Makanan Khas Yunani
Jum'at, 21 September 2018
ok nusantara
Bagikan

Makanan Khas Yunani

10 Makanan Khas Yunani

1. Moussaka

Moussaka Makanan Khas Yunani

Apa yang terlintas dalam benak Anda kala melihat makanan khas Yunani yang satu ini? Mungkin Anda akan memikirkan lasagna. Tampilan Moussaka memang agak mirip dengan lasagna. Namun, makanan ini terbuat dari lapisan terong goreng, daging cincang, dan kentang. Setelah diberi saus béchamel krim, moussaka dipanggang hingga warnanya cokelat keemasan.

Hampir semua restoran di Yunani menjual Moussaka. Namun, Anda harus sabar menunggu hidangan ini matang karena proses pembuatan dan pemanggangannya cukup lama. Meskipun demikian, rasa lezat dari Moussaka akan membuat Anda tidak menyesal sudah menunggu lama.

2. Fasolatha

Fasolatha

Fasolatha adalah hidangan sup yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Yunani. Meskipun tidak terlalu terkenal, sup ini menawarkan cita rasa yang sangat lezat dan mungkin belum pernah Anda rasakan sebelumnya.

Bahan-bahan untuk membuat sup kacang putih ini sebenarnya sangat sederhana. Selain kacang putih sebagai bahan utamanya, Fasolatha juga diramu dengan bumbu-bumbu lainnya, seperti tomat, wortel, bawang, seledri, peterseli, bay, dan daun thyme. Semangkuk Fasolatha akan membuat hari-hari Anda jadi lebih hangat dan menyenangkan.

3. Roti Pita

Roti Pita

Selama ini, roti pita memang identik sebagai hidangan khas timur tengah. Namun, di Yunani Anda juga bisa menemukan roti pita yang tak kalah lezat dibanding roti pita khas timur tengah. Roti pipih ini diisi dengan sayur, telur, daging cincang, bawang, dan mayones. Untuk menambah cita rasa, pedagang juga sering menaburkan keju di atasnya.

Rasa roti pita khas Yunani ini benar-benar gurih. Selain itu, isinya yang cukup banyak juga membuat kita kenyang lebih lama. Roti pita khas Yunani biasa dinikmati dengan saus tzakiki (yogurt, timun, dan bawang putih) atau saus taramasalata yang terbuat dari ikan roe.

4. Souvlaki

Souvlaki

Jangan lewatkan mencicip street food saat berada di Yunani. Kali ini, Bacaterus akan merekomendasikan Souvlaki, sebuah menu sate khas Yunani yang rasanya enak dan mantap. Souvlaki juga termasuk makanan yang cukup terkenal di negara lain.

Bahan utama untuk membuat makanan khas Yunani yang satu ini adalah daging panggang. Sebagian besar masyarakat Yunani menggunakan daging babi, tetapi Anda juga bisa menyantapnya dengan daging sapi atau daging kambing. Sate Souvlaki ini bisa juga disajikan dengan sau tzakiki, roti pita, salad, atau nasi putih.

5. Spanakopita

Spanakopita

Masyarakat Yunani sangat menyukai pie. Mereka membuat begitu banyak varietas pie yang lezat. Salah satu jenis pie khas Yunani yang terkenal adalah Spanakopita. Makanan ini tampak seperti martabak tapi kulitnya berasal dari phyllo pastry.

Isi dari Spanakopita ini adalah bayam dan keju feta yang dibumbui dengan adas manis. Saus di dalam pie ini juga dibuat dari bawang, lemon, cabai, dan paprika sehingga rasa makanan ini gurih, pedas, dan sedikit asam. Sekali pun Anda tidak menyukai sayuran, Anda pasti akan langsung menyukainya jika menyantap Spanakopita ini.

6. Koulouri

Koulouri

Ingin menyantap makanan khas Yunani yang praktis dan bisa dimakan sambil berjalan? Beli saja Koulouri. Ini merupakan roti tawar bundar khas Yunani yang bertabur wijen di atasnya. Koulouri banyak dijual di pinggir-pinggir jalan dan biasanya penjual Koulouri menggunakan gerobak berwarna kuning.

Satu buah Koulouri paling nikmat jika dinikmati dengan secangkir kopi. Roti ini memiliki rasa yang gurih dan tidak terlalu manis. Makan sebuah saja sudah bisa membuat perut terasa kenyang. Koulouri sudah menjadi sarapan wajib bagi masyarakat Yunani yang ingin menyantap makanan praktis dan mengenyangkan.

7. Greek Seafood

Greek Seafood

Yunani adalah negara yang dikelilingi oleh lautan yang sangat luas. Tidak heran jika hasil laut di negara ini sangat berlimpah. Kalau Anda pergi ke Yunani, Anda harus menyantap hidangan olahan seafood yang segar di negara tersebut.

Ada beberapa pilihan hidangan seafood khas Yunani yang wajib Anda coba, seperti Greek Mussels, Greek Shrimp Saganaki, Greek Sea Bass, Greek Lobster Pasta, dan masih banyak lagi. Kalau Anda pecinta ikan, Anda juga harus mencoba ikan segar yang dipanggang dan dibumbui dengan ladholemono (saus lemon dan minyak).

8. Greek Burito

Greek Burito

Burito adalah makanan khas Meksiko yang bentuknya seperti kebab khas Turki. Namun, masyarakat Yunani juga sangat gemar menyantap burito sehingga banyak modifikasi burito khas Yunani yang dijual.

Greek Burito juga tak kalah sedap dan gurih, lho. Masyarakat Yunani banyak menggunakan bahan dan rempah yang kuat untuk membuat burito. Adapun burito ini berisi daging sapi, tortila, alpukat, selada, paprika, wortel, yogurt, bawang bombay, bawang putih, jinten, dan merica. Hmm.. Membayangkannya saja sudah lapar, ya!

9. Keju Feta

Keju Feta

Kalau ke Yunani tanpa menyantap keju feta sepertinya ada yang kurang. Ya, keju yang dibuat dari susu domba ini memang berasal dari Yunani. Bentuknya seperti tahu mentah, tapi rasanya benar-benar gurih dan nagih banget!

Keju feta bisa langsung dimakan begitu saja seperti cemilan. Biasanya, keju ini disajikan sebagai appetizer dan dipotong dalam bentuk dadu. Kalau tidak ingin menyantapnya secara langsung, keju feta juga bisa diolah menjadi hidangan yang nikmat, seperti diolah menjadi moussaka.

10. Portokalopita

Portokalopita

Dessert dari Yunani ini bakal menjadi makanan penutup yang manis untuk Anda. Portokalopita terbuat dari lapisan pastry sheet yang adonannya terbuat dari Greek Yogurt dan Orange Zest. Tekstur kue ini terasa lembut dan rasa asam yogurtnya juga membuat kue ini jauh dari kata eneg.

Makanan yang berasal dari Pulau Crete ini disiram dengan sirup beraroma jeruk yang semakin menambah segar rasanya. Hidangan ini bisa dijadikan dessert atau santapan untuk menikmati secangkir teh atau kopi. Anda bisa menemukan Portokalopita di cake shop atau café di Yunani.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar