sekilas mirip dengan gulai kambing, namun sebenarnya sangatlah berbeda. Jika gulai berkuah kental, karena menggunakan santan yang cukup banyak. Tengkleng kambing Solo memiliki kuah yang lebih encer. Daging dan tulang kambing sekaligus digunakan untuk bahan utama tengkleng. 

5. Selat Segar Solo

img-1488712222.jpg

Buat sobat yang baru denger nama makanan khas solo ini pasti rada aneh, selat? Tapi kalau sobat sudah melihat dan mencoba kelezatan Selat Solo, dijamin sobat akan ketagihan. Selat segar solo adalah salah satu makanan khas di kota Solo. Selat Solo sebenarnya adalah beefsteak (orang sering baca: bistik) yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki rasa yang pas dengan lidah orang Jawa. Isinya terdiri dari daging sapi yang di iris agak tipis kurang lebih 6-7 mm, seukuran 15cm x 7cm kemudiandimasak seperti memasak semur. Isian lainnya seperti kentang goreng, buncis rebus, wortel iris rebus, potongan tomat segar, daun slada dan acar timun. Agar semakin menambah selera makan, ditambahkan juga bagian putih telur yang sudah direbus sementara bagian kuningnya, dimasak secara terpisah yaitu dicampur dengan mustard. Setelah bahan disajikan dalam piring saji kemudian disiram dengan sedikit kuah lezat berwarna kecoklatan dan berasa manis. Kripik kentang semakin menambah gurih sajian kuliner khas Jawa Tengah ini. Kuning telur bercampur mustard membuat masakan ini beda dengan semur.

Agar buncis dan wortel yang dasarnya berasa plain ini memiliki cita rasa, sebelum penyajiannya, ditumis margarine dengan bawang merah, tomat potong dan lada. Kentang yang disajikan sebagai penghasil karbohidrat sengaja diiris tipis agar cepat matang saat digoreng.

6. Sate Kere dan Sate Buntel

img-1488712238.jpg

Kere dalam bahasa Indonesia artinya miskin, tapi bukan berarti sate kere artinya sate miskin. Maksudnya adalah sate yang dijual dengan harga murah muriah sehingga dinamakan sate kere. Sate kere terbuat dari potongan tempe gembus dan ditusuk dengan tusuk sate. Rasanya jangan ditanya, maknyus banget lah. Paduan antara rasa gurih dan manis, karena adanya campuran bumbu bacem yang dibakar diatas arang hingga matang. Rahasia kenapa sate kere enak yaitu penggunaan bumbu kacang yang gurih. Satu lagi makanan khas solo yaitu sate buntel. Dinamakan sate buntel karena berbeda dengan sate lainnya. Sate buntel dibuat dari cincangan daging kambing yang dilapisi lemak kemudian dibuntel atau dibungkuskan pada tusuk sate, baru deh dibakar.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar